4 Tips untuk Mencegah Sariawan bagi Pengguna Kawat Gigi

29 November 2018, pada 09:00
1
0
4 Tips untuk Mencegah Sariawan bagi Pengguna Kawat Gigi

Untuk mendapatkan gigi yang rapi dan sedap dipandang, banyak yang tertarik untuk memasang kawat gigi atau behel. Namun pada awal pemasangan, biasanya akan dihadapkan dengan berbagai penderitaan, salah satunya sariawan.

Sariawan umumnya muncul pada bagian mukosa atau jaringan lunak. Misalnya saja pipi bagian dalam, bibir, mulut, gusi, hingga di bawah lidah.

Meski kondisi ini lazim terjadi, tapi pastinya sangat mengganggu. Nah, untuk mencegah dan mengatasi timbulnya sariawan bagi pengguna kawat gigi, yuk simak tips dari Qupas berikut ini.

1. Berkumur dengan Air Garam

ilustrasi wanita yang sariawan
irishnews.com

Sariawan pasti dialami oleh pengguna kawat gigi karena adanya gesekan antara kawat yang baru saja dipasang dengan dinding mulut. Luka yang ditimbulkan ini bisa ditanggulangi dengan obat kumur antiseptik.

Namun kamu perlu hati-hati, sebab obat kumur banyak yang menyebabkan mukosa mulut semakin kering dan iritasi. Jadi sebaiknya pilihlah yang tidak mengandung alkohol.

ilustrasi berkumur dengan air garam
altoastral.com.br

Atau supaya lebih aman, kamu bisa berkumur dengan air garam. Larutan ini akan melegakan mulut dan menyembuhkan luka akibat kawat gigi secara perlahan.

Biar lebih nyaman, gunakan air hangat. Lakukan secara rutin dan ulangi beberapa kali sehari atau saat terasa nyeri hebat.

2. Konsumsi Makanan yang Lunak

ilustrasi wanita yang mengonsumsi makanan lunak
picdn.net

Selama satu hingga dua minggu setelah pemasangan kawat gigi, rasa sakit akan muncul saat mengunyah makanan. Bahkan gigi akan terasa 'lemah' dan ngilu saat bersentuhan dengan makanan.

Dokter yang menangani biasanya akan menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang super lunak seperti bubur, sup, kentang tumbuk, jus buah, susu, dan makanan dengan tekstur lembut lainnya supaya terhindar dari sakit gigi.

wanita yang memegang apel
dhorthodontics.com

Selain itu, hindari makanan yang keras, lengket, dan asam. Karena selain bisa merusak kawat gigi, kandungan sitrus di dalamnya akan memperparah luka dan memicu rasa sakit yang lebih hebat.

Konsumsi makanan yang lunak ini tentunya akan membuatmu tak perlu banyak mengunyah. Sehingga bisa mengurangi gesekan antara kawat gigi yang baru terpasang dengan dinding mulut, penyebab munculnya sariawan.

Baca juga: Inilah 5 kondisi Mulut yang Menggambarkan Kesehatanmu, Simak Yuk!

3. Menggunakan Lilin



dental wax
alicdn.com

Untuk mencegah luka penyebab sariawan akibat gesekan kawat gigi yang baru terpasang dengan dinding mulut, kamu bisa gunakan lilin dental.

Lilin dental atau ortodontik ini akan melapisi kawat gigi yang terasa tajam supaya tak melukai area mulut.

cara pemasangan dental wax
dolphinimaging.com

Lilin ortodontik bisa dibeli di apotek atau dari dokter yang menangani pemasangan kawat gigi.

Untuk menggunakannya, keluarkan lilin dari kemasan dan potong sesuai dengan kebutuhan. Lalu langsung tempelkan pada kawat gigi atau bracket.

4. Minum Obat

wanita yang meminum obat
rd.com

Bila cara-cara di atas tak cukup untuk mencegah dan mengatasi sariawan, ada beberapa obat pereda nyeri akibat kawat gigi yang bisa dicoba dan dibeli tanpa resep dokter.

Misalnya saja asetaminofen (tylenol). Pastikan untuk mengonsumsi makanan dan perhatikan petunjuk mengenai dosis yang tepat sebelum meminum obat ini.

wanita dengan kawat gigi
supersmilesfl.com

Atau supaya lebih aman, kamu bisa konsultasi ke dokter yang menanganimu. Mintalah obat pereda nyeri atau solusi terbaik untuk mengurangi rasa sakit yang berlebihan.

Nah itulah 4 tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi sariawan bagi pengguna kawat gigi. Namun bila nyeri yang dirasakan sangat parah, jangan ragu untuk langsung mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang semestinya.

0 Komentar