Qupas Food

4 Olahan Nasi di Rice Cooker yang Gampang Banget Bikinnya, Anak Kosan Wajib Merapat!

26 February 2020, at 02:00
4 Olahan Nasi di Rice Cooker yang Gampang Banget Bikinnya, Anak Kosan Wajib Merapat!

Buat yang sekarang ini sedang menyandang status sebagai anak kosan, wah kamu mesti pintar-pintar membagi waktu dan uangmu nih.

Biar lebih hemat dan nggak buang waktu, kamu bisa mencoba membuat olahan nasi dengan rice cooker. Langsung aja deh, simak caranya berikut ini!

1. Nasi Goreng Rice Cooker

Nasi Goreng Rice Cooker (Foto: instagram.com/jennifeliciaa)
instagram.com/jennifeliciaa

Cara memasak nasi goreng berikut ini nggak butuh banyak waktu. Apalagi kamu nggak perlu pakai kompor.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 piring nasi putih
  • 1 buah wortel yang sudah dipotong dadu
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 mangkuk jagung manis yang sudah dipipil
  • Daun bawang secukupnya
  • Mentega untuk menumis

Cara membuat nasi goreng rice cooker:

  • Masukkan bawang merah dan bawang putih geprek. Lalu tambahkan wortel, jagung, cabai, dan daun bawang.
  • Tunggu beberapa saat, masukkan nasi putih. Tambahkan mentega.
  • Aduk-aduk hingga bumbu meresap ke dalam nasi. Angkat dan sajikan.

2. Nasi Liwet Rice Cooker

Nasi Liwet Rice Cooker (Foto: instagram.com/fridajoincoffee)
instagram.com/fridajoincoffee

Nasi liwet khas Sunda bisa kamu masak untuk bekal makanan menuju ke kampus atau kantor. Cara membuatnya pun bisa menggunakan rice cooke lho.

Bahan yang diperlukan:

  • 500 gram beras putih
  • 1 lenjer petai
  • 1 genggam teri
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 batang serai geprek
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun salam

Bumbu halus:

  • 6 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 7 cabai rawit merah

Cara membuat nasi liwet rice cooker:

  • Goreng terlebih dahulu petai dan teri hingga kering.
  • Kalau sudah, tunggu hingga dingin. Kemudian tumis semua bumbu halus hingga matang.
  • Cuci bersih beras dan masukkan dalam panci rice cooker.
  • Tambahkan juga tumisan bumbu, serai geprek, daun salam, dan daun pandan agar lebih sedap.
  • Masak selama 30 menit saja.
  • Kemudian masukkan teri dan petai goreng lalu aduk hingga tercampur.
  • Ambil dan taruh di sebuah piring, lalu diamkan hingga mendidih.

Baca juga: 4 Resep Nasi Goreng Sederhana, Pasti Jadi dan Lezat

3. Nasi Kuning Rice Cooker

Nasi Kuning Rice Cooker (Foto: instagram.com/lina_wijayaa)
instagram.com/lina_wijayaa

Siapa sih yang nggak suka dengan nasi kuning dengan lauk pauk yang beragam itu? Pasti semua orang suka ya. Biasanya nasi kuning disajikan sebagai menu sarapan di pagi hari yang mengenyangkan.

Bahan yang diperlukan:

  • 150 gram beras
  • 80 ml santan instan
  • 1 ruas kunyit
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 2 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 gelas air mineral

Cara membuat nasi kuning rice cooker:

  • Cuci terlebih dahulu beras hingga bersih, kemudian masukkan ke dalam rice cooker.
  • Lalu masukkan juga daun salam dan serai.
  • Haluskan dengan blender bawang merah dan bawang putih. Kemudian masukan juga kunyit dan saring.
  • Masukkan bumbu halus ke dalam beras.
  • Tambahkan santan secukupnya, kemudian tunggu hingga matang.

4. Nasi Ayam Hainan Rice Cooker

Nasi Ayam Hainan Rice Cooker (Foto: instagram.com/jktfoodventure)
instagram.com/jktfoodventure

Menjadi menu masakan khas Singapura, sajian nasi dengan ayam ini bisa kamu sajikan sebagai menu makan siang maupun malam.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ekor ayam
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3 ruas jari jahe
  • 1 tangkai daun bawang
  • 1 mangkuk nasi putih
  • Air mineral secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Bahan untuk membuat saus jahe:

  • 4 buah jahe
  • 150 cc kaldu ayam
  • 1 sdt minyak goreng
  • ½ sdm kecap ikan

Cara membuat nasi hainan rice cooker:

  • Tuang minyak wijen dan jahe ke dalam rice cooker. Kemudian tambahkan suwiran ayam ke dalamnya.
  • Siapkan daun bawang, gula, dan garam. Tumis hingga aromanya tercium harum.
  • Setelah tumisan bumbunya selesai, tambahkan nasi putih dan aduk-aduk hingga bumbu meresap. 
  • Angkat dan tuang ke dalam mangkuk. 
  • Untuk membuat saus jahe, tumis jahe dan campurkan dengan kaldu ayam.
  • Tumis sebentar dan masukkan kecap ikan.
  • Angkat saus dan tuang ke dalam mangkuk. 
  • Tuang mangkuk yang berisikan saus jahe ke dalam nasi ayam hainan. 
  • Sajikan bersama taburan bawang goreng. 

Gimana, caranya mudah banget bukan? Kamu pengen banget bikin olahan nasi di rice cooker yang mana nih?