Qupas Weekend

4 Film India Tentang Toleransi Agama, Bukti Perbedaan Keyakinan Itu Anugerah

28 February 2020, at 06:00
4 Film India Tentang Toleransi Agama, Bukti Perbedaan Keyakinan Itu Anugerah

Beberapa hari terakhir, terjadi kerusuhan di India. Bentrokan antara pendukung dan anti-amandemen UU Kewarganegaraan (CAA) tersebut berubah menjadi kerusuhan kelompok Hindu dan Muslim.

Dilansir dari CCN Indonesia, kerusuhan tersebut sudah menewaskan sebanyak 27 orang dan lebih dari 200 orang mengalami luka-luka.

Berbicara tentang kerusuhan antar agama, beberapa film India tentang agama yang mengajarkan toleransi dan menujukkan bahwa perbedaan keyakinan seharusnya bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan.

1. My Name Is Khan (2010)

Film India (Foto: imdb.com)
imdb.com

Siapa sih yang nggak tahu film India terbaik sepanjang masa yang satu ini? Meskipun dirilis 10 tahun yang lalu, sampai saat ini mungkin masih banyak yang menonton ulang "My Name Is Khan" karena cerita di dalamnya memang bikin gagal move on.

Film Bollywood yang satu ini menggambarkan dengan baik pandangan orang-orang Amerika terhadap Islam pasca tragedi 11 September 2001 silam. Di dalamnya, terkandung pesan moral yang kuat terkait keberagaman dan toleransi.

Menyajikan drama yang menyentuh hati, "My Name Is Khan" juga dibintangi oleh aktor dan aktris ternama yaitu Shah Rukh Khan dan Kajol.

2. PK (2014)

Film Bollywood (Foto: imdb.com)
imdb.com

"PK" merupakan film India tentang agama yang asyik untuk kamu tonton ulang di akhir pekan. Mengangkat isu yang sensitif dan cukup berat, film ini dikemas dengan komedi segar yang nggak membosankan.

Dibintangi oleh Aamir Khan, "PK" bercerita tentang Alien yang turun ke bumi untuk mempelajari manusia. Akan tetapi, ia kehilangan alat komunikasinya sehingga harus melewati banyak hal diluar dugaan.

Mendapatkan banyak protes karena dianggap melecehkan agama, film keren ini memberikan sindiran kepada umat beragama dan perjalanan manusia untuk memahami kepercayaan mereka.

Baca juga: 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Kamu Gagal Move On

3. Neerja (2016)

Film India Tentang Agama (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film Bollywood keren yang satu ini diangkat dari kisah nyata seorang perempuan bernama Neerja Bhanot (Sonam Kapoor). Neerja merupakan seorang pramugari cantik berusia 22 tahun yang bekerja di salah satu maskapai.

Dalam penerbangan internasional pertamanya, Neerja mengalami hal mengerikan yaitu pembajakan pesawat oleh teroris asal Pakistan. Film ini menceritakan bagaimana perempuan tersebut berjuang untuk menyelamatkan seluruh penumpang dan awak pesawat tanpa memandang agama dan ras mereka.

4. Bajrangi Bhaijaan (2015)

Film India Agama (Foto: imdb.com)
imdb.com

Bisa dibilang, "Bajrangi Bhaijaan" merupakan salah satu film India paling sedih yang dapat mengoyak perasaan penontonnya. Ceritanya sendiri mengikuti kisah Bajrangi Bhaijaan (Salman Khan), seorang laki-laki penganut keyakinan Hindu yang menyembah dewa Hanuman.

Suatu hari, ia bertemu dengan gadis muslim asal Pakistan yang nggak bisa berbicara. Anak tersebut pergi ke India bersama sang ibu untuk berobat, namun kemudian terpisah di jalan.

Bajrangi kemudian mengantarkannya kembali ke Pakistan. Namun sayangnya, perjalanan mereka nggak semudah yang dibayangkan.

Baca juga: Inspiratif! 7 Film India Bertema Pendidikan Ini Bisa Mengubah Pandanganmu

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa film India tentang agama yang bisa mengajarkanmu perbedaan dan toleransi. Kamu sudah pernah nonton belum?