4 Resep Masakan Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Melongo

21 November 2019, at 12:30
0
0
4 Resep Masakan Khas Purwokerto yang Rasanya Bikin Melongo

Salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki julukan kota keripik ini memang menawarkan banyak oleh-oleh khas keripik  yang renyah dan nggak boleh dilewatkan.

Bukan hanya itu saja, tapi  Purwokerto juga punya menu makanan berat nan mengenyangkan di perut.

Nah buat kamu yang berada di luar Purwokerto, nggak ada salahnya untuk membuat resep masakan khas Kota Transit ini di rumah. Tenang deh, soal rasa 11-12 kok!

1. Soto Sokaraja

resep soto sokaraja
instagram.com/rajasotolamapurwokerto

Kelezatan pada semangkuk soto memang menggiurkan, nggak salah kalau banyak daerah di Indonesia yang memiliki racikan bumbu soto yang berbeda-beda. Kalau di Purwokerto sendiri namanya soto sokaraja.

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram daging sengkel
  • 1 L air
  • 1 batang serai
  • 1 ruas lengkuas
  • ½ blok kaldu sapi
  • Kecap manis secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 7 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1 ruas kunyit bakar
  • 1 ruas jahe
  • ½ sdt merica bubuk

Bahan pelengkap:

  • 200 gram soun
  • 1 genggam taoge
  • 1 batang seledri, iris
  • 1 gram kerupuk warna warni, remukkan
  • Bawang merah goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  • Rebus daging sapi hingga matang. Lalu potong kotak-kotak.
  • Panaskan minyak dan tumis ulekkan semua bumbu halus. Tambahkan lengkuas dan serai. Tunggu hingga aroma tumisan tercium harum.
  • Masukkan kecap manis, gula, garam, dan satu blok kaldu sapi. Tumis hingga harum. Sambil tambahkan air secukupnya.
  • Matikan kompor, angkat kuah kaldu sapi dan siram dalam mangkuk berisikan semua bahan pelengkap.
  • Nikmati deh!

2. Getuk Goreng

resep getuk goreng
instagram.com/desytariyem

Getuk adalah kue basah yang biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Nah di Purwokerto sendiri, getuk disajikan dengan cara digoreng. Seperti apa sih cara pembuatannya?

Bahan yang diperlukan:

  • 500 gram singkong, kupas
  • 150 gram gula merah, sisir
  • 50 ml santan cair
  • 1 sdt vanili
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan pencelup:

  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung maizena
  • 100 ml air

Cara membuatnya:

  • Kukus singkong yang sudah dikupas hingga matang. Angkat dan ulek selagi masih hangat.
  • Masukkan ke dalam wadah dan campurkan adonan singkong dengan gula merah, vanili, dan garam.
  • Tuang secara perlahan-lahan santan dan diamkan selama beberapa menit.
  • Kemudian campurkan adonan dengan semua bahan pencelup. Aduk-aduk hingga merata dan ambil sedikit adonan. Lalu bentuk bulat.
  • Goreng dalam minyak panas dan angkat kalau adonan berubah warna.
  • Sajikan dan nikmati selagi masih hangat!  

Baca juga: 8 Kuliner Tulungagung dengan Menu yang Bikin Ketagihan

3. Tegean

resep tegean sayur bayam
resepkoki.id

Masakan khas Purwokerto ini juga biasanya dikenal dengan nama sayur bayam. Resep masakan enak ini bisa dicoba untuk para pemula.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ikat bayam
  • 1 buah jagung manis
  • 1/4 ikat daun kemangi
  • 1 ruas kunci, geprek
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, geprek dan cincang
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih bayam dan daun kemangi. Letakkan di wadah terpisah, lalu sisihkan.
  • Potong jagung manis menjadi 2 bagian, sisihkan.
  • Didihkan air. Kemudian masukkan jagung manis dan bawang merah, bawang putih, dan kunci. Masak sampai air mendidih lagi.
  • Masukkan bayam, lalu tambahkan gula. Tunggu sekitar 2 menitan.
  • Masukkan daun kemangi. Tambahkan garam. Koreksi rasanya.
  • Matikan kompor dan sayur bayam siap dinikmati.

4. Buntil

resep buntil daun pepaya
miburungdara.com

Masakan tradisional yang gampang banget untuk dimasak di rumah nih, bahannya sederhana juga lho!

Bahan yang diperlukan:

  • 250 ml santan cair
  • 1 genggam ikan teri
  • 5 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas kencur
  • ½ sdt terasi udang
  • Daun pepaya secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Bumbu kuah:

  • 250 ml santan cair
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cabai merah
  • 2 butir kemiri
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuatnya:

  • Haluskan bawang putih, terasi, kencur, cabai merah, gula dan garam.
  • Kemudian campurkan bumbu halus dengan kepala parut. Gongso di sebuah panci dengan api kompor sedang.
  • Setelah itu, tambahkan petai dan teri. Siapkan daun pepaya rebus dan beri isian secukupnya. Gulung dan ikat dengan tali.
  • Kemudian kukus selama 45 menit.
  • Untuk membuat kuah buntil, ulek semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, gula, dan garam. Kemudian tuang santan cair sedikit demi sedikit.
  • Masukkan buntil yang sudah dikukus ke dalam masakan. Tunggu beberapa saat dan nikmati!

Nah, itu lah empat resep masakan khas Purwokerto yang enak dan rasanya tiada duanya deh. Kamu pun bisa memasaknya di rumah dengan gampang!

0 Comment