4 Wisata Budaya yang Tidak Bisa Kamu Temukan Selain di Bali

16 July 2018, at 09:00
3
0
4 Wisata Budaya yang Tidak Bisa Kamu Temukan Selain di Bali

Bali memang terkenal akan destinasi wisata yang bisa memanjakan setiap wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. Selain itu, Kota Seribu Pura ini juga terkenal akan kesenian serta budayanya yang telah mendunia. Maka tak heran, jika begitu banyak orang yang ingin sekali datang ke Bali untuk menyaksikan langsung bagaimana destinasi wisata yang dikombinasikan dengan unsur budaya yang ada.

Yap, perlu kamu ketahui, di Bali ada beberapa tempat wisata yang dilabeli dengan nama Wisata Budaya. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata tersebut sangat kental akan kultur serta budaya yang tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Awal mulanya, hanya sebagai adat-istiadat saja, tapi karena begitu menarik dan banyak peminat, maka adat tersebut dipatenkan sebagai tempat wisata yang diberi nama wisata budaya.

Nah, buat kamu yang penasaran, apa saja wisata budaya di Bali, yuk simak informasinya berikut ini.

 

Pawai Ogoh-Ogoh

 

mediabidik.com

Salah satu wisata budaya yang diburu oleh para pelancong adalah momen saat pawai ogoh-ogoh atau yang lebih sering disebut ngrupuk. Yap, ngrupuk diadakan dalam kurun waktu setahun sekali sebagai peringatan Hari Raya Nyepi. Yang menjadikannya menarik, kamu akan melihat puluhan bahkan ratusan ogoh-ogoh dengan bentuk serta desain berbeda. Namun, walaupun bentuknya berbeda-beda, semua konsep tersebut berpegang pada budaya serta sejarah Bali.

 

Trunyan

 

tanahnusantara.com

Trunyan merupakan wisata budaya yang sangat kental unsur mistisnya. Sebab, trunyan sendiri bisa dikatakan sebagai kuburan. Tapi, kuburan yang satu ini berbeda. Setiap mayat warga asli Trunyan, tidak akan dibakar ataupun dikubur, tapi diletakkan pada pohon-pohon yang berada di sana dengan keadaan berdiri. Anehnya, mayat tersebut tidak berbau busuk, tapi sangat wangi dan memiliki aroma yang khas. Itulah mengapa banyak wisatawan yang penasaran dengan tempat wisata yang satu ini.

 

Ciuman Massal atau Omed-Omedan

 

 

Ada satu lagi jenis wisata budaya di Bali yang diincar oleh wisatawan, yaitu Omed-Omedan. Dalam perayaannya, sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan luar, baik luar daerah maupun luar negeri. Sebab, budaya ini memang cukup menarik, yakni berciuman masal yang dilakukan sebagai wujud penyambutan kepada tahun baru saka.

 

Bengkala, Desa Tuna Rungu

 

ytimg.com

Mungkin kamu belum tahu, bahwa di Bali juga ada sebuah daerah yang bernama Bengkala. Desa yang satu ini sangat unik dan sering menjadi pilihan bagi wisatawan asing. Sebab, sebagian warga di desa ini menderita gangguan pendengaran atau tuna rungu. Yang menarik adalah para wisatawan bisa belajar mengenai bahasa isyarat dan bahasa tubuh yang biasa mereka gunakan sehari-hari.

Nah, itulah tadi beberapa wisata budaya yang akan kamu temui di Bali. Jadi, kapan nih kamu akan berkunjung ke sana?

0 Comment