10 Kereta Paling Cepat, Satu Kedipan Mata Langsung Sampai!

15 August 2018, at 06:13
1
0
10 Kereta Paling Cepat, Satu Kedipan Mata Langsung Sampai!

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi ketika kamu pergi ke Eropa atau Jepang bisa berkeliling kemanapun hanya dengan kereta super cepat. Menumpuh jarak kilometer dalam waktu tempuh yang sangat sebentar. Bahkan di jepang saja, sudah menyiapkan sebuah kereta dengan kecepatan tinggi yang siap mengantarkanmu menuju perhelatan Winter Olimpics pada tahun 2020.

Walau kereta yang digadang-gadang akan menjadi yang tercepat didunia, kamu belum bisa menaikinya sekarang ya. Hanya saja, masih ada beberapa kereta peluru yang akan mempercepat perjalananmu. Inilah sederet kereta tercepat di dunia yang bisa kamu tumpangi untuk berkeliling dunia,

Baca juga: 4 Kereta api di Indonesia yang Canggih Serasa di Jepang

1. Shanghai Maglev: 431 km/jam

wikimedia.org

Kereta tercepat di dunia yang pertama adalah kereta Maglev yang beroperasi dari Bandara Internasional Pudong Shanghai ke Stasiun Metro Longyang. Jarak 30 kilometer bisa ditempuh hanya 7 menit saja. Kereta yang bisa mengangkut 574 orang ini memang dikhususkan untuk para wisatawan yang ingin mencoba kereta cepat di Cina. Kereta yang mulai beroperasi pada tahun 2004 ini hanya dihargai sekitar 112ribu rupiah saja.

 

2. Fuxing Hao CR400AF/BF: 400km/jam

hochgeschwindigkeitszuege.com

Yang kedua datang lagi dari negeri Cina. Pasalnya negeri tirai bambu itu layaknya semua rumah bagi kereta non-maglev. Dari nama kereta ini saja, Fuxing Hao dapat diartikan sebagai peremajaan. CR adalah singkatan dari China Railway dan untuk tulisan 400AF yang berarti Dolphin Blue dan 400BF yang berarti Golden Phoenix. Masing-masing kereta itu hanya membutuhkan waktu 4jam 28menit dari kota Beijing Selatan ke stasiun Hongqiao Shanghai. Biasanya untuk menujuke dua kota metropolitan itu membutuhkan waktu 10jam dengan kereta biasa. Fuxing Hao mulai beroperasi pada tahun 2010, dan dapat menampung hingga 556 penumpang. Harganya kini sekitar 1.176.000 rupiah.

 

3. Shinkansen H5 and E5: 360km/jam

wikimedia.org

Kereta berkecepatan tinggi ini mengantarkan 731 penumpang dari Tokyo ke Osaka. Perjalanan yang mengantarkan dua kota terbesar di Jepang itu hanya membutuhkan jarak tempuh 4 jam saja. Inilah kereta komersial tercepat yang ada di negeri sakura. Terlebih fasilitas kursi penumpangnya dilengkapi dengan sistem daya listrik untuk laptop atau telepon genggam. Harga kursi paling murah untukpergi kedua kota tersebut adalah 1.790.000 rupiah.

 

4. Frecciarossa: 354km/jam

milanotoday.it 

The Frecciarossa atau yang berarti panah merah ini baru dioperasikan pada tahun 2015 di Milan. Kereta dibuat untuk memamerkan kepada dunia bahwa ini adalah yang tercepat di Eropa. Panah merah, sebutannya, bisa mengantarkan penumpang dari Milan ke Roma hanya dalam waktu 1jam 23menit saja. Untuk harga per kursi paling murah dihargai sebesar 588.000 rupiah saja.

 

5. Renfe AVE: 349km/jam

mytraintravel.com

Spanyol juga memiliki kereta tercepat yang dimiliki, sebut saja Velaro E. Kereta ini hanya melayani pemberangkatan jauh dari kota-kota besar yang ada di Spanyol atau kota dari negara lainnya. Seperti dari Barcelona ke Paris yang hanya bisa ditempuh selama 6 jam saja.

Baca juga: KRL di Jakarta sering Ngaret, 5 Stasiun Terindah di Dunia ini Justru Membuatmu Betah

6. Haramain Western Railway: 349km/jam

Youtube.com/mhkmakers

Kali ini kereta cepat ada di Arab Saudi. Kereta ini bertugas untuk mengantarkan 3 juta penumpang per tahun dari Mekkah ke Madinah. Sudah beroperasi dari desember 2017,  untuk mencapai kedua kota besar dan suci tersebut hanya membutuhkan waktu 2,5 jam. Dibandingkan dengan mengendarai mobil membutuhkan waktu 5 jam.

 

7. DeutscheBahn ICE: 329km/jam

bahn.com

Kalau kereta cepat yang ada di Jerman ini menghubungkan kota Berlin ke Munich pada awalnya. Bahkan saat ini sudah bisa mengantarkan para penumpang dari Frankfurt ke Munich, Amsterdam ke Cologne, Paris ke Shuttgart. Kereta ini juga didesain oleh Siemens sama dengan kereta Renfe AVE. Harga paling murahnya sekitar 74ribu rupiah atau EUR 4.50 saja.

 

8. Korail KTX: 329km/jam

railroadforums.com

Kereta cepat ini ada di Korea Selatan yang baru mulai digunakan secara komersial pada tahun 2004. Rute kereta ini menghubungkan Bandara Internasional Incheon ke kota Gangneung. Sepanjang perjalanan, para penumpang dapat melihat-lihat indahnya panorama lokasi ski di musim dingin di PyeongChang yang hanya ditempuh selama 2 jam saja.

 

9. Eurostar e320 and TGV: 321km/jam

designboom.com

kecepatan kereta ini sekitar 320 km/jam yang artinya bisa mengantarkan perjalanan Eurostar menuju Brussels, Paris, dan London hanya dalam waktu 2 jam saja. Harga sekali jalan hanya 980ribu rupiah ke kota yang ada di Eropa. Kereta ini sempat diperbarui lagi pada tahun 2015 dengan penambahan kursi penumpang hingga 20%. Sekarang sudah bisa mangangkut sebanyak 900penumpang. Adapun juga, fasilitas yang diberikan selama perjalanan dengan kereta ini adalah wifi gratis dengan menampilkan website berisi informasi liburan dan hiburan yang ada di kota tujuan.

 

10. Thalys: 299km/jam

event-success.com

Untuk berpergian menuju ke Amsterdam, Brussels, dan Paris, Kereta ini menjadi solusi utama untuk bepergian menuju kota penting yang ada di Eropa. Kereta ini dibagi menjadi dua tujuan, untuk jalur pebisnis dan wisatawan. Jelas saja untuk jalur wisatawan akan melewati beberapa tempat apik disepanjang perjalanan. Siap berkeliling kota di Eropa? Kereta ini bisa jadi alternatif transportasimu ya!

 

Sepuluh kereta tercepat yang ada di Dunia saat ini masih terus diperbaiki dan dipercepat dengan segala teknologi yang terus dikembangkan. Dengan harapan agar kelak di masa depan transportasi masa ini bisa menjadi solusi utama mengurangi kemacetan jalan raya.

0 Comment