3 Resiko Penggunaan Minyak Kayu Putih Pada Anak Berusia di Bawah 2 Tahun

15 June 2018, pada 15:55
2
0
3 Resiko Penggunaan Minyak Kayu Putih Pada Anak Berusia di Bawah 2 Tahun

Sering kali saat seseorang merasakan masuk angin, perut kembung, atau pusing, minyak kayu putih menjadi andalan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan komposisi ekstrak tanaman eucalyptus, minyak ini memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan tidak enak badan karena mabuk perjalanan atau kehujanan. Selain komposisinya yang alami, minyak kayu putih juga menjadi salah satu pengobatan tradisional yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Terlepas dari kegunaannya, minyak kayu putih ini memiliki banyak resiko jika digunakan oleh anak berusia dibawah 2 tahun. Seperti yang dilansir oleh doktersehat.com, banyak ahli yang tidak menyarankan penggunaan minyak kayu putih pada anak anak. Berikut alasan anak anak dibawah 2 tahun tidak dianjurkan menggunakan minyak kayu putih :

 

1. Mengandung 1,8 cineole

 

halallifestyle.id

Kandungan eukaliptol atau cineole yang terdapat dalam setiap botol minyak kayu putih ini sangat berbahaya bagi anak-anak. Minyak kayu putih rata-rata mengandung 44,8%-60,2% cineole yang dapat menimbulkan masalah pernapasan pada anak berusia di bawah 2 tahun. Bahan tersebut bahkan dapat memberikan dampak buruk seperti masalah pada sistem saraf pusat anak.  

 

2. Menimbulkan Iritasi Kulit

 

motherandbaby.co.uk

Minyak kayu putih merupakan salah satu minyak yang memiliki kandungan bahan yang cukup keras untuk anak-anak. Hal itulah yang membuat iritasi kulit sangat mungkin terjadi pada anak-anak di bawah usia 2 tahun. Pasalnya, usia di bawah usia 2 tahun masih memiliki kulit yang sangat rentan terhadap kandungan minyak kayu putih yang cukup keras.

 

3. Gangguan pencernaan

 

alodokter.com

Untuk beberapa orang dewasa yang mengalami gangguan pencernaan, meminum air yang dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih dilakukan sebagai alternatif awal meredakan sakit. Meski demikian, cara tersebut sangat dilarang untuk anak dengan masalah yang sama karena cara tersebut justru akan membuat anak mengalami mual yang lebih sering.

Beberapa orang memang sangat mengandalkan minya kayu putih untuk mengatasi masalah kesehatan ringan. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa menggunakannya setiap saat atau bahkan memberikannya pada balita. Bahan yang terkandung bisa cukup keras sehingga akan membahayakan anak-anak. Selalu berkonsultasilah pada dokter jika kamu merasa ada yang salah dengan buah hati dan jangan mencoba untuk mengobatinya sendiri.

0 Komentar