4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggosok Gigi

17 June 2018, pada 13:32
1
0
4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggosok Gigi

Sebagian orang sudah rajin menggosok gigi, namun masih mengeluhkan masalah kesehatan gigi yang kerap muncul. Hal ini bisa jadi karena kamu tidak menggosok gigi dengan benar. Agar tidak salah lagi, yuk, simak kesalahan dalam menggosok gigi yang mungkin selama ini kamu lakukan.

 

1. Menggosok gigi hanya beberapa detik

 

iprice.co.id

Menggosok gigi hanya dalam waktu beberapa detik justru akan membahayakan gigi indahmu. Menggosok gigi dalam waktu singkat akan membuat gigi lebih cepat keropos. Untuk memastikan gigimu benar-benar bersih dan terhindar dari sisa makanan, kamu harus menggosok gigi minimal selama 1 menit 30 detik. Gunakan stopwatch untuk memastikan kamu menggosok gigi sesuai dengan waktu yang disarankan. Jika menyiapkan stopwatch terlalu merepotkan, kamu bisa menggunakan sikat gigi elektrik yang dilengkapi dengan fungsi pengaturan waktu.

 

2. Menggosok gigi dengan kasar dan cepat

 

hellosehat.com

Beberapa orang merasa bahwa menggosok gigi perlu dilakukan kuat-kuat. Sebenarnya, menggosok gigi dengan gerakan kasar dan cepat untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di antara gigi adalah cara yang salah. Hal itu justru akan membuat jaringan gusi mengalami stres berat dan menyebabkan merosotnya gigi karena jaringan gusi yang mulai longgar. Jika kebiasaan menyikat gigi seperti ini sering dilakukan, gigi akan rentan berlubang.

 

3. Menyikat gigi langsung setelah makan

 

twitter.com/healthkicksshow

Beberapa orang merasa semakin cepat menggosok gigi setelah makan semakin baik. Sebaiknya tunggu lebih dari 30 menit setelah makan atau minum, jika ingin menggosok gigi. Saat makan, gigi dan gusi telah bekerja keras untuk menghancurkan makanan kamu, menggosok gigi segera setelah makan akan memberikan stres berlebih pada gusi dan gigi. Terlebih jika kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam sitrat, seperti es jeruk. Selain itu menggosok gigi setelah makan akan meningkatkan perkembangbiakan bakteri jahat pada gusi dan gigi.

 

4. Berkumur dengan cairan pembersih mulut setelah gosok gigi 

 

seruni.id

Berkumur dengan cairan pembersih mulut segera setelah menggosok gigi justru akan membahayakan gigimu. Pasalnya hal ini akan menghilangkan kandungan baik pada pasta gigi yang berfungsi menjaga gigi tetap kuat. Hal ini juga yang akan membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Sekarang sudah tahu kan apa saja yang membuat gigimu tetap bermasalah meskipun sudah rajin menggosok gigi. Yuk, perhatikan kembali kebiasaanmu menggosok gigi untuk menjaga gigi tetap sehat dan terlihat bagus.

0 Komentar