4 hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahi Pria Perokok

31 July 2018, at 06:36
0
0
4 hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahi Pria Perokok

Jatuh cinta berjuta rasanya, apalagi jika sudah yakin bahwa dialah yang kamu cari selama ini. Usia sudah matang dan keluarga sudah setuju, lalu tunggu apalagi? Eits, ternyata selain faktor cinta dan restu, ada satu hal yang perlu kamu pertimbangkan lebih jauh lagi.

Apakah dia merokok? Zaman now rasanya sudah biasa ya, laki-laki ataupun perempuan ‘rajin’ menghisap batang demi batang gulungan tembakau dan cengkeh itu. Konon katanya, ada beberapa orang yang lebih memilih nggak makan daripada ngggak bisa ngerokok. Waduh…

Jadi alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk bersatu dalam ikatan nan suci, kamu melakukan beberapa hal ini. Karena perkawinan bukanlah permainan, nggak lucu kalau gagal di tengah jalan. Semoga beberapa langkah di bawah ini, membantumu untuk memantabkan hati dan meyakinkan diri, diakah yang akan kunikahi?

Siapkah Fisikmu Untuk Berada di Sekitar Perokok Setiap Hari?

Tahukah kamu, banyak orang terkena kanker paru-paru karena mereka adalah perokok pasif alias setiap hari terpapar asap rokok? Sedih ya, padahal mereka sudah berusaha menjaga kesehatan. Kamu tentu nggak ingin hal buruk ini terjadi padamu kan?

Oleh sebab itu, kamu harus periksa kesehatan menyeluruh dulu, apakah tubuhmu cukup ‘kebal’ untuk terpapar asap rokok dan residunya setiap hari atau justru rentan terkena berbagai penyakit. Tindakan pencegahan harus dimulai dari dirimu sendiri. Hal ini karena nggak semua orang punya ketahanan tubuh yang sama.

Diskusikan Hal-Hal Penting ini dengan si dia

Selain menyiapkan fisikmu, ada beberapa hal penting yang perlu didiskusikan dengan si dia nih sebelum memutuskan hidup bersama dalam atap pernikahan. Salah satunya adalah biasanya perokok kan merokok di mana saja, termasuk di dalam rumah. Malah bisa jadi juga di dalam kamar dan kamar mandi.

bicara dengan pasangan
 
Padahal sirkulasi udara di dalam ruangan-ruangan rumah belum tentu bagus. Jadi residu asap rokok bisa mengendap dalam waktu yang lama dan hal ini nggak bagus untuk kesehatan. Diskusikan saja dulu, mungkin membuat aturan semisal hanya boleh merokok di halaman rumah atau kalau merokok di dalam rumah, hanya di satu ruang khusus saja.

Ajak dia Melakukan Cek Kesehatan

Seperti yang sudah dibahas pada poin pertama, tapi kali ini si dia yang cek kesehatan secara menyeluruh. Risiko perokok aktif jauh lebih besar, mulai dari kanker, serangan jantung, impotensi, dan banyak penyakit lainnya termasuk gagal organ tubuh seperti hati dan ginjal. Kamu tentu nggak ingin dia jatuh sakit kan?

Justru karena kamu sayang, maka ajaklah dia untuk tes kesehatan. Biar nggak bingung, kamu bisa memilih mau cek apa saja dan di laboratorium atau rumah sakit mana dengan aplikasi LabKu. Praktis, nggak perlu antre juga karena bisa memesan layanan yang kalian butuhkan di aplikasi tadi. Tinggal unduh saja di Google Playstore atau Apple Store. Tes kesehatan apapun ada, beserta dengan harganya. Layanan ini menjangkau kota-kota besar di Indonesia dan bekerjasama dengan ratusan laboratorium tepercaya. Semoga yang tersayang sehat-sehat ya!

 

Minta Nasihat Orang tua

Mungkin selama ini, orang tua kamu belum tau bahwa calon menantunya adalah seorang perokok aktif. Bisa jadi kalau tiap dia datang, nggak pernah merokok atau kamu memang nggak menceritakannya. Nah sekarang waktunya, untuk berdiskusi dan meminta nasihat dari mereka.

 

Siapa tahu, mereka punya pandangannya sendiri. Bagaimanapun juga, orang tua selalu ingin yang terbaik buat anaknya. Semoga dengan meminta nasihat dari Ayah dan Ibu, bisa semakin mencerahkan jalanmu.

Memang berat ya, menimbang lagi hal yang sudah pasti. Namun daripada menyesal di kemudian hari, kenapa nggak? Semoga yang terbaik untuk kalian berdua ya

 

 

0 Comment