3 Gili di Madura Serasa di Lombok, Liburan Keren tapi Murah

07 August 2018, at 03:41
0
0
3 Gili di Madura Serasa di Lombok, Liburan Keren tapi Murah

Mungkin saja, pulau Madura masih terdengar sangat asing bagi sebagian warga Indonesia. Pulau di ujung timur jatim itu biasa disebut dengan pulau garam. Pasalnya, pulau itu banyak menghasilkan garam sebagai bumbu dapur pelengkap masakan yang biasanya ada di cita rasa sajian Indonesia.

Selain sebagai penghasil garam, pulau Madura juga memiliki keindahan alam yang tak kalah menawan dengan pulau Dewata. Sebagian pesisir pantai di pulau ini belum tersentuh manusia. Masih banyak pantai-pantai tersembunyi yang menyimpan keeksotisan alam tiada tara.

Salah satunya saja tiga gili di Madura berikut yang konon katanya memiliki udara paling bersih di Indonesia. Wah seperti apa ya keistimewaan dan keindahannya? Yuk simak.

 

Gili Iyang

whatsupted&sukamto_tan

Gili Iyang biasanya diucapkan Giliyang, pulau ini berada di sisi timur pulau Madura. Tempat wisata di Madura yang satu ini, awalnya terkenal karena sebagian besar warga maupun wisatawan yang pernah berkunjung ke sini berpendapat bahwa kadar oksigen di pulau tersebut menjadi yang terbaik kedua di Dunia. Hal itu dikarenakan jarangnya asap kendaraan bermotor dan banyaknya pohon yang terus menghasil oksigen. Jika dihirup pasti akan terasa segar dan tentunya menyehatkan.

masdito_&maduracorner

Untuk bisa sampai di pulau yang secara administratif ada di Kecamatan Dungkek ini, kamu harus berani berpanas-panasan dibawah sinar matahari yang cerah serasa tak ada awan yang menutupi. Memerlukan waktu satu jam menggunakan perahu kayu dari Pelabuhan Dungkek menuju Gili Iyang. Sesampainya di sana, kamu pasti akan mendapatkan spot paling apik untuk berfoto ria. Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat, bisa kamu titipkan dirumah warga. Pasalnya, kamu masih harus berlayar menyewa perahu sebesar 200ribu per 10orang pulang pergi. Berlayarnya butuh waktu hingga setengah jam. Wajib siap-siap perut dan kepala ya!

 

Gili Genting

vyolenta&rennyprayitno

Kalau Gili Iyang berada di ujung timur, beda lagi dengan Gili Genting. Berada di ujung selatan kabupaten Sumenep. Di sana juga ada pantai cantik dengan berbagai fasilitas spot foto apik yang sudah dikembangkan oleh pemerintah setempat, pantai sembilan. Pantainya dengan pasir putih ini lebih terlihat seperti Hawai-nya Madura. Wah, jadi ingin ke sana ya!

agnuesza&shintarossaline

Jika kamu ingin kesana, kamu bisa menyewa sebuah perahu kayu motor yang sudah disediakan dari pelabuhan Pagar Batu atau Pelabuhan Tanjung. Dengan biasa sewa sebesar 10ribu rupiah saja per orang, atau jika kamu menggunakan kendaraan beroda dua bisa kamu bawa juga per motornya hanya 10ribu saja. Cukup murah dan tidak menguras dompet kan? Jarak tempuhnya juga hanya sekitar 30 menit saja loh.

 

Gili Labak

intanfebrina16 & dianyudicia

Ini nih, keeksotisan gili di Madura yang paling terkenal bahkan ke wisatawan mancanegara. Letak dari pulau ini sedikit tersembunyi, berada di tengah-tengah laut lepas dengan bentangan pasir putih dan hamparan birunya laut yang bisa memanjakan mata. Dijamin deh, pikir pikiran fresh dan relaxe. Gili Labak memang menjadi wisata snorkeling yang favorit karena airnya yang bersih dan jernih. Karena terlalu jernihnya kamu bahkan bisa melihat ikan-ikan yang ada dibawah laut hanya dengan mata telanjang.

radichaputri & feninot

Nah, untuk bisa sampai di Gili Labak kamu harus merogoh kocek sebesar 80ribu rupiah per orang. Biaya itu hanya untuk menyewa perahu motor dengan alat-alat keselamatan penumpang seperti 20 set pelampung penumpang, karena itu merupakan standart keselamatan yang harus dipatuhi. Sesampainya di sana berbagai fasilitas pun akan kamu dapatkan seperti kamar mandi umum, serta persewaan alat menyelam snorkeling atau diving. Jika kamu memang berniat mengunjungi Gili Labak dalam waktu dekat, lebih disarankan jika kamu menggunakan jasa perjalanan karena lebih murah dan aman. Semua sudah diatur, tinggal jadi beres.

Gimana? Bagus-bagus dan indah kan ya? jadi kapan nih mau ke gili di Madura? Siapa tahu kita bisa barengan!

Tips :

Tiga gili di Madura harus ditempuh dengan menggunakan perahu, maka sebelum berlayar sebaiknya minum obat anti mabuk perjalanan ya jika belum terbiasa.

Kondisi cuaca saat siang hari terasa cukup terik, siapkan sunblock untuk wajah dan kulitmu.

Usahakan bawa camilan atau minuman sendiri dari rumah untuk menghemat biaya makan. Jangan lupa untuk membuang sampah di tempatnya, jaga alam indah Indonesia agar tetap bersih.

Bawa juga kacamata hitam, agar mata tetap terlindungi dari sinar matahari secara langsung.

Lebih baik membawa uang pecahan saja misal 10ribuan, 20ribuan agar lebih gampang kalau mau membayar sesuatu.

0 Comment