4 Wisata Bahari Banyuwangi Buat Kamu yang Hobi Snorkeling, Keren Semua!

25 October 2019, at 15:00
0
0
4 Wisata Bahari Banyuwangi Buat Kamu yang Hobi Snorkeling, Keren Semua!

Keindahan pantai di Banyuwangi sudah menjadi rahasia umum. Sederet wilayah pesisir, mulai dari Pulau Merah, Teluk Hijau, Pantai Wedi Ireng, hingga Pantai Sukamade adalah yang paling diburu wisatawan. Kecantikan pemandangan sekitarnya, pasir halus, maupun air laut yang jernih mungkin jadi alasannya.

Tapi tahu nggak sih, bukan cuma panorama sekitarnya saja yang memikat. View bawah laut di beberapa wisata bahari Banyuwangi juga nggak kalah keren. Semuanya bisa kamu lihat di deretan wisata Banyuwangi berikut ini. Intip yuk!

1. Pulau Tabuhan

pulau tabuhan
instagram.com/topan_restu_pamungkas

Berada di Banyuwangi bagian utara, Pulau Tabuhan sangat recommended untuk kamu kunjungi. Salah satu pulau nggak berpenghuni di wilayah paling timur Pulau Jawa ini punya panorama yang memukau, baik di daratan maupun bawah lautnya.

Merupakan wilayah konservasi bawah laut yang sekarang terus digalakkan pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Pulau Tabuhan menawarkan view terumbu karang cantik, ikan-ikan kecil, serta biota laut lainnya.

Mau camping? Tentu saja bisa. Kamu bisa mengikuti program camping, menikmati kesunyian di pulau tersebut, lalu keesokan paginya menyaksikan dramatisnya matahari terbit.

snorkeling pulau tabuhan
instagram.com/atikank

Untuk menuju wisata pulau ini, kamu membutuhkan waktu sekira 20 sampai 30 menitan dari Pantai Watu Dodol atau Bangsring. Harga sewa per kapalnya kurang lebih senilai Rp500 ribuan, maksimal untuk 10 orang.

Sementara untuk sewa guide, biaya yang diperlukan sekira Rp75 ribuan. Buat yang nggak punya alat snorkeling, kamu bisa menyewanya dengan tarif Rp30 ribu per orang.

Lokasi Pulau Tabuhan : Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket masuk Pulau Tabuhan : Rp500 ribu untuk sewa kapal (maksimal 10 orang), Rp75 ribu untuk guide, dan Rp30 ribu per orang untuk sewa alat snorkeling.

2. Teluk Banyu Biru

teluk banyu biru
instagram.com/nawainruk_inor

Wisata snorkeling di Banyuwangi ini beda sama Teluk Hijau yang berada di Pantai Rajegwesi. Teluk Banyu Biru tepatnya berada di Muncar, salah satu wilayah di Negeri Blambangan yang terkenal dengan hasil ikannya.

Nggak seperti Pulau Tabuhan yang sering dikunjungi wisatawan, Teluk Banyu Biru justru sebaliknya. Hal ini karena wisata di Banyuwangi ini bisa dituju sejak dini hari. Kamu pun cuma bisa berkunjung di bulan-bulan tertentu, yaitu saat ombaknya sedang bersahabat.

teluk banyu biru banyuwangi
instagram.com/distadhelina

Destinasi yang juga dikenal dengan nama Teluk Biru atau Senggrong masih berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk bisa sampai di destinasi ini, kamu bisa memulai perjalanan dari Muncar.

Kamu pun perlu menyewa perahu, mengingat belum adanya transportasi darat menuju ke Teluk Biru. Biayanya sekira Rp300 ribu sampai Rp500 ribu. Tapi ingat, info bisa berubah sewaktu-waktu ya!

Lokasi Teluk Banyu Biru : Kawasan Alas Purwo National Park, Purworejo, Kalipait, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket masuk Teluk Banyu Biru : Sewa perahu kisaran Rp300 ribu-Rp500 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Selain Pulau Merah, Ini Lho Wisata Pantai di Banyuwangi yang Pesonanya Memikat!

3. Grand Watu Dodol Underwater

panorama grand watudodol
instagram.com/ilham_jou

Berada di tepi jalan, kamu akan dengan mudah menemukan lokasi Grand Watu Dodol. Destinasi yang mengantarkan Banyuwangi menyabet predikat ASEAN Clean Tourist City ini letaknya dekat dari Pelabuhan Ketapang.

Begitu memasuki wisata pantai ini, barisan pohon kelapa menjulang tinggi menghiasi Grand Watu Dodol (GWD). Bibir pantainya ditaburi pasir putih yang kemudian bertemu dengan rerumputan hijau. Selain itu, di sini juga terdapat amphitheater serta dermaga jetti lho.

Dari pantai GWD, Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan yang berada di 5 mil barat laut Pulau Bali bisa kamu lihat. Mau menyeberang ke sana? Bisa kok dengan menggunakan perahu motor yang disediakan penduduk setempat.

grand watudodol underwater
instagram.com/grand_watudodol

Buat kamu yang malas menyeberang, bisa juga snorkeling di sini. Cukup bayar sekira Rp25 ribu per orang, kamu sudah bisa menyapa hiu di penangkaran dan biota laut lainnya.

Satu lagi nih yang menjadi spot populer di kalangan wisatawan, yaitu dek sepanjang 200 meter yang biasanya dijadikan untuk foto-foto.

Lokasi Grand Watu Dodol Underwater : Jl. Situbondo - Banyuwangi, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket masuk Grand Watu Dodol Underwater : Rp5ribu untuk weekday dan Rp7 ribu saat weekend (info bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Bangsring Underwater

bangsring underwater
instagram.com/amsalvictory

Nama Bangsring cukup terkenal di pariwisata Banyuwangi. Selain karena punya panorama bawah laut yang indah, mudahnya akses untuk mencapai destinasi ini membuatnya makin digandrungi traveler. Kamu pun nggak perlu keluar banyak uang untuk liburan ke wisata snorkeling di Banyuwangi ini.

Berada di wisata Bangsring Banyuwangi, kamu bisa menyaksikan kumpulan ikan-ikan laut yang eksotis. Selain itu, kamu juga bisa berenang bareng hiu yang terletak di petak kolam rumah apung lho.

bangsring underwater banyuwangi
instagram.com/xs.rzk_

Mau jalan-jalan di sekitar Bangsring? Bisa dong. Di sini, kamu bakal disuguhi panorama pantai berpasir hitam yang eksotis.

Nah untuk tiket masuk Bangsring Underwater alias Rumah Apung, kamu cuma perlu menyediakan budget sekira Rp10 ribu. Sewa alat snorkeling cuma Rp25 ribuan.

Lokasi Bangsring Underwater : Jl. Situbondo - Banyuwangi, Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket masuk Bangsring Underwater : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah itu dia wisata bahari di Banyuwangi buat kamu yang demen banget sama aktivitas snorkeling. Gimana, tertarik mampir di salah satunya nggak? Mumpung tiket masuknya murah meriah, lho.

0 Comment