4 Penyebab Balita Mogok Makan yang Perlu Orang Tua Ketahui, Apa Saja Ya?

08 September 2019, at 17:00
0
0
4 Penyebab Balita Mogok Makan yang Perlu Orang Tua Ketahui, Apa Saja Ya?

Pernahkan kamu mengalami kesulitan saat meminta anak untuk makan? Beberapa kali mungkin buah hati menolak makanan apapun yang kamu berikan.

Pada usia satu atau dua tahun, gerakan mogok makan memang wajar dilakukan oleh si kecil. Pasalnya, ia sedang asyik menikmati perkembangan dan mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

Banyaknya hal yang menarik mungkin membuat buah hati lebih suka bermain daripada makan. Selain itu, empat hal di bawah ini juga bisa menjadi penyebab anak mogok makan lho!

1. Sakit

sakit tenggorokan
mynewsdesk.com

Apabila si kecil tiba-tiba melakukan mogok makan padahal biasanya sangat menyukai kegiatan tersebut, cobalah untuk memastikan apakah kondisi kesehatannya baik-baik saja.

Pasalnya, sakit bisa juga menjadi salah satu penyebab anak sulit makan. Kondisi tenggorokan yang sedang radang, perut kembung, dan lain sebagainya bisa saja membuat si kecil kehilangan napsu makannya.

2. Bosan dengan Menu

bosan
marhoc.com

Selain sakit, buah hati bisa saja melancarkan aksi mogok makan karena bosan dengan menu yang itu-itu saja. Meskipun ia sangat menyukai makanan tertentu, akan tetapi ada baiknya jika kamu nggak menyajikannya terlalu sering.

Saat menjadi orang tua, kamu memang dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam segala hal termasuk menyiapkan menu makanan anak.

Baca Juga: Nggak Nyangka, 8 Hal Ini Sudah Bisa dilakukan Balita di bawah Usia 3 Tahun

3. Cara Makan yang Nggak Tepat

anak makan
dailymail.co.uk

Jika nggak ada yang salah dengan menu makanan dan kesehatan si kecil, lalu apalagi yang bisa menjadi penyebab balita mogok makan?

Ternyata cara makan yang nggak tepat bisa saja memengaruhi hal tersebut lho. Coba perhatikan apakah kebiasaan makan buah hati sudah benar, misalnya dalam hal mengunyah makanan. Kesalahan seperti itu bisa membuat balita sering tersedak dan membuatnya enggak mau makan.

4. Menu Baru yang Nggak Familier

mogok makan
hellosehat.com

Kebalikan dari menu makanan yang itu-itu saja, menyajikan sesuatu yang baru dan belum dikenal oleh balita juga bisa membuatnya tutup mulut lho.

Buah hati yang masih kecil mungkin menganggap beberapa makanan terlihat aneh sehingga nggak mau memakannya. Untuk itu, kamu bisa mencoba memberikan contoh kepadanya dengan riang gembira agar si kecil mau mencoba.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak mogok makan yang harus orang tua ketahui.

0 Comment