4 Ide Dessert ala Kafe Bintang Lima untuk Inspirasi Jualan dengan Modal Terbatas

09 August 2019, at 05:00
0
0
4 Ide Dessert ala Kafe Bintang Lima untuk Inspirasi Jualan dengan Modal Terbatas

Buat kamu yang rutin seminggu sekali nongkrong di kafe, pasti nggak asing dong dengan menu dessert yang manis. Apalagi dengan tambahan es krim atau taburan gula halus di atas makanan. Wah, bisa bikin ngiler banget tuh.

Selain di kafe, kamu pun bisa menikmatinya di rumah lho. Luangkan waktu Bersama teman atau keluarga terdekat untuk mencoba aneka resep dessert ala kafe bintang lima yang ternyata bisa dibuat hanya dengan bahan sederhana.

Siapa tahu bisa jadi ide inspirasi bisnis kecil-kecilanmu di sekolah atau pun kampus. Lumayan banget, bisa nambah penghasilan. Cobain kuy!

1. Banana Bread ala Starbucks 

banana bread ala starbucks
pinterest.com

Harga satu slice Banana Bread bisa dipatok dengan harga hampir Rp20 ribu rupiah. Padahal kalau kamu membuatnya sendiri di rumah. Kamu pun cuma perlu menyiapkan dana minim untuk membeli bahan-bahannya.

Bahan yang diperlukan :

  • 300 g tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 8 sdm minyak sayur
  • 5 pisang sunpride
  • 150 gula halus
  • 3 sdm susu cair
  • 1 sdt baking soda
  • Garam secukupnya
  • Ekstrak vanila secukupnya

Cara membuatnya :

  • Panaskan loyang dalam suhu hingga 165 derajat celsius.
  • Kemudian, olesi dengan mentega. Bubuhkan dengan sedikit tepung terigu dan lapisi dengan kertas panggang.
  • Sekarang saatnya mencampukan telur, gula, dan minyak sayur.
  • Mixer agar lebih cepat halus dan tambahkan ekstrak vanila, susu cair, dan pisang.
  • Pastikan adonan tidak menggumpal. Kemudian panggang sekitar 50 menit dengan suhu yangs sama.
  • Keluarkan dan hidangkan dengan coffee latte yang lembut.

2. Choco Banana Strudel with Ice Cream

choco banana strudel
chiquita.com

Pastry Cake ini sudah ada sejak abad ke-18 yang lalu. Kue berlapis ini terinspirasi dari Baklava yang menjadi camilan favorit asal Turki. Bahkan kamu bisa membuatnya dari pisang matang yang kulitnya muncul berjak hitam untuk isian strudelnya.

Bahan yang diperlukan :

  • 1 lembar puff pastry
  • 1 batang cokelat
  • 1 sdm susu kental manis vanila
  • 1 sdm keju cheddar parut
  • 1 butir kuning telur
  • 1 batang pisang ambon

Cara membuatnya :

  • Potong pisang dengan lebar 2 cm saja.
  • Kemudian diamkan puff pastry selama 10 menit, agar lentur.
  • Iris lembaran puff pastry menjadi  kerat-kerat di sisi kanan dan kiri.
  • Olesi dengan margarin hingga seluruh sisi terolesi.
  • Isi dengan cokelat batangan dan pisang.
  • Selumuti dengan kerat kerat puff pastry.
  • Setelah itu beri taburan keju parut diatasnya.
  • Oven dengan suhu 180 derajat selama 20 menit saja.
  • Sajikan dengan secangkir teh hangat, agar lebih nikmat.

Baca juga: 4 Sajian Dessert Khas Nusantara Ini Bisa Kamu Cicipi di Bulan Puasa, Yuk Bikin Sendiri!

3. Choco Lava

choco lava cake
supergoldenbakes.com

Dessert manis dengan lelehan cokelat di dalamnya nih. Biasanya juga disajikan dengan es krim vanilla. Nggak perlu beli, kamu juga bisa cobain resep dessert cokelat ini di rumah. Dijamin nggak ribet deh!

Bahan yang diperlukan :

  • 200 g margarin
  • 200 g gula pasir
  • 4 butir telur
  • 65 g tepung terigu
  • 50 g cokelat bubuk
  • 25 g susu bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • 20 g susu bubuk
  • 400 g dark chocolate

Bahan isianya :

  • 80 ml susu cair
  • 30 g margarin
  • 125 g dark cooking

Cara membuatnya :

  • Buatlah adonan isiannya terlebih dahulu dengan memanaskan susu cair, dark chocolate, dan butter.
  • Setelah itu, biarkan hingga dingin. Masukkan dalam kulkas.
  • Kocok gula pasir dan telur dengan mixer hingga warnanya putih pucat.
  • Tambahkan susu bubuk, tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder.
  • Kocok lagi secara perlahan-lahan.
  • Siapkan juga sebuah cetakan muffin dan olesi dengan margarin.
  • Masukkan adonan di dalamnya dan tuang satu sendok adonan isi.
  • Tumpuk kembali dengan adonan luarnya.
  • Oven dalam suhu 180 derajat dalam sebuah oven selama 20 menit saja.

4. Macaroons

resep macaroons
pinterest.com/evaledneva

Camilan khas Perancis yang memiliki warna cerah ceria dan disukai oleh anak-anak ini, mungkin cocok untuk ide awal bisnismu. Kamu juga bisa membuatnya menjadi semenarik mungkin dan lucu saat difoto-foto. 

Bahan yang diperlukan:

  • 3 putih telur
  • 120g tepung terigu sebagai pengganti almond meal
  • 200g gula bubuk sebagai pengganti gula icing dengan tekstur gula super lembut
  • 2sdm gula kastor yang sudah ada di toko bahan pembuat roti dengan merek buatan Indonesia
  • Pewarna makanan, pilih warna cerah

Bahan untuk ganache (isian macaroons):

  • 100g cokelat putih yang sudah dipotong-potong
  • 2sdm krim kental
  • ½ sdt vanila bubuk

Cara membuat ganache:

  • Panaskan cokelat putih hingga leleh dan tambahkan krim kental dengan api kecil. Aduk hingga tercampur.
  • Lalu tunggu hingga dingin, sambil membuat macaroons.

Cara membuat macaroons:

  • Kocok putih telur dengan mixer, jika sudah terlihat lembut tambahkan gula kastor dan kocok terus hingga adonan berwarna putih.
  • Tambahkan gula icing dan tepung terigu dengan spatula, lalu bagi adonan kedalam tiga wadah.
  • Berilah pewarna ke dalam 3 wadah, hijau,kuning,dan biru. Jika sudah, masukkan kedalam plastik dan semprotkan diatas loyang berbentuk lingkaran.
  • Pangang dalam oven dengan suhu 150derajat celsius selama 20menit saja.
  • Jika sudah matang dan dingin, oleskan ganache. Kemudian tutup dengan macaroons.
  • Macaroons sudah siap, kalau kamu ingin memberi topping kental manis juga bisa atau meses.

Dari keempat resep makanan manis di atas, mana nih yang menurutmu menarik untuk kamu coba bikin?

0 Comment