4 Hal yang Bisa Melukai Harga Diri Anak, Jangan Dilakukan Ya!

10 November 2019, at 17:00
0
0
 4 Hal yang Bisa Melukai Harga Diri Anak, Jangan Dilakukan Ya!

Harga diri merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang. Hal tersebut dapat berkaitan dengan bagaimana seseorang memandang diri sendiri atau bahkan berpengaruh pada kepercayaan dirinya.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga sudah memiliki harga diri lho Bunda. Sebagai orang tua yang menganggap harga diri adalah sesuatu yang penting, kamu juga harus tahu bahwa 4 hal di bawah ini dapat melukai harga diri anak. Jangan dilakukan ya! 

1. Membentak dan Memukul

memukul anak
pinterest.ie

Kebanyakan orang tua berpikir bahwa membentak dan memukul bisa menjadi cara efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, anggapan tersebut salah lho!

Baik disadari maupun nggak, membentak dan memukul anak akan dilakukan dengan penuh emosi yang dimaksudkan untuk melemahkan si kecil.

Dalam jangka pendek, hal tersebut memang bisa menghentikan kelakuan buruk anak. Namun hal tersebut bisa membuat harga diri si kecil terluka dan menyebabkan konflik baru lho.

2. Menyudutkan Anak dengan Rasa Bersalah

anak menangis
breakingthecode.ca

Selain berteriak dan memukul, menyudutkan anak dengan rasa bersalah juga merupakan salah satu perbuatan yang dapat menurunkan harga dirinya, Bunda.

Hal tersebut akan membuat buah hati terus-menerus menyalahkan diri dan fokus terhadap rasa bersalahnya dan membuat hubungan menjadi renggang.

Baca Juga: Sering Mengkritik Anak, Dampak Buruknya bisa Rusak Mental Si Kecil

3. Mengungkit Kesalahan Masa Lalu

menyudutkan anak
headtopics.com

Tahu nggak sih, mengungkit kesalahan anak di masa lalu juga nggak boleh dilakukan. Pasalnya, hal tersebut akan membuat harga diri anak terluka.

Selain itu, mengungkit kesalahan anak di masa lalu juga akan membuatnya nggak percaya diri dan membentuk karakter yang kurang positif.

4. Sarkasme

anak malu
hellosehat.com

Berbicara dengan sarkasme kepada anak juga bisa membuatnya malu dan melukai perasaannya.

Selain itu, hal tersebut juga akan menjatuhkan harga diri serta menghambat komunikasi efektif antara orang tua dan anak.

Nah itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang sebaiknya dihindari karena dapat melukai dan menghancurkan harga diri buah hati.

0 Comment