Qupas Travel

4 Pulau Privat Populer di Kepulauan Seribu, Pilihan Wisata Jakarta untuk yang Ingin Menyendiri

20 February 2020, at 04:00
4 Pulau Privat Populer di Kepulauan Seribu, Pilihan Wisata Jakarta untuk yang Ingin Menyendiri

Kepulauan Seribu yang merupakan bagian dari Jakarta memang bikin betah. Seperti di rumah sendiri, inilah konsep yang mungkin ingin diusung para pengelola untuk membuat wisatawan semakin tertarik berkunjung.

Sehingga, kebanyakan penginapan di Kepulauan Seribu didesain dengan menghadap ke pantai supaya tamu bisa menikmati suasana layaknya tinggal di rumah sendiri. Kesan privat pun juga akan lebih terasa.

Seperti ketika kamu berkunjung ke pulau-pulau privat paling populer di Kepulauan Seribu berikut ini. Bikin malas pulang deh!

1. Pulau Sepa

Pulau Sepa Jakarta (Foto: instagram.com/ikbalalex)
instagram.com/ikbalalex

Tempat wisata di Jakarta ini cocok buat yang ingin menyendiri. Dikelola secara privat, pengunjung bisa menikmati panorama laut dan fasilitas penginapan yang nyaman.

Bibir pantai di pulau ini cenderung landai. Hamparan pasir putih yang luas pun siap memanjakan matamu.

Berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pulau dengan luas sekitar 7 hektar ini. Misalnya seperti snorkeling dan diving, mengingat keindahan bawah lautnya yang menawan.

Pulau Sepa Kepulauan Seribu (Foto: instagram.com/y_pg1203)
instagram.com/y_pg1203

Sementara untuk penginapan, tersedia sekitar 38 cottage dengan beberapa tipe. Seperti bungalow dengan arsitektur bergaya 'rumah kampung'. Setiap akomodasi, dilengkapi pula dengan fasilitas seperti TV, AC, dan kamar mandi.

Restoran dengan desain terbuka juga ada di Pulau Sepa. Karena bahan utamanya terbuat dari kayu dan bambu, nuansa di tempat makan ini serasa menyatu dengan alam.

2. Pulau Putri

Pulau Putri Kepulauan Seribu (Foto: instagram.com/velencia.lim)
instagram.com/velencia.lim

Pulau privat populer di Kepulauan Seribu selanjutnya adalah Pulau Putri. Bisa dibilang, destinasi di Jakarta ini merupakan pelopor wisata resort di Pulau Seribu. Mengingat resort di wilayah ini dibangun sejak tahun 1973.

Wisata Jakarta seluas 8 hektar ini bukan hanya dikenal wisatawan lokal. Turis mancanegara pun cukup antusias untuk menikmati pemandangan di Pulau Putri.

Pulau Putri Jakarta (Foto: instagram.com/rosalindayahya)
instagram.com/rosalindayahya

Pulau yang bisa ditempuh selama 90 menit menggunakan speed boat dari Marina Ancol ini menyediakan sekitar 74 cottage mewah. Akomodasi tersebut dibangun dengan konsep alami yang didominasi dengan kayu.

Selain penginapan, banyak spot wisata di Pulau Putri. Contohnya seperti tunnel aquarium, yaitu bangunan terowongan dari kaca. Dimana ketika memasukinya, kamu bisa melihat terumbu karang, ikan, serta biota laut lainnya di perairan pulau ini.

Tersedia pula fasilitas sunset trip dengan transportasi menyerupai kapal pesiar yang diberangkatkan setiap pukul 17.00 WIB. Selama satu jam, kamu akan dibawa berkeliling untuk menikmati matahari tenggelam.

Baca juga: 7 Ide Tempat Liburan Murah di Sekitar Jakarta, Anti Ribet dan Nggak Bikin Kantong Jebol

3. Pulau Macan

Pulau Macan Kepulauan Seribu (Foto: instagram.com/farahanastasia)
instagram.com/farahanastasia

Nggak kalah dari pulau privat Kepulauan Seribu lain, Pulau Macan juga menawan. Bedanya, wisata di Jakarta ini memiliki konsep eco resort atau eco village.

Sesuai dengan konsepnya, Pulau Macan Kepulauan Seribu menawarkan beberapa tema fasilitas akomodasi yang berbeda. Sejumlah tipe cottage pun bisa dipilih. Mau yang nuansa pedesaan, alami, hingga camping bisa kamu pilih.

Pulau Macan Jakarta (Foto: instagram.com/vinnawijayaa)
instagram.com/vinnawijayaa

Bukan cuma cottage unik saja. Pengunjung yang mampir ke wisata pulau ini juga bakal dimanjakan dengan sejumlah fasilitas, seperti canoe, snorkeling, diving, hingga wind surfing.

Fyi, Pulau Macan terdiri dari dua bagian, yaitu Pulau Macan Besar, dimana eco resort berada. Sedangkan lainnya adalah Pulau Macan Kecil atau dikenal dengan nama Pulau Macan Gundul.

Tapi, Pulau Macan Kecil hanya akan terlihat saat air laut sedang surut. Kamu pun bisa menjangkau spot ini dengan jalan kaki dari Pulau Macan Besar saja. Seru, kan?

4. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari Kepulauan Seribu (Foto: instagram.com/andhiani)
instagram.com/andhiani

Seperti namanya, Pulau Bidadari memang cantik. Terletak sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit dari Marina Ancol, membuat destinasi ini bisa dibilang paling dekat dari Jakarta.

Itulah kenapa, saat berada di Pulau Bidadari, kamu bisa melihat keindahan gedung-gedung tinggi di Jakarta di seberang lautan.

Penginapan yang ada di wisata pulau ini berupa rumah panggung. Dimana keberadannya di atas air seperti kampung nelayan. Desain bangunannya seperti rumah adat Minahasa.

Pulau Bidadari Jakarta (Foto: instagram.com/rhirieashley)
instagram.com/rhirieashley

Berbagai fasilitas tersedia di sini. Salah satu yang menjadi unggulannya adalah berenang bersama lumba-lumba.

Selain itu, kamu juga bisa menyusuri bangunan peninggalan zaman Belanda di Pulau Bidadari. Misalnya seperti Benteng Martello, andong, hingga meriam.

Nah, itu dia pulau privat populer di Kepulauan Seribu yang cocok buat para pecinta ketenangan. Sudah pernah mampir di salah satunya belum?