10 Es Dawet Enak dari Berbagai Daerah, Siapa ya Juaranya?

07 October 2018, at 05:00
0
0
10 Es Dawet Enak dari Berbagai Daerah, Siapa ya Juaranya?

Duh, kalau terik matahari lagi bersinar terang di siang hari pasti panas sekali. Apalagi yang tinggal di pesisir pantai seperti daerah Surabaya. Nggak kebayang deh panasnya seperti apa.

Nggak salah, kalau Surabaya punya banyak varian minuman yang manis nan menyegarkan. Salah satu yang terkenal adalah es dawet. Eits, tapi bukan cuman Surabaya yang punya dawet enak. Ternyata di daerah lainnya juga ada loh. 

Bahkan di Banjarnegara ada minuman es dawet yang sarat makna budaya. Wah, kira-kira apa ya? yuk simak deh,

1. Es dawet kudus cak minto

es dawet kudus cak minto
instagram.com/amazingindonesiafood

Minuman segar yang enak dinikmati disiang hari ini, memang menyegarkan tenggorokan. Dengan isian dawet berwarna merah muda cerah, santan, dan parutan es batu. Setelah itu masih ada tambahan susu kental manis dan gula jawa yang bikin kamu ingin nambah terus.

Apalagi es dawet ini sudah ada sejak tahun 1996. Tapi rasanya masih tetap sama sejak dulu. Nggak heran kalau kedai minuman manis ini sering diburu orang tua yang ingin mengenang masa mudanya.

Selain itu juga, ada camilan legit seperti  pisang goreng, ubi goreng, kue lapis dan jajanan tradisional lainnya yang biasa ditemui dipasar. Harganya nggak kalah murah juga kok, sekitar dua ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Mayjen Sungkono no.5, Sawunggaling, Wonokromo.

Buka dari : 09:00-17:00 Wib.

2. Es Dawet Blauran

es dawet blauran
instagram.com/happysuhadi

Buat kamu pecinta minuman manis ya di sini tempatnya. Surabaya memiliki pasar tradisional yang memiliki banyak pedagang es dawet di pinggir pasarnya.  Penjual es pinggiran itu hanya menyediakan karpet plastik sebagai alas duduk pelanggannya.

Dawet yang dijual di sana rata-rata memiliki isian yang berbeda dari dawet daerah lainnya loh. Yang menjadi pembeda adalah isiannya ada bubur mutiara merah, bubur ketan hitan, bubur srintil dan santan sebagai kuahnya. Jadi setiap satu mangkuk minuman dawet penuh dengan isian yang mengenyangkan.

Nggak lupa juga kuah santan dan gula merah kental jadi pemanis yang nggak terlupakan. Harganya hanya tujuh ribu saja. Karena lokasinya yang dekat dengan Tugu Pahlawan bisa sekalian mampir ke sana untuk foto di tugu momentum Surabaya ya.

Berlokasi di : Pasar Blauran Baru, Jalan Kranggan, Sawahan.

Buka dari : 10:00-21:00 Wib.

3. Es Dawet Banjarnegara

es dawet banjarnegara
instagram.com/agna_21

Es Dawet Ayu Banjarnegara ini memiliki ciri khas penjual yang selalu mendorong gerobak dengan lambang khusus. Ada yang tahu apa? Benar, wayang semar dan petruk yang selalu ada diatas gerobak dorong abang penjual es dawet.

Lambangnya memiliki makna tersendiri, wayang petruk yang diartikan sebagai musim panas panjang yang membuat warga sering kehausan. Wayang semar yang berarti kemakmuran, jika meminum es dawet ini maka haus akan hilang seketika.

Untuk isiannya seperti dawet biasanya. Dawet berwarna hijau dengan kuah santan dan gula merah kental yang yahud rasanya. Bisa menggoyang lidah banget nih, kisaran harganya sekitar lima ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Dipayuda, Krandegan, Banjarnegara.

Buka dari : 08:00-17:00 Wib.

4. Dawet Pak Bardi

dawet pak pardi
instagram.com/jogjabikinlaper

Sedang mencari minuman segar di bawah pohon beringin? Wah, bisa banget langsung mampir ke sini. Berlokasi di daerah Yogyakarta yang terkenal dengan masakan manis, minuman es dawetnya juga nggak kalah manis.

Gula merahnya kental banget dengan warna merah kecoklatan yang pekat. Kuah santannya juga menyegarkan. Nggak bikin berminyak dimulut. Rahasianya ada disaat perebusan kuah santan yang diberikan sedikit garam.

