10 Titik Akupresur untuk Sembuhkan Sakit Ringan, Biar Nggak Minum Obat Terus

30 November 2018, at 09:00
2
0
10 Titik Akupresur untuk Sembuhkan Sakit Ringan, Biar Nggak Minum Obat Terus

Meminum obat sering dijadikan jalan pintas untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan ringan. Misalnya saja sakit kepala, flu, insomnia, dan kelelahan.

Padahal praktik akupresur yang berasal dari Cina bisa menyembuhkannya. Teknik ini akan melancarkan peredaran darah serta sistem saraf dan bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan melakukan penekanan di beberapa titik.

Untuk itu, yuk kenali 10 letak titik akupresur yang bisa meredakan berbagai masalah kesehatan berikut ini. Supaya nggak dikit-dikit minum obat.

1. Titik He Gu

titik he gu
brightside.me

Titi He Gu terletak pada cekungan antara pangkal ibu jari dan telunjuk. Memberikan penekanan pada area ini bisa menyembuhkan sakit kepala, sakit gigi, dan stres.

Namun perlu diperhatikan juga, jangan menekan titik he gu secara sembarangan saat sedang hamil. Sebab gerakan ini bisa memicu induksi persalinan.

2. Titik Tai Chong

titik tai chong
brightside.me

Bagi wanita yang sering mengalami kram menstruasi, baiknya mencoba memijat pada daerah punggung kaki di bawah pangkal ibu jari dan jari telunjuk ini.

Pijatan yang cukup kuat pada titik akupresur yang satu ini bisa meredakan nyeri haid, tekanan darah tinggi, sakit punggung, dan sakit kepala.

3. Titik Nei Guan

titik nei guan
babycenter.com

Titik yang letaknya lima senti di bawah bagian dalam pergelangan tangan ini bisa mengurangi rasa mual akibat mabuk perjalanan, mual pada wanita hamil, dan sakit kepala.

Untuk mengatasi beberapa kondisi tersebut, tekan area ini secara perlahan selama beberapa menit.

4. Titik San Yin Jiao

titik san yin iao
brightside.me

Sedang menghadapi masalah sulit tidur yang berkepanjangan? Mungkin kamu bisa mulai memijat pada area ini.

Berikan tekanan yang cukup kuat selama beberapa detik dan lakukan secara berulang kali. Teknik ini juga bisa meredakan kram perut karena menstruasi dan sakit pinggang.

5. Titik Feng Chi

titik feng chi
brightside.me

Saat mengalami gejala flu, kelelahan, migrain, atau sakit kepala, tekan titik yang letaknya di bawah cekungan tulang tengkorak menggunakan kedua ibu jari. Pijat selama beberapa menit untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat berbagai konndisi tersebut.

Baca juga: Pria Asal Thailand Tewas Mendadak Setelah Pijat Tradisional, Kok Bisa?

6. Titik Yin Tang

titik yin tang
brightside.me

Titik yin tang terletak pada dahi, di ataran kedua ujung dalam alis. Pijatan pada area ini akan mengurangi stres, hidung tersumbat, sakit kepala, dan insomnia.

Kabar baiknya lagi, teknik ini juga bisa sebagai treatment untuk mengistirahatkan mata yang tegang akibat menatap layar laptop seharian lho.

7. Titik Qi Hai Shu

titik qi hai shu
brightside.me

Terletak pada punggung bagian bawah, pijatan pada area ini ternyata bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang cukup serius, yaitu asma.

Selain itu, kamu bisa melakukan gerakan ini beberapa kali dalam seminggu apabila siklus menstruasimu tidak teratur.

8. Titik Shou San Li

titik shou san li
acupressurepointsguide.com

Selain bahan-bahan alami ataupun obat, memberi penekanan pada siku bagian dalam ternyata bisa menyembuhkan diare. Titik Shou San Li ini juga bisa mengurangi rasa tegang pada leher dan nyeri pada bahu.

9. Titik Lao Gong

titik lao gong
brightside.me

Ketika menghadapi situasi tertentu, rasa panik terkadang tiba-tiba menyerang. Untuk menghilangkannya kamu bisa pijat pada bagian tengah telapak tangan selama dua hingga tiga detik.

Ulangi gerakan ini selama beberapa kali hingga rasa panikmu hilang.

10. Titik Zu San Li

titik zu san li
brightside.me

Titik Zu San Li terletak di sekitar 4 jari di bawah lutut. Kamu bisa memberi pijatan pada area ini untuk mengurangi rasa mual, lelah, dan stres berlebih.

Hebatnya lagi, tekanan pada titik zu san li bisa membantu meringankan masalah gastrointestinal atau pendarahan pada saluran pencernaan.

Nah itulah letak 10 titik akupresur yang bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sebelum meminum obat, ada baiknya untuk mengikuti teknik pijatan seperti yang telah ditunjukkan Qupas di atas. Selamat mencoba!

0 Comment