4 Minuman Khas Bali yang Nggak Ada di Tempat Lain

26 July 2018, at 16:31
4
0
4 Minuman Khas Bali yang Nggak Ada di Tempat Lain

Bicara mengenai wisata kuliner, setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Biasanya, kuliner khas tersebut yang menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan datang ke tempat tersebut. Sebab, selain ingin mengunjungi destinasi wisata, ada beberapa faktor lain yang membuat wisatawan datang ke sebuah tempat, faktor tersebut mulai dari kesenian, kultur, oleh-oleh, dan kuliner.

Nah, bicara mengenai kuliner khas daerah, tentu saja Bali menjadi salah satu yang paling menarik. Sebab, di Bali ada beberapa jenis kuliner, tepatnya minuman yang tidak ada duanya. Hebatnya lagi, minuman-minuman khas Bali tersebut sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu dan belum punah walau telah tergerus oleh jenis minuman modern.

Penasaran apa saja jenis minuman khas Bali itu? Simak informasinya berikut ini.

 

Es Loloh

 

asia361.com

Dari namanya memang sedikit aneh sih. Tapi jangan salah, di balik namanya yang aneh itu, es loloh adalah salah satu minuman legend di Bali loh. Banyak yang menyebutnya sebagai Loloh Cemcem yang artinya jamu. Dalam tegukan pertama, kamu akan merasakan rasa yang nano-nano, mulai dari pahit, manis, pedas, dan asin yang bercampur jadi satu. Namun jangan khawatir, sebab ada segudang manfaat baik dari minuman ini, salah satunya adalah menstabilkan tekanan darah.

 

Es Daluman

 

Shutterstock.com

Selanjutnya adalah es daluman. Kalau dilihat dari tampilannya, sekilas memang mirip dengan es cincau. Tapi, cincaunya berbeda, yakni diolah dengan gula merah terlebih dahulu. Penyajiannya pun cukup menggoda, dalam satu gelas es daluman, terisi campuran cincau dan santan yang tentunya menggugah selera. Untuk urusan khasiat, es daluman dipercaya bisa melancarkan pencernaan.

 

Es Tambring

 

masak.tv

Kalau jenis es yang satu ini lebih komplit lagi kombinasinya. Dalam segelas es tambring, kamu akan melihat kelapa muda yang dicampur gula jawa, putih telur, serta asam jawa sehingga warnanya jadi sangat cokelat. Walaupun diberi campuran telur, tapi aromanya tidak menyengat karena sudah dicampur beberapa bahan alami. Jadi, kamu nggak akan enek waktu minum es yang satu ini.

 

Es Kuwut

 

orami.co.id

Nah, kalau yang terakhir ini adalah minuman legend yang namanya telah tersohor sampai pelosok negeri. Es kuwut merupakan minuman segar yang menjadi favorit sampai saat ini. Dalam segelas es kuwut, kamu akan menemukan serutan daging kelapa muda, melon, biji selasih, dan perasan jeruk nipis. Pokoknya rasa dari es ini bisa buat hausmu hilang seketika.

Nah, itulah beberapa jenis minuman khas di Bali yang tiada duanya. Kapan mau dicoba?

0 Comment