Qupas Family

4 Makna Idul Fitri yang Perlu Diajarkan Pada Buah Hati, Apa Saja Ya?

18 May 2020, at 06:01
1
4 Makna Idul Fitri yang Perlu Diajarkan Pada Buah Hati, Apa Saja Ya?

Nggak terasa, bulan suci Ramadhan akan berkahir beberapa hari lagi. Itu berarti, hari raya umat Islam yaitu Idul Fitri sudah ada di depan mata.

Setelah buat hati belajar berpuasa, kini saatnya orang tua untuk mengenalkan makna lebaran pada anak. Apa saja ya yang harus dijelaskan?

1. Tradisi Baju Baru

Idul Fitri 2020 (Foto: lifepal.co.id)
lifepal.co.id

Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia memang identik dengan baju baru. Hal tersebut bisa membuat anak mengalami salah persepsi dan menganggap bahwa membeli baju merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menyambut lebaran.

Agar hal tersebut nggak terjadi, orang tua bisa memberikan contoh seperti mengenakan baju yang pantas dan bersih saat lebaran, namun nggak harus baru. Secara nggak langsung, hal tersebut akan membuat si kecil terbiasa dan nggak merasa malu apabila nggak memakai baju baru.

2. Tradisi Salam Tempel

​​​​​​​Makna Lebaran (Foto: uprint.id)
uprint.id

Sama seperti baju baru, “salam tempel” atau angpao juga sepertinya sudah menjadi tradisi saat lebaran. Biasanya, anak-anak merasa senang saat lebaran datang karena akan mendapatkan banyak uang jajan dari saudara-saudaranya yang lebih tua.

Fenomena tersebut kemungkinan akan membuat buah hati salah paham terhadap makna dari tradisi tersebut. Maka dari itu, oang tua perlu memberikan pengertian bahwa hal itu dimaksudkan untuk berbagi rezeki dengan orang lain.

Kalau bisa, ajaklah si kecil untuk berbagi rezeki kepada orang-orang yang lebih membutuhkan agar ia bisa memaknai lebaran sebagai momen berbagi kebahagiaan.

Baca juga: 5 Cara Membiasakan Anak Puasa Sejak Dini

3. Tradisi Makan Ketupat

Makna Idul Fitri (Foto: arrisalah.net)
arrisalah.net

Selain dua hal di atas, ada baiknya apabila orang tua juga mengajarkan anak untuk berbagi makanan ke tetangga berupa ketupat setiap lebaran.

Bukan sekadar makanan khas Idul Fitri, ajak si kecil untuk mengenal ketupat sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang telah diterima setiap harinya.

4. Tradisi Mudik

Mengajarkan Makna Lebaran pada Anak (Foto: rawpixel.com)
rawpixel.com

Untuk sebagian besar orang, mudik ke kampung halaman merupakan hal yang wajib dilakukan saat lebaran. Bukan sekedar pulang, hal tersebut dilakukan demi menyambung silaturahmi antar keluarga.

Meskipun tahun ini nggak bisa mudik karena virus corona, akan tetapi ada baiknya apabila orang tua tetap mengajarkan makna tradisi lebaran yang satu ini kepada buah hati.

Well, makna lebaran yang mana saja nih yang sudah kamu ajarkan pada si kecil?