4 Kereta api di Indonesia yang Canggih Serasa di Jepang

03 August 2018, pada 07:47
0
0
4 Kereta api di Indonesia yang Canggih Serasa di Jepang

Dunia transportasi kereta api yang ada di Indonesia terus berkembang dan berbenah untuk menjadi yang terbaik di setiap tahunnya. Hal itu terbukti dari pencapaian PT Industri Kereta Api Indonesia (Persero) yang menjadi perusahaan kereta terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, PT INKA mengakui bahwa lokomotif yang dibuatnya menjadi yang pertama dengan sistem paling berbeda di seluruh dunia.

Masyarakat Indonesia harus berbangga dengan hal itu, apalagi di zaman sekarang kenyaman dan keamanan dalam menggunakan kereta api semakin meningkat. Terlihat juga beberapa kereta api lintas kota yang ada di Indonesia kini bisa kamu nikmati juga. Semakin canggih dan kualitasnya nggak kalah dari Jepang, kamu harus mencoba naik salah satunya nih:

LRT Palembang

instagram.com/i_hairida

Light Rail Transit yang ada di Palembang menjadi kereta ringan pertama kali yang dimiliki oleh negeri kita tercinta ini. Kereta api modern yang menjadi moda transportasi utama untuk angkutan khusus Asian pengunjung Games 2018. LRT Palembang memiliki kecepatan maksimal hanya 85kilometer/jam. Rel yang sudah dibangun membentang dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II hingga Kawasan Ogan Permata Indanh yang melintas di atas sungai Musi. Harga per tiketnya antara 5ribu hingga 10ribu saja. Cukup murah kan? Bisa jadi transportasimu selama menonton pertandingan Asian Games nih.

MRT Jakarta

Jakartabytrain.com

MRT atau Mass Rapid Transit (MRT) sudah harus beroperasi pada Maret 2019. Kereta ini akan memiliki rute sepanjang 15,7km dan melewati 13 stasiun. Prediksinya, MRT mampu menampung sekitar 170.000 penumpang setiap harinya. Dengan jumlah yang sebanyak itu, diharapkan akan mampu mengurai kemacetan jalanan ibu kota. Pada Agustus ini direncanakan sudah menjangkau Bundaran HI dari stasiun Lebak Bulus. Rencananya, tarif kereta api akan dipatok sebesar 3ribu rupiah hingga 12ribu rupiah. Cukup murah dan efisien untuk kelas pekerja di ibu kota.

Sky Train Bandara Soetta

Kompas.com&detik.com

Kereta bandara ini sudah soft launching sejak akhir tahun yang lalu, itu artinya siap untuk digunakan masyarakat. Rute pejalanan sky train ini dimulai dari stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batu Ceper – finish Bandara Soetta. Untuk pemberangkatan setiap harinya bisa mengangkut 33ribu penumpang dalam beberapa kali pemberangkatan. Untuk harga tiketnya dipatok sebesar 70ribu rupiah per orangnya. Jadi kamu nggak perlu olahraga jantung lagi takut ketinggalan pesawat karena terjebak macet di tengah jalan.

Railink, Kereta Kuala Namu

instagram.com/furry.siradj&kabarpenumpang.com

Railink Bandara ini menghubungkan dua stasiun yaitu dari Medan ke Kuala Namu. Waktu perjalanannya hanya membutuhkan waktu 45 menit saja. Kereta ini sama seperti kereta yang ada di negara maju, penumpangnya dapat menikmati wifi, audio visual, dan reclining seat. Dalam sekali perjalanannya bisa menampung hingga 308 penumpang. Ada sekitar 20 kali perjalanan dalam setiap harinya, jadi tinggal dicocokkan saja jamnya sesuai dengan jadwalmu. Harga tiketnya juga terjangkau hanya 100ribu rupiah, sudah sampai ke Bandara Kuala Namu tanpa hambatan.

Jadi, masih meragukan soal kehebatan kereta api di Indonesia? Wah salah besar nih kamu. Sekarang kita sudah memiliki banyak kereta api super canggih yang siap mempermudah perjalananmu. Nggak kalah juga sama yang di negeri sebelah deh. Yuk bangga jadi warga negara Indonesia!

0 Komentar