5 Air Terjun di Bandung, Persembahan Alam Penuh Kesegaran

12 April 2019, at 12:00
1
0
5 Air Terjun di Bandung, Persembahan Alam Penuh Kesegaran

Bandung bisa dibilang merupakan 'surga' bagi para pemburu curug alias air terjun. Lokasinya yang ada di perbukitan dan lembah-lembah berhawa sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri.

Buat para pecinta air terjun, wilayah di Provinsi Jawa