4 Resep Jamur Tiram Kuah untuk Hangatkan Badan Saat Turun Hujan

17 November 2019, at 19:00
0
0
4 Resep Jamur Tiram Kuah untuk Hangatkan Badan Saat Turun Hujan

Di daerah tempat Sobat Qupas tinggal, sudah turun hujan nggak sih? Kalau sudah, wah selamat ya! Pasalnya masih banyak daerah pesisir pantai yang belum ditetesi air hujan.

Nah kebetulan nih, di musim penghujan ini, deretan rekomendasi resep jamur tiram kuah ini bisa dibuat di rumah untuk hangatkan badan. Catat deh bahan dan cara bikinnya!

1. Sop Tahu Putih dan Jamur Tiram

resep sop tahu putih dan jamur tiram
loveandlemons.com

Menu sup tahu putih ini tergolong masakan sederhana. Eits, tapi soal rasa dan kenikmatannya…bikin kamu ingin lagi dan lagi deh!

Bahan yang diperlukan:

  • 10 buah bakso daging sapi
  • 25 gram jamur tiram
  • 1 kotak tahu sutera
  • 1 bungkus bihun jagung
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang daun seledri
  • 1 sdt merica bubuk
  • ½ sdt kaldu bubuk sapi
  • 2 siung bawang putih, geprek
  • 3 butir bawang merah

Cara membuatnya:

  • Rendam bihun jagung dengan air hangat hingga melunak. Angkat dan tiriskan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih.
  • Tuang air dan tambahkan kaldu bubuk sapi, merica, daun bawang, dan daun seledri.
  • Masukkan juga bakso daging sapi dan potongan dadu tahu putih.
  • Tunggu hingga mendidih. Setelah itu, baru masukkan jamur tiram.
  • Kalau sudah mendidih, matikan kompor dan nikmati dengan nasi putih.

2. Sop Kental Jamur Tiram

resep sop kental jamur tiram
pinterest.com/hsitk

Biar tubuhmu menjadi hangat, nggak ada salahnya untuk menikmati cream soup kental yang lezat. Soal bahannya? Nggak perlu khawatir, gampang untuk ditemukan di pasar tradisional kok.

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram dada ayam
  • 250 ml kaldu ayam cair
  • 200 ml susu cair full cream
  • 1 genggam jamur tiram, iris
  • 1 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • 1 sdm tepung maizena  
  • 2 siung bawang putih
  • ½ buah bawang bombay
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk
  • Gula dan garam secukupnya
  • Cara membuatnya:

  • Potong dadu wortel dan kentang. Tiriskan.
  • Tumis bawang putih geprek dan irisan bawang bombay hingga tercium aroma harum.
  • Masukkan potongan dada ayam, wortel, kentang, dan aduk hingga merata.
  • Tuang air kaldu dan aduk kembali hingga sayuran menjadi empuk.
  • Taburi dengan merica bubuk, garam, gula, dan kaldu bubuk.
  • Tuang larutan tepung maizena dan aduk hingga merata.
  • Tambahkan irisan jamur tiram.
  • Di lain panci, rebus susu cair hingga mendidih.
  • Lalu, tuang susu cair ke dalam bahan tumisan tadi.
  • Aduk dan tunggu hingga meletup-letup. Angkat dan sajikan.

Baca juga: Aneka Resep Jamur Tiram dan Jamur Lain, 20 Menit Jadi

3. Tom Yam Jamur Tiram

resep tom yam jamur tiram
kitchenmisadventures.com

Resep jamur tiram kuah selanjutnya bisa kamu racik dengan bumbu khas Thailand. Ngangetin tubuh banget nih!

Bahan yang diperlukan:

  • 2 blok kotak kaldu udang instan
  • 12 udang kupas
  • 6 buah cabai rawit, iris tipis
  • 3 sdt saus ikan
  • 1 batang serai
  • 5 lembar daun jeruk
  • 50 gram jamur tiram
  • ¼ bonggol kembang kol
  • 5 sdm pasta tomyam
  • 10 bakso ikan
  • 1 siung bawang putih geprek

Cara membuatnya:

  • Tumis bawang putih geprek dengan satu sendok minyak goreng. Setelah itu masukkan kulit dan kepala udang.
  • Aduk hingga warnanya berubah, tuangkan air dan masak hingga mendidih.
  • Jika sudah mendidih, kecilkan api dan tiriskan.
  • Masukkan serai, daun jeruk, cabai rawit, saus ikan, dan pasta tomyam. Setelah itu, biarkan hingga mendidih.
  • Campur menjadi satu dengan kaldu udang.
  • Lalu masukkan sisa bahan seperti, bakso, udang, jamur, dan 
  • Tunggu hingga mendidih.

4. Sayur Lodeh Jamur Tiram

resep sayur lodah jamur tiram
Instagram/@ayu_mazdhar

Menu masakan berkuah santan juga enak untuk dinikmati saat hujan turun. Coba deh olahan jamur tiram kuah kental yang lezat ini, dijamin bikin nafsu makanmu bertambah.

Bahan yang diperlukan:

  • 450 gram nangka muda
  • 250 gram kacang panjang
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram jamur tiram
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 cabai rawit
  • 3 cabai merah besar
  • 2 butir kemiri
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuatnya:

  • Rebus nangka muda. Tiriskan.
  • Lalu tumis bumbu halus sampai wangi.
  • Masukkan daun salam dan daun jeruk ke dalam tumisan.
  • Aduk sebentar dan tuangkan santan kental, gula, dan garam.
  • Tunggu hingga mendidih, sambil masukkan kacang panjang dan nangka muda yang sudah direbus.
  • Setelah mendidih, tambahkan jamur tiram yang sudah dicuci bersih. Tunggu beberapa saat saja.
  • Hidangkan dengan potongan ketupat.

Well, dari keempat menu masakan berbahan jamur di atas, mana yang ingin kamu masak di hari ini?

0 Comment