4 Gunung di Indonesia dengan Biaya Pendakian Termahal

30 June 2018, at 04:30
2
0
4 Gunung di Indonesia dengan Biaya Pendakian Termahal

Selain pantai, gunung di Indonesia juga jadi primadona. Ada banyak pendaki-pendaki dari berbagai negara yang datang jauh-jauh untuk menjelajahi belantara dan puncak-puncak pilar dunia. Dari sekian banyak gunung di Indonesia, ada beberapa yang terkenal karena biaya pendakiannya sangat mahal. Ada di mana saja sih? Simak ulasan berikut ini.

 

1. Gunung  Carstensz Pyramid

www.thousandwonders.net

 

Sebutan populernya di kalangan pendaki-pendaki Indonesia adalah Puncak Jaya. Ada hamparan salju dan tebing batu. Kemudian danau-danau yang membiaskan pemandangan indah. Gunung yang terletak di Pulau Papua ini bahkan digadang-gadang menjadi gunung dengan biaya pendakian termahal se-Asia Tenggara. Bagaimana tidak, untuk menyambangi gunung dengan ketinggian 4.884 mdpl tersebut, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp 50 juta. Salah satu jasa tur di Internet juga menyediakan paket perjalanan selama 17hari, berangkat dari Timika.

 

2. Gunung  Binaiya

www.triptrus.com

 

Gunung Binaiya merupakan yang tertinggi di Kepulauan Maluku. Pemandangan alam dan medan yang menantang akan membuat kamu takjub. Bahkan ada danau yang airnya berwarna putih kebiruan, mirip dengan kolam susu. Tidak hanya alam, budaya dan keseharian penduduk setempat yang masih tradisional pun bias jadi penyemangat tersendiri. Ketinggiannya mencapai 3.027 mdpl, merupakan satu dari tujuh puncak (Seven Summits) Indonesia. Rata-rata, biaya yang dibutuhkan untuk mendaki ke puncak Gunung Binaiya adalah Rp 5 juta.

 

3. Bukit Raya Kalimantan

backpackerjakarta.com

 

Pulau Kalimantan tentu sangat terkenal dengan hutan belantaranya yang luas dan menyimpan banyak sekali keindahan tersembunyi. Itulah mengapa, medan menuju ke titik tertingginya sangat susah dilalui. Bukan satu atau dua hari, tai butuh berhari-hari dan stamina yang kuat. Tak banyak yang datang ke sini setiap tahunnya. Meski begitu, tetap ada yang menyediakan jasa tur dan pemandu untuk mengantarmu jika ingin menyapa lembah-lembah di Borneo dari puncak 2.278 mdpl. Harganya berkisar Rp 6 juta. Sudah termasuk transportasi hingga peralatan mendaki.

 

4. Gunung Rinjani

rinjaninationalpark.com

 

Kabarnya Rinjani adalah gunung paling cantik di Indonesia. Berada di puncaknya dan memandang jauh ke danau hingga belantara Nusa Tenggara Barat adalah idaman kebanyakan pendaki.  Ketinggian Gunung Rinjani mencapai 3.726 mdpl. Dan sama dengan Binaiya maupun Bukit Raya, Rinjani juga menjadi satu dari dari tujuh puncak (Seven Summits) Indonesia. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendaki Rinjani adala sekitar Rp 4 juta dengan  lama pendakian kira-kira 5 hari.

Itulah empat gunung di Indonesia dengan biaya pendakian termahal. Tentu saja, kekuatan fisik dan mental tidak cukup sebagai bekal mendaki gunung. Hitung biaya dan persiapkan uangnya agar perjalananmu lancar dan nyaman. Kamu bisa ikut open trip atau mencoba paket pendakian yang disediakan oleh agen perjalanan setempat.

0 Comment