4 Resep Masakan Rumahan Buat Pemula, Gampang dan Irit Bahan!

25 August 2019, at 09:00
0
0
4 Resep Masakan Rumahan Buat Pemula, Gampang dan Irit Bahan!

Buat para perantau, kadang ada rasa dilema karena urusan perut. Satu sisi pengen makan enak, tapi sayang kantong lagi nggak bersahabat.

Dari permasalahan tersebut, solusinya ya cuma ngirit uang jajan dengan cara masak sendiri di kos. Tapi gimana dong buat para pemula yang belum 'kenal' sama dapur?

Tenang aja, soalnya ada beberapa resep masakan rumahan yang praktis dan pemula pasti bisa. Rasanya? Dijamin nggak beda tipis sama masakan 'emak' di rumah.

1. Sayur Bayam Jagung

sayur bayam jagung
instagram.com/susiasih

Masakan yang kadang dikenal dengan nama sayur bening ini gampang bikinnya lho. Nggak pakai bahan yang terlalu banyak dan pastinya bisa dicoba para pemula. Catat bahan-bahannya!

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ikat bayam
  • 1 buah jagung manis
  • 1/4 ikat daun kemangi
  • 1 ruas kunci, geprek
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, geprek dan cincang
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuatnya:

  • Siangi bayam dan daun kemangi. Letakkan di tempat terpisah, lalu sisihkan.
  • Potong jagung manis menjadi 3 bagian, sisihkan.
  • Didihkan air. Kemudian masukkan jagung manis dan bawang merah, bawang putih, dan kunci. Masak sampai air mendidih lagi.
  • Masukkan bayam, lalu tambahkan gula. Tunggu sekitar 2 menitan.
  • Masukkan daun kemangi. Tambahkan garam. Koreksi rasanya.
  • Matikan kompor dan sayur bayam siap dinikmati.

2. Terong Balado Teri

terong balado
instagram.com/ninglaili

Resep masakan rumahan satu ini cocok dinikmati bareng sayur bayam. Sekarang, para pemula nggak perlu lagi beli di warteg.

Bahan yang diperlukan:

  • 2 buah terong ungu, iris serong agak tebal
  • 25 gram teri medan
  • Minyak goreng
  • 6 Bawang merah, iris tipis

Bumbu halus:

  • 11 cabai rawit (bisa nambah kalau suka pedas)
  • 4 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • 1 sdt terasi sangrai
  • 2 buah kemiri yang sudah digoreng sebelumnya

Cara membuatnya:

  • Goreng terong setengah matang, tiriskan.
  • Goreng teri medan dengan api kecil sampai kering, lalu tiriskan.
  • Panaskan sedikit minyak. Kemudian masukkan bawang merah. Tumis sampai agak layu dan harum.
  • Masukkan bumbu halus, aduk sampai rata. Tambahkan air sedikit, tunggu sampai mendidih.
  • Masukkan terong. Kemudian tunggu sampai air agak menyusut.
  • Tambahakn teri medan, aduk rata.
  • Matikan kompor, dan terong balado siap disajikan.

Baca juga: 5 Resep Masakan Rumahan untuk Bekal Merantau Biar Hidupmu Irit!

3. Perkedel Kentang Kriuk

perkedel kentang
instagram.com/rfin13

Kalau biasanya adonan kentang buat perkedel cuma dilumuri telur, sekarang kamu bisa menambahkannya dengan tepung roti biar tambah kriuk. Cara bikinnya gampang kok.

Bahan yang diperlukan: 

  • 1/2 kg kentang, kupas, potong menjadi 5 bagian per kentang, cuci bersih, lalu rendam air bersih biar nggak menghitam
  • Tepung roti secukupnya, tuang ke wadah khusus
  • 1 buah telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih ukuran sedang
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 10 butir merica kasar (bisa diganti merica halus 1/2 bungkus)

Cara membuatnya:

  • Goreng kentang sampai warnanya cokelat keemasan, angkat.
  • Masukkan kentang yang masih panas ke dalam cobek. Ulek bersama bumbu halus. Ulangi sampai kentang habis.
  • Bentuk bulat dan pipihkan atau sesuai selera, tiriskan. Tunggu sampai agak dingin.
  • Kocok lepas telur ayam, beri garam dan merica sedikit. Tiriskan.
  • Setelah adonan kentang dingin, masukkan ke dalam telur kocok.
  • Masukkan ke dalam tepung roti, lalu goreng ke dalam minyak panas dengan keadaan api sedang.
  • Tunggu sampai warnanya cokelat keemasan, lalu angkat. Perkedel kentang kriuk pun siap dinikmati.

4. Capcay Praktis

capcay praktis
instagram.com/susanna_prayoga

Buat para perantau yang kangen masakan 'emak' atau restoran China, kamu bisa lho bikin capcay praktis berikut ini. Nggak perlu 'micin', tapi rasanya tetap 'nendang' kok.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ikat sawi daging, cuci bersih, potong sesuai selera
  • 1 buah wortel ukuran sedang, cuci bersih, potong tipis
  • 1 buah kembang kol, cuci bersih, potong kecil-kecil, rendam air garam
  • Sedikit kubis (opsional), cuci bersih, potong sesuai selera
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 2 sdm saus tiram
  • Air secukupnya
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan ke dalam air
  • Minyak untuk menumis

Cara membuatnya:

  • Ulek bawang putih bersama 1/2 sdt garam, sedikit gula, dan 1 sdt merica.
  • Tumis bawang bombay sampai layu dan sedikit kering.
  • Masukkan ulekan bawang putih. Tumis sampai wangi.
  • Masukkan wortel, tambahkan sedikit air. Tunggu sampai wortel layu.
  • Selanjutnya masukkan kembang kol, tunggu sampai layu. Terakhir tambahkan sawi daging dan kubis.
  • Tambahkan air lagi kalau pengen lebih berkuah.
  • Tambahkan saus tiram, koreksi rasa.
  • Kalau rasanya sudah mantap, terakhir tambahkan larutan tepung maizena.
  • Aduk dan tunggu sampai mengental. Angkat dan sajikan.

Itulah resep masakan rumahan yang bisa dicoba pemula. Menariknya lagi, bahan yang diperlukan juga nggak terlalu banyak. Cocok banget buat yang lagi pengiritan.

0 Comment