10 Makanan Khas Banten yang Punya Cita Rasa Lezat dan Nempel di Lidah

19 March 2019, at 12:00
0
0
10 Makanan Khas Banten yang Punya Cita Rasa Lezat dan Nempel di Lidah

Beberapa orang pasti tahu tentang Provinsi Banten yang letaknya berada di paling barat Pulau Jawa. Daerah tersebut memiliki banyak kuliner masakan lezat yang wajib kamu ketahui.

Segudang suguhan yang mungkin hanya bisa ditemui di kawasan Kota Serang dan sekitarnya. Harganya pun nggak kalah bersaing dengan kuliner khas kota lain.

Seperti apa sih makanan khas Banten yang punya cita rasa lezat nempel di lidah? Simak ulasan singkat berikut ini ya!

1. Sate Bebek H.Syafei

ilustrasi sate bebek di banten
instagram.com/ruddyawaluddin

Berada di pinggir jalan, kuliner khas Banten ini bisa kamu coba di salah satu RM Sate Bebek H.Syafei. Aroma sate bebek yang mulai tercium dari pinggir jalan mampu menggugah seleramu banget.

Dengan tekstur daging yang empuk dan juga guyuran saus kacang yang bikin rasanya makin juara. Terlebih dengan kentalnya kecap kedelai hitam pilihan yang punya cita rasa tersendiri. Untuk harga per 10 tusuknya, dibanderol dengan harga sebesar Rp15.000,00.

2. Angeun Lada

angeun lada
instagram.com/elkealexa

Masakan berkuah santan yang menjadi Warisan Budaya Tak Benda tahun 2016 oleh Kemendikbud RI punya kelezatan gurih pedas yang biasanya dikeluarkan saat perayaan hari besar.

Kuah santan merah dengan isian babat sapi dan sayuran ini punya bahan utama daun walang. Aroma daun walang yang cukup menyengat membuat masakan ini menjadi khas.

Salah satu rumah makan yang bisa kamu kunjungi untuk mencicipi menu ini adalah Cep Udin Angeun Lada.

3. Sambal Buroq

menu makan sambal buroq
instagram.com/isthi_r

Banten juga punya sajian sambal khas yang tingkat kepedasannya nggak kalah galak dari sambal pedas daerah lain. Bahkan cara memasaknya yang cukup mudah, bisa kamu coba di rumah.

Terbuat dari kulit melinjo dengan bumbu bawang putih, kemiri, daun salam ini paling enak dinikmati dengan nasi putih atau nasi sum-sum. Wah, kira-kira seperti apa ya nasi sum-sum itu?

3. Nasi Sum-Sum

nasi sum sum
instagram.com/deena_hp

Kuliner Banten ini sudah ada sejak lama, salah satu restoran yang menyajikan menu tersebut dan berdiri sejak 1941 adalah RM Mang Puri. Hingga kini, rumah makan tersebut dikelolah oleh generasi ketiga dalam keluarga tersebut.

Sajian sum-sum yang disuguhkan ternyata menggunakan sum-sum kerbau. Itu karena bagian tulang kerbau lebih padat dan jika dimasak tidak mudah menyusut. Jadi kenikmatannya saat sedang dimasak tidak akan hilang dan menguap begitu saja.

Baca juga : 8 Tempat Makan di Tangerang dengan Harga pas Rasa Puas!

5. Sayur Besan

sayur besan khas banten
hesti-myworkofart.blogspot.com

Kalau menu yang satu ini bisa sobat Qupas cicipi saat ada acara pernikahan yang diselenggarakan oleh warga Banten. Masakan ini juga menjadi kuliner khas Betawi untuk perhelatan besar yang mempersatukan sepasang calon suami dan istri.

Isian semangkuk sayur besan ini ada daging sapi, kentang, bihun, petai, ebi rebus, dan wortel. Tentu semangkuknya bisa bikin kamu kenyang. Kuah kaldu santannya juga menggoyang lidah banget.

6. Rabeg

rabeg kuliner khas banten
budiinstitute.wordpress.com

Makanan khas Banten yang mengolah daging dan jeroan kambing ini memiliki rasa kuah yang manis dan gurih. Dimasak dengan racikan bumbu rempah yang melimpah, memang enak disantap dengan nasi putih hangat.

Walau kuahnya mirip dengan semur, kuah kentalnya bikin nendang di lidah. Ditambah lagi dengan taburan bawang goreng yang melimpah. Salah satu rumah makan yang bisa kamu kunjungi adalah Rabeg Khas Serang H.Haswi.

7. Gerem Asem

gerem asem
Instagram.com/pawon_ndenjun

Menu masakan sehari-hari ini bisa kamu coba meracik resepnya dengan mudah. Terlebih kamu bisa memilih sendiri daging apa yang akan kamu gunakan. Tenang, hal itu tidak akan mengubah cita rasa khasnya.

Hanya bermodalkan santan kental, cabai, blimbing wuluh, dan bumbu halus, sudah bisa kamu sulap untuk membuat kuliner khas Banten ini. Gimana, mau mencobanya dalam waktu dekat ini?

8. Kue Pasung Merah

kue pasung merah kuliner khas banten
Instagram.com/puntenpandeglang

Tujuh makanan khas Banten di atas hanya menyajikan menu menggiurkan yang mengenyangkan, kalau yang terakhir ini ada sajian camilan tradisional yang bisa kamu coba di sepanjang pasar Ciruas.

Makanan yang terbuat dari tepung beras, sagu, gula merah, dan gula pasir dibalut dengan daun pisang berbentuk terompet ini bisa kamu coba dengan harga mulai dari Rp2.500,00 saja. Cukup murah meriah bukan?

Itulah delapan kuliner khas Banten yang bisa kamu coba sewaktu berada di sana dengan kelezatan yang tiada bandingannya. Menariknya lagi, beberapa masakan bisa kamu coba buat sendiri di rumah dengan mengikuti aneka resep menu masakan.  

0 Comment