4 Alasan Pendaratan Darurat Pesawat yang Paling Nyeleneh, Ada-ada Saja!

14 October 2019, at 11:00
0
0
4 Alasan Pendaratan Darurat Pesawat yang Paling Nyeleneh, Ada-ada Saja!

Pendaratan darurat pada pesawat sangat mungkin bisa terjadi. Hal itu biasanya dilakukan karena ada situasi yang memungkinkan terjadinya sebuah bahaya.

Namun terkadang, ada-ada saja sederet alasan pendaratan darurat pesawat yang bisa dikatakan “nyeleneh” atau “sepele”. Seperti lima alasan berikut ini. Duh bikin geleng-geleng kepala saja!

1. Adanya Kotoran Hewan

kotoran hewan di pesawat
mirror.co.uk

Pada tahun 2014 lalu, pernah terjadi pendaratan darurat sebuah pesawat dalam perjalanan dari Los Angeles ke Philadelphia. Penyebabnya adalah adanya kotoran anjing di dalam transportasi udara tersebut.

Seekor anjing besar terlihat bolak balik ke kamar mandi. Hewan tersebut terus saja membuang kotoran hingga kru pesawat kehabisan tisu toilet.

Lantaran baunya yang nggak enak, membuat penumpang di pesawat tersebut risih dan akhirnya pilot mengumumkan pendaratan darurat.

2. Pendaratan Darurat Karena Tumpahan Kopi

pendaratan darurat pesawat karena tumpahan kopi
weheartit.com

Sebuah pesawat dalam perjalanan menuju Cancun, Meksiko yang akan melintasi Samudera Atlantik harus melakukan pendaratan darurat di Shannon.

Hal itu terjadi karena sang pilot nggak sengaja menumpahkan secangkir kopi di kokpit. Insiden itu menyebabkan kokpit mengalami kerusakan ditandai dengan adanya asap dan bau seperti sirkuit terbakar.

Baca juga: Pesawat Bau Duren, Penumpang Komplain Sampai Nyaris Adu Fisik dengan Petugas

3. Seekor Burung yang Menabrak Pesawat

seekor burung yang menabrak pesawat
newsapi.com.au

Kejadian pendaratan darurat sebuah pesawat karena seekor burung yang nggak sengaja menabrak pesawat juga pernah terjadi lho.

Walau memiliki tubuh yang kecil, namun hantaman karena tubuh burung bisa berakibat fatal. Bahkan bisa membuat moncong pesawat penyok.

4. Sinyal Wifi yang sempat Dikira Ancaman Bom

sinyal wifi di pesawat
nzbusinesstraveller.co.nz

Pesawat Turkish Airlines dengan rute penerbangan dari Kenya ke Turki harus mendarat darurat di Sudan karena sambungan jaringan wifi yang dikira ancaman bom.

Seperti yang dilansir dari New York Post, nama jaringan wifi itu adalah bomb on board yang berarti bom di dalam pesawat. Sinyal itu terdeteksi saat pesawat melintas di wilayah udara Sudan.

Pesawat tersebut akhirnya diarahkan mendarat di area isolasi bandara Khartoum, Sudan. Setelah diselidiki, ternyata itu adalah nama sinyal wifi milik salah satu penumpang pesawat.

Baca juga: Gara-Gara Pilot Ketiduran, Pesawat ini “Kebablasan” 46 km dari Bandara Tujuan

Memang ada-ada saja ya, alasan pendaratan darurat pesawat ini. Mulai dari tumpahan kopi hingga sinyal wifi yang dikira ancaman bom. Namun, semua itu dilakukan untuk keselamatan bersama.

0 Comment