3 Pilot Cantik TNI Angkatan Darat yang siap Membawamu Terbang ke Angkasa

23 July 2018, at 15:18
5
0
3 Pilot Cantik TNI Angkatan Darat yang siap Membawamu Terbang ke Angkasa

Profesi Pilot selama ini banyak ditekuni oleh kaum Adam. Selain penyebutannya gagah yaitu Kapten atau bahasa kerennya: Capt, juga memakai seragamnya membuat laki-laki terlihat semakin memesona. Namun kini, sudah mulai banyak Pilot perempuan baik di maskapai komersil ataupun kedinasan.

Hal ini juga mulai merebak di Indonesia. Terbukti dari lolosnya tiga srikandi TNI Angkatan Darat yang kini sudah mulai dipercaya menerbangkan pesawat mengelilingi Indonesia. Mereka menjadi Pilot perempuan pertama di instansi ini. Yang bikin semakin kagum, presentase jumlah Pilot wanita di tanah air tidak ada 1% dari jumlah keseluruhan orang yang bekerja di bidang ini. Keren kan? Simak juga fakta membanggakan lainnya tentang mereka di bawah ini:

 

Masih jarangnya wanita yang bertugas menjadi pilot di Indonesia 

 

Ada beberapa alasan mengapa profesi ini banyak dimonopoli oleh kaum pria, salah satunya adalah masalah waktu pekerjaan yang terkadang mengharuskan sang pilot meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Jadwal terbang yang padat dan jarak terbang yang jauh membuat mereka yang bekerja di bidang ini jarang memiliki waktu untuk keluarga. Namun, itu tidak membuat ketiga Perwira Kowad lulusan Akademi Militer Tahun 2017 yaitu Letda Cpn (K) Fany Avisha, Letda Cpn (K) Tri Ramadhani dan Letda Cpn (K) Puspita Ladiba lantas mengurungkan impiannya menjadi seorang penerbang.  Mereka bertiga justru membuktikan bahwa seorang wanita pun juga bisa menjadi seorang penerbang yang hebat.

 

Perlu usaha dan waktu yang tidak sedikit untuk menjadikan mereka bertiga sebagai pilot perempuan pertama di TNI AD sepanjang  sejarah

 

Pencapaian mereka menjadi seorang penerbang tidaklah mudah untuk didapatkan. Pasalnya, mereka juga harus melewati beberapa tes dan pelatihan yang membutuhkan banyak waktu. Untuk melatih skills menerbangkan Helikopter dengan lihai mereka harus mengantongi 40 jam terbang. Rasa takut dan was-was tentu muncul dalam benak para perempuan berusia 20 tahun itu. Tapi mereka berhasil menghilangkan rasa takut yang ada dengan menjalankan setiap panduan dan arahan yang diberikan oleh instruktur.

 

Kini, ketiga wanita ini memiliki kemampuan yang mumpuni dan menjalankan tugas menerbangkan pesawat seperti Prajurit TNI AD laki-laki

 

Butuh waktu sekitar satu setengah tahun untuk ketiganya berlatih hingga memenuhi kualifikasai. Sebagai seorang perempuan, mereka memiliki keunggulan yaitu sifat yang lebih teliti, detail, dan sabar saat menjalani pelatihan menerbangkan pesawat. Mereka pun kini sudah dipercayai untuk menerbangkan Helikopter yang dimiliki oleh Angkatan Darat untuk mengantarkan berbagai keperluan operasional sama seperti tugas yang diemban oleh prajurit pria yang memiliki pangkalan di Semarang.

 

Menjadi penerbang wanita seperti yang saat ini diemban mungkin pernah terbesit di dalam hati tiga dara cantik itu. Apalagi, kini mereka sudah menjadi seorang pilot wanita pertama di lingkungan Angkatan Darat Indonesia. Tentu menjadi inspirasi dan panutan tersendiri untuk para wanita Indonesia dan khususnya untuk adik-adik kelas mereka yang selanjutnya.

 

Topics:

0 Comment