4 Masalah yang Timbul di Wajah Akibat Kebiasaan Main Smartphone Sebelum Tidur

13 August 2018, at 17:19
0
0
4 Masalah yang Timbul di Wajah Akibat Kebiasaan Main Smartphone Sebelum Tidur

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang dianggap sepele bisa membuat penampilanmu kurang enak dipandang. Beberapa kebiasaan yang mungkin kamu lakukan tanpa disadari, seperti mengucek mata terlalu keras, kurang minum air putih, konsumsi garam berlebih ternyata bisa menyebabkan mata panda. Bahkan, ada satu lagi kegiatan yang tampak terlihat sepele, tapi ternyata bisa membahayakan kulitmu, yakni bermain handphone (HP) secara berlebihan.

Semua hal yang berlebihan memang ngga baik, termasuk main HP. Apalagi saat menjelang tidur, dimana waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat justru habis untuk browsing atau melakukan hal lain. Perlu kamu ketahui, sinar biru yang salah satunya dapat dihasilkan oleh Smartphone bisa menyebabkan efek kurang baik untuk mata maupun kulitmu.

Sinar biru sebenarnya malah meningkatkan mood, membuat matamu lebih melek hingga menimbulkan kenyamanan. Di sisi lain, sinar biru bisa menurunkan produksi melatonin, yakni hormon yang mengatur tidur. Artinya, jika produksi melatonin ini berkurang, maka terjadilah gangguan tidur alias insomnia hingga mengganggu jam biologismu.

Padahal, hal itu ngga baik untuk kesehatan, termasuk kulitmu. Sinar biru ini pun bisa menghentikan sel kulit saat akan beregenerasi di malam hari. Akibatnya tentu bisa menimbulkan efek merugikan seperti beberapa hal berikut ini.

1. Mata Panda

telegrafi.com

Lingkaran hitam di bawah mata bisa menjadi salah satu tanda bahwa organ penglihatanmu sedang lelah. Kurang tidur tentu menjadi alasan utama kenapa matamu menjadi lelah. Salah satu penyebab beberapa orang menjadi kurang tidur adalah karena mereka terlalu sering memainkan smartphone atau gadget lain yang diketahui menghasilkan sinar biru. Alhasil, terjadilah lingkar hitam di bawah matamu.

2. Kerutan

radio2.si

Efek lain yang disebabkan saat kamu terlalu sering memainkan smartphone adalah terjadi kerutan pada kulit wajahmu. Pandangan yang cukup lama saat menatap layar smartphone akan membuat matamu menjadi lelah. Saat terlalu fokus menatap layar, bisa saja tanpa disadari kamu akan mengernyitkan dahi. Alhasil, kulit di sekitar dahi maupun mata akan mengkerut secara permanen.

3. Bintik-bintik Gelap

beautygrace.com.au

Smartphone bisa menghasilkan sinar biru yang punya panjang gelombang pendek, namun energinya besar. Selain sinar biru, ternyata smarthone bisa menimbulkan bintik-bintik hitam hingga membuat warna kulit jadi ngga merata akibat panas yang dihasilkan.

4. Cell Phone Dermatitis

shutterstock.com

Efek lain yang lebih menakutkan saat kamu terlalu sering memainkan smartphone adalah cell phone dermatitis. Timbulnya ruam di pipi pasca menggunakan ponsel itu bisa menjadi tanda jika kamu tengah mengalami cell phone dermatitis. Terjadinya efek ini adalah akibat dari bahan kimia seperti halnya nikel yang dipindahkan dari smartphone. 

Jadi, pilih hidup sehat atau ngga? Tentu lebih baik memilih hidup sehat, salah satunya ngga terlalu sering main smartphone, ya, sahabat Qupas. Apalagi efek yang ditimbulkan bisa membuat penampilanmu jadi kurang enak dipandang.

0 Comment