Dijajakan menggunakan pikulan dari rotan yang khas penjual tradisional. Suasana yang Jogja banget deh. Kalau ke sini harap antre dengan sabar karena pelanggan yang datang lumayan banyak.

Berlokasi di : Pertigaan Sambiroto, Purwomartani, Kalasan, Bantul.

Buka dari : 10:30 Wib – habis.

Baca juga: 10 Es Campur yang Bikin Kamu Langsung pengen Beli Saking Segarnya

5. Es Dawet Pandawa Pak Bagong

es dawet pandawa pak bagong
instagram.com/hobbykulinerr

Kalau dawet di daerah lainnya terbuat dari tepung beras. Tapi kalau di Jogja dawetnya pasti bewarna putih semu kecoklatan. Itu karena tepung yang digunakan terbuat dari tepung aren. Karena di sana ada banyak perkebunan pohon aren, salah satunya di daerah Kulon Progo.

Es dawet ini memiliki nama kedai minuman “Pak Bagong” tapi siapa sangka jika penjualnya adalah seorang wanita paruh baya tangguh yang sudah berjualan sejak 34 tahun yang lalu. Uniknya bu Yati menjual sajian es dawet dengan gula merah kental dan gula batu. Jadi bisa pilih sesuai selera tuh.

Satu lagi yang khas, tape ketannya yang memang disediakan sebagai pendamping. Biar makin nikmat. Harga es dawetnya sekitar empat ribu lima ratus rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Yogya-Solo km 15, Bogem, Kalasan Sleman.

Buka dari : 08:00-17:00 Wib.

6. Dawet Telasih Bu Dermi

dawet telasih bu dermi
instagram.com/nyonyokecil

Kuliner Solo yang satu ini jadi langganan bapak Jokowi loh. Jajanan legendaris di Kota Solo yang dapat melepaskan haus seketika. Ada deretan penjual dawet telasih yang gampang ditemukan di salah satu pasar tradisional Solo. Salah satunya es dawet bu Dermi.

Minuman yang sudah ada sejak tahun 1930-an ini sekarang diteruskan oleh generasi ketiganya yaitu bu Rut Tulus Subekti. Ramuan es dawet tradisional Solonya masih tetap konsisten. Berisikan ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, dan santan.

Disajikan semangkuk penuh dengan potongan es batu. Kalau nggak disantap cepat cepat, bisa meluber tumpah kuah santannya. Harga per mangkuknya hanya delapan ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Pasar Gede Hardjonagoro.

Buka dari : 08:00-habis.

7. Es Dawet Duren Kapas Krampung

es dawet duren kapan krampung
instagram.com/surabayafoodies/

Satu gelas plastik es dawet ini punya isian yang luar biasa. Berisikan durian Medan yang manis dan daging buahnya tebal. Sajian menyegarkan ini cocok buat kamu pecinta buah durian. Cara lain menikmati buah durian nih. 

Minuman ini makin terasa enak saat buah durian utuh dimasukkan begitu saja ke dalam gelas plastik. Kalau nggak mau ribet makan buah duriannya, bisa pilih juga buah durian kotak-kotak yang sudah dibekukan terlebih dahulu.

Untuk harganya cuman tiga belas ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Kapas Krampung no.162E, Surabaya.

Buka dari : 11:00-17:00 Wib.

8. Dawet Surotan

dawet surotan
instagram.com/voilajogja

Dawet Surotan jadi kuliner Madiun yang enak nan legendaris. Eksis sejak tahun 1962, kini sudah dikelola oleh generasi ketiga. Tapi kenikmatannya tetap tak pernah berubah.

Disajikan dalam satu mangkuk mungil berisikan dawet hijau, bubur sum-sum, ketan hitam, dan tape singkong. Nggak lupa juga siraman santan sebagai kuah yang menambah rasa gurih di lidah.

Semangkuk dawet Surotan dihargai sebesar delapan ribu rupiah saja. Cukup merakyat bukan?

Berlokasi di : Jalan Merbabu no.10, Madiun.

Buka dari : 08:00-16:00 Wib.

Jadi, gimana menurutmu? Es dawet mana yang paling juara? Masing-masing daerah punya keistimewaan isian dawet dan bahan yang digunakan agar lebih khas. Seperti dawet di Jogja yang terbuat dari tepung aren. Dawet di Banjarnegara dijual di sebuah gerobak dengan lambang wayang. Ada banyak cerita di setiap gelasnya, itulah minuman Nusantara. Biar nggak cuman tahu es krim instan yang dijual di super market. 

0 Comment