4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi

26 September 2018, pada 04:45
1
1
4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
Melahirkan, merupakan proses yang melelahkan dan menyakitkan. Kadar hormon estrogen dan progesteron mengalami penurunan drastis yang menyebabkan ibu mudah merasa kelelahan, depresi, dan penurunan mood yang sering disebut sebagai baby blues syndrome.
Belum lagi dengan tanggungjawab untuk merawat dan menyusui sang bayi, akan membuatnya makin stres dan kecapekan. Kalau sudah begini, emosi ibu akan sangat sulit dikontrol yang kemudian berpengaruh pada perlakuan terhadap anaknya.
Bahkan ada kasus ibu sampai membunuh bayinya yang baru lahir karena stres, lho! Sebelum terlambat, bagi yang sedang hamil atau baru melahirkan, sebaiknya memperhatikan hal-hal ini untuk menghindari baby blues syndrome:

1. Komunikasikan Kekhawatiranmu pada Dokter dan Orang Terdekat

4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
bhf.org.uk/
Dengan menyampaikan kekhawatiranmu pada Dokter atau orang-orang di sekitar seperti suami atau ibu, setidaknya beban pikiranmu jadi berkurang. Untuk Dokter, mereka memiliki ilmu untuk mengenali gejala-gejala depresi yang mungkin akan dialami.
Sehingga ia bisa membantu untuk mencegahnya sebelum gejala itu semakin menjadi-jadi dan nggak terkendali setelah melahirkan. Apalagi jika ibunya tidak sehat, potensi bayi sakit juga tinggi.
4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
gulalives.co
Curhat juga sama suami atau ibumu dari hati ke hati soal kecemasanmu ini. Dengan begini, kamu bakalan dapat dukungan moril untuk menghadapi proses melahirkan dan merawat bayi nanti.
Perasaan dicintai dan nggak sendiri dalam menghadapi hal ini akan menurasi depresi dan membuatmu lebih siap untuk menyambut kelahiran bayimu.

2. Luangkan Waktu untuk Beristirahat

4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
konsultanrumahtangga.net
Walaupun kamu harus mengawasi bayimu setiap saat, bukan berarti kamu jadi lupa untuk beristirahat. Justru, dengan meluangkan waktu untuk bersantai, pikiranmu bisa jadi lebih tenang saat merawat si kecil. Untuk melepas penat, kamu cukup merebahkan diri tanpa memikirkan apa-apa selama beberapa menit setiap harinya.
4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
alcoholrehabguide.org
Jangan lupa juga sama kesejahteraan dan kesehatan dirimu sendiri, ya. Untuk membuat mood-mu kembali baik, sempatkanlah waktu untuk melakukan terapi meneangkan diri seperti meditasi, yoga, atau creambath di salon.
Tetaplah bersosialisasi dan ngobrol dengan teman-temanmu agar pikiranmu menjadi fresh. Selain mengurangi rasa cemasmu, tentu saja aura kebahagiaanmu akan menular juga pada sang bayi saat merawatnya sehingga si kecil selalu sehat dan ceria.

3. Jangan Terobsesi Menjadi ibu yang Sempurna

4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
sol.com.my
Mulailah untuk berpikir realistis dan menghargai diri sendiri. Kamu mungkin sudah punya standar dan bayangan di pikiranmu tentang bagaimana menjadi orang tua yang ideal untuknya.
Pemikiran ini, justru akan menyiksa dan menekan batin. Kamu akan merasa kecewa saat ternyata realita merawat bayi nggak berjalan sesuai yang kamu rencanakan. Padahal, dalam menjalani sesuatu yang baru, nggak bisa langsung sempurna tanpa kesalahan apa-apa.
4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
miamor.co.id
Kamu mungkin sering melihat postingan orang lain yang tampak ceria bersama bayinya, lalu menganggap ia ibu yang baik, tidak seperti dirimu. Padahal, kita nggak pernah tahu apa yang terjadi di balik sosial media seseorang.
Mungkin saja ia juga sedang menghadapi masalah yang sama sepertimu. Untuk itu, fokuslah pada dirimu saja. Melakukan kesalahan sekali dua kali merupakan hal yang wajar dan bukan berarti kamu adalah orang tua yang gagal.

4. Perbanyak Asupan Omega 3

4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
canadianprotein.com
Bantuan asupan yang benar juga efektif membantu mengatasi baby blues syndrome, yakni konsumsi lemak omega-3 (EPA dan DHA). Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapat dari makanan.
Jika asupan omega 3 dan suplemen minyak ikan selama kehamilan cukup, ibu hamil biasanya cenderung lebih bisa menghindari baby blues syndrome.
4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi
miamor.co.id
Selain itu, asupan omega 3 bisa mengurangi risiko bayi prematur, lho. Sebaliknya, jika ibu hamil kurang mengkonsumsi omega 3, maka akan besar risiko bayi terkena diabetes tipe 1 dan mengalami keterlambatan dalam perkembangan verbal.
Omega 3 bisa kamu dapatkan dari makanan-makanan seperti ikan laut, kenari, dan sayuran.
Mengalami perubahan yang drastis di kehidupanmu dengan kehadiran si kecil mungkin akan membuatmu kaget dan nggak siap. Kamu  juga akan selalu merasa kurang kompeten sebagai ibu.
Namun, yang perlu disadari adalah setiap bayi mempunyai permasalahan yang berbeda-beda sehingga kamu harus sabar mempelajari apa yang harus kamu lakukan setiap harinya. Jangan malu untuk segera menyembuhkannya, karena baby blues syndrome ini bukanlah mitos belaka.
1 Komentar
Rivan Willyanto
27/09 - 01:58
semangat ya bunda-bunda semuanya