4 Fakta Desa Jatiluwih, Daerah Tersembunyi di Bali yang Mendunia

23 July 2018, at 09:00
4
0
4 Fakta Desa Jatiluwih, Daerah Tersembunyi di Bali yang Mendunia

Jatiluwih terkenal dengan persawahan teraseringnya yang indah. Bahkan hamparan lahan hijau yang ditanami padi ini juga menjadi spot foto favorit banyak orang. Udaranya yang bersih dan sejuk juga menjadi daya tarik banyak orang untuk mengunjungi daerah itu. Pemandangan sawah bertingkat yang bisa dinikmati ini wajib kamu kunjungi jika tujuan berliburmu adalah suasana pedesaan yang indah dan asri.

Selain itu, daerah Jatiluwih juga masih memiliki beberapa fakta lainya yang tentunya bisa membuat dirimu ingin langsung tancap gas ke sana. Berikut fakta Jatiluwih yang harus kamu ketahui :

 

Pernah menjadi destinasi liburan Barack Obama

mashable.com

Presiden Amerika Serikat yang ke empat puluh empat, Barack Obama pernah mengunjungi Bali sebagai tempat berlibur bersama keluarganya. Obama pun tidak ingin ketinggalan untuk menikmati indahnya sawah terasiring yang ada di Jatiluwih. Desa ini hanya berjarak 20 menit perjalanan dari Ubud. Tidak heran jika Obama memilih mengunjungi sawah di Jatiluwih untuk melihat sistem irigasi tradisional yang ada di Bali.

 

Menjadi predikat situs warisan dunia

Ulinulin.com

Tahukah kamu, sawah di Jatiluwih telah diakui oleh UNESCO? Sistem yang digunakan untuk mengairi sawah biasanya disebut dengan Subak. Perairan Subak yang ada di Jatiluwih inilah yang menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Sistem perairan Subak ini sudah digunakan sejak abad ke-11 dan sudah diajarkan secara turun temerun. Jatiluwih memiliki sawah seluas 303 hektar, kebun seluas 597 hektar dan hutan lindung seluas 24 hektar. Hal itulah yang membuat persawahan dan tradisi pengairannya diakui oleh UNESCO. Sistem tersebut memiliki makna filosofi tersendiri yang akan dijelaskan pada poin selanjutnya

 

Makna filosofi Subak di Bali

1001indonesia.net

Subak merupakan suatu pola masyarakat yang berkaitan dengan perairan, maupun akses dan pemanfaatannya. Subak memiliki pola irigasi yang berbeda dengan pola irigasi modern. Pasalnya, subak didasarkan pada filosofi Bali Tri Hita Karana yang memiliki pengertian adanya sebuah hubungan yang selaras antara manusia, alam, dan roh. Selain itu juga, sistem subak juga diterapkan untuk jangka panjang, dari satu generasi ke generasi lainnya.

 

Pura Luhur Sri, situs purbakala yang ada di Bali

hindu-akuntansi-1i-undiksha.blogspot.com

Pura yang memiliki luas sekitar 800 meter persegi ini merupakan tempat beribadah umat Hindu yang menyakini bahwa bersembahyang di pura ini akan memudahkan rejeki dan kesejahteraan. Tidak diketahui kapan pastinya pura ini dibangun. Pasalnya, tidak ada catatan tentang hal itu. Namun pernah diadakan ngenteg linggih di pura ini pada tahun 1933. Pada tahun 2004 pun pernah diadakan renovasi kembali dan ditemukan uang kepeng yang merupakan peninggalan sejarah.

Itulah keempat fakta yang ada di Jatiluwih, sebuah daerah yang masih asri dengan keindahan alamnya dan banyak cerita sejarah yang tersimpan. Jadi, perlu alasan apalagi bagimu untuk berkunjung ke desa yang cantik ini?

0 Comment