Qupas Weekend

10 Film Distopia Terbaik yang Siap Mengisi Waktu Luangmu, Keren Semua Lho!

06 September 2020, at 08:23
1
10 Film Distopia Terbaik yang Siap Mengisi Waktu Luangmu, Keren Semua Lho!

Film bertema distopia memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Kebalikan dari utopia, istilah tersebut mengarah pada kondisi suatu tempat yang mana segala sesuatunya terasa seperti neraka.

Biasanya, film-film dengan tema ini menggambarkan masyarakat totaliter yang disebabkan oleh degradasi lingkungan atau sosial. Sebagian besar film distopia bergenre fiksi ilmiah.

Nah, supaya lebih mengerti, berikut ini beberapa film distopia terbaik yang layak kamu tonton saat waktu luang. Cerita dan alurnya nggak tertebak lho!

1. Blade Runner (1987, 2017)

Rekomendasi Film Distopia (Foto: imdb.com)
imdb.com

Rekomendasi film distopia yang pertama adalah "Blade Runner". Dirilis pertama kali pada tahun 1982, karya Ridley Scott ini jadi salah satu yang terbaik dan nggak terlupakan.

Film keren ini berkisah tentang perjuangan Rick Deckard (Harrison Ford), seorang agen khusus yang ditugaskan untuk memusnahkan sekelompok robot android.

Pada tahun 2017, sekuel "Blade Runner" muncul dengan judul "Blade Runner 2049" yang berlatar 30 tahun setelah peristiwa di film pertamanya.

2. The Hunger Games Series (2012-2015)

Rekomendasi Film Dystopian (Foto: imdb.com)
imdb.com

Siapa sih yang nggak kenal franchise film keren satu ini? Dibintangi oleh Jennifer Lawrence, keempat film "The Hunger Games" selalu sukses menarik perhatian masyarakat. Adaptasi novel karya Suzane Collins ini menggambarkan sebuah kompetisi hidup dan mati yang mengerikan.

The Hunger Games diselenggarakan untuk memperingati pemberontakan terhadap pemerintahan Panem puluhan tahun silam. Acara tersebut secara nggak langsung dilakukan untuk mengingatkan masyarakat terhadap betapa kuatnya kekuasaan pemerintah.

Secara singkat, "The Hunger Games" berfokus pada tokoh Katniss Everdeen, yang bersedia menjadi peserta The Hunger Games untuk menggantikan adiknya yang terpilih secara acak.

3. Divergent Series (2014-2016)

Rekomendasi Film Distopia Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dunia terbagi menjadi lima faksi, yaitu Candor yang jujur, Erudite yang genius, Amity yang damai, Abnegation yang penolong, dan Dauntless yang pemberani. Penggolongan tersebut ditentukan berdasarkan sifat yang menonjol pada masing-masing individu yang dideteksi melalui beberapa tes.

"Divergent Series" diawali dengan kegalauan Beatris atau Tris (Shailene Woodley) yang harus memilih satu faksi demi masa depannya. Di sisi lain, ia juga harus menyembunyikan identitasnya sebagai Divergent, orang yang memiliki lebih dari satu sifat.

Baca juga: 5 Franchise Film Terlaris Sepanjang Masa, Favoritmu Nomor Berapa ya?

4. In Time (2011)

Film Distopia Terbaru (Foto: imdb.com)
imdb.com

Pernah mendengar kalimat yang menyebutkan waktu adalah segalanya? Hal tersebut tergambar nyata dalam film "In Time" yang dibintangi oleh Justin Timberlake dan Amanda Seyfried.

Pertama kali rilis pada tahun 2011, besutan sutradara Andrew Niccol bercerita tentang waktu yang menggantikan fungsi uang di masa depan. Mereka yang kaya mampu membeli perpanjangan usia, sedangkan yang miskin harus bekerja keras untuk bertahan hidup beberapa jam saja.

5. The Matrix (1999-2003)

Film Distopia Populer (Foto: imdb.com)
imdb.com

Kisah "The Matrix" mengikuti perjalanan seorang hacker bernama Thomas Anderson alias Neo (Keanu Reeves). Tanpa ia sadari, ternyata selama ini ia nggak hidup di dunia nyata, melainkan sebuah dunia buatan yang disebut Matrix.

Film karya Andi dan Lady Wachowski ini punya banyak adegan legendaris yang menginspirasi film-film sci-fi bertema serupa lho!

Siapa nih yang sudah nggak sabar nunggu "The Matrix 4"?

6. V for Vendetta (2005)

Film Genre Dystopian (Foto: imdb.com)
imdb.com

"V for Vandetta" juga menjadi salah satu film distopia terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Film ini mengacu pada kehidupan seseorang berinisial V (Hugo Weaving) yang menyembunyikan identitasnya dengan topeng. Ia berusaha untuk menghancurkan rezim pemerintahan totaliter di Inggris melalui tindakan terorisme yang anarkis.

Baca juga: 5 Poster Film Sci-Fi yang Ternyata Menyimpan Rahasia, Apa Ya Kira-kira?

7. Children of Men (2006)

Film Dystopian Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Rilis pada tahun 2006, "Children of Men" juga termasuk salah satu film distopia dengan cerita terbaik. Karya Alfonso Cuaron yang satu ini berlatar di masa depan, dimana umat manusia sudah nggak mampu lagi untuk memiliki keturunan.

Kondisi tersebut pun membuat tatanan dunia menjadi kacau dan umat manusia berada di ambang kepunahan.

Suatu hari, seorang perempuan bernama Kee (Clare-Hope Ashitey) hamil secara misterius. Ia pun kemudian diperebutkan, baik oleh pihak pemerintah maupun pemberontak.

8. Snowpiercer (2013)

Dystopian Movie (Foto: imdb.com)
imdb.com

Sebelum karyanya yang bertajuk "Parasite" meledak di kancah perfilman internasional, Bong Joon Ho ternyata sudah pernah membuat film yang melibatkan aktor-aktor ternama Hollywood lho!

Ialah "Snowpiercer", film fiksi ilmiah distopia yang dibintangi oleh Chris Evans, Tilda Swinton, Ed Harris, John Hurt, Song Kang Ho, Jamie Bell, Octavia Spencer, dan masih banyak lagi.

"Snowpiercer" mengisahkan tentang sebuah eksperimen perubahan iklim yang gagal dan akhirnya membunuh hampir seluruh kehidupan di bumi.

9. Minority Report (2002)

Film Seperti Divergent (Foto: imdb.com)
imdb.com

Diadaptasi dari cerita pendek berjudul sama karya Philip K. Dick, "Minority Report" jadi salah satu film fiksi ilmiah bertema distopia yang nggak boleh kamu lewatkan.

Mendapuk Tom Cruise sebagai pemeran utama, film besutan Steven Spielberg ini berlatar pada tahun 2054 dan berfokus pada kehidupan John Anderton.

Pada zaman tersebut, polisi memiliki teknologi canggih yang dapat mendeteksi kejahatan sebelum hal tersebut terjadi. Bikin penasaran, kan?

Baca juga: Film Fantasi Terbaik yang Akan Membuatmu Enggan Kembali ke Dunia Nyata

10. What Happened to Monday (2017)

Film Distopia Adalah (Foto: imdb.com)
imdb.com

Akting Noomi Rapace kembali dipuji setelah berhasil memerankan tujuh tokoh sekaligus dalam "What Happened to Monday".

Film yang bisa kamu tonton di Netflix ini mengacu pada kehidupan tujuh perempuan kembar yang harus bertahan hidup secara sembunyi-sembunyi agar nggak dimusnahkan oleh pemerintah. Kira-kira kenapa ya?

Itu dia Sobat Qupas beberapa film distopia terbaik yang nggak boleh kamu lewatkan. Kamu sudah pernah nonton yang mana?