4 Resep Masakan Tinta Cumi Spesial Biar Nggak Perlu Beli di Restoran

16 June 2019, at 05:00
0
0
4 Resep Masakan Tinta Cumi Spesial Biar Nggak Perlu Beli di Restoran

Cumi jadi kudapan favorit banyak orang. Terlebih untuk ibu-ibu di rumah, daripada beli mending bikin kreasi sendiri. Kreasi resep cumi mungkin udah banyak yang menguasai. Tapi gimana dengan tinta cumi?

Yap, tinta cumi yang banyak dibuang ternyata juga bisa jadi masakan yang nikmat loh. Resep tinta cumi hitam bisa kamu kombinasikan sesuai selera. 

Langsung aja yuk ikuti resep masakan tinta cumi berikut ini! Nggak perlu beli ke restoran lagi, dan siapa tahu bisa jadi usaha kuliner.

1. Dumpling Tinta Cumi Isi Udang

dumpling tinta cumi isi udang
pickydiners.com

Resep masakan China yang satu ini bisa kamu sajikan secara unik dengan tambahan tinta cumi hitam sebagai pewarna dumpling.

Bahan yang diperlukan :

  • 10 lembar kulit dumpling
  • 500 g dada ayam cincang
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt garam
  • Tinta cumi secukupnya

Cara membuatnya :

  • Rendam terlebih dahulu kulit dumpling dengan tinta cumi hingga warnanya menjadi hitam.
  • Sambil menunggu kulit dumpling menjadi gelap, tumis daging ayam cincang, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam.
  • Aduk-aduk hingga matang. Rebus telur ayam dan iris tipis.
  • Kecilkan api dan tiriskan kulit dumpling dari tinta cumi.
  • Lalu isi dengan tumisan daging ayam, dan telur rebus.
  • Taruh dalam cetakan kue kukus dan tambahkan irisan daun bawang.
  • Kukus selama lima belas menit saja.

2. Nasi Goreng Tinta Cumi

nasi goreng tinta cumi
thinkrice.com

Menu masakan yang satu ini, sudah pasti kekinian banget. Sering kali menjadi salah satu hidangan andalan di sebuah kafe hits. Cara membuatnya ternyata nggak sulit lho!

Bahan yang diperlukan :

  • 1 piring nasi putih sesuai selera
  • 3 sdm tinta cumi
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sdt saus tiram
  • 1 sdt merica
  • ½ bawang boombay cincang
  • 4 buah cabai rawit
  • 2 sdt mentega
  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1 lembar daun salam
  • 1 ruas jahe
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuatnya :

  • Tumis terlebih dahulu bumbu halus seperti, bawang merah dan putih geprek, merica, cabai besar, jahe, dan merica.
  • Lalu masukkan bawang bombay cincang, jahe cincang dan daun salam kemudian aduk merata. Tambahkan mentega agar lebih gurih.
  • Masukkan nasi putih dan tinta cumi. Aduk hingga merata. Masukkan juga telur orak arik.
  • Agar lebih pedas di tengorokan, tambahkan lagi merica.
  • Hidangkan dengan kerupuk bawang agar lebih nikmat.

Baca juga : Aneka Kreasi Masak Udang dengan Bumbu Sederhana, Rasa Restoran Bintang Lima

3. Spaghetti Tinta Cumi

spaghetti tinta cumi
blueapron.com

Menu istimewa asal Italia ini memang banyak penggemarnya. Nggak heran kalau ada banyak inovasi masakan yang memadukan jenis pasta ini dengan aneka macam bahan masakan. Salah satunya diberi tambahan tinta cumi!

Bahan yang diperlukan : 

  • 1 genggam spaghetti
  • 50 ml tinta cumi
  • 4 ekor udang kupas
  • 1 buah terong ungu, iris
  • 4 sdm minyak goreng
  • 1 siung bawang putih
  • ½ bawang bombay
  • ½ sdt bubuk cabai

Cara membuatnya :

  • Rebus spaghetti terlebih dahulu hingga kenyal.
  • Tambahkan satu sendok teh minyak goreng agar spaghetti tidak saling menempel.
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga aromanya tercium harum.
  • Setelah itu, masukkan terong dan udang hingga berubah warna.
  • Tuang tinta cumi hingga warna pasta berubah menjadi hitam.
  • Beri taburan bubuk cabai dan sajikan di atas piring datar.

4. Cumi Bumbu Tinta Hitam

resep cumi bumbu tinta hitam
instagram.com/pojoksimbok

Cobain deh resep tinta cumi hitam yang lezat dan bikin nagih ini. Ada sajian rasa yang mungkin bisa kamu suguhkan saat ada teman berkunjung ke rumah!

Bahan yang diperlukan :

  • 1 kg cumi-cumi
  • 8 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 25 buah cabai rawit
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas

Cara membuatnya :

  • Tumis semua bumbu kecuali cumi-cumi.
  • Kemudian, masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit hingga tercium aroma harum.
  • Masukkan cumi-cumi yang sudah diiris.
  • Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  • Sajikan dengan nasi putih hangat.

Itulah resep makanan dari tinta cumi yang bisa sobat Qupas masak di rumah. Tenang, untuk anak kos juga bisa membuatnya menjadi masakan dengan bahan yang sederhana

0 Comment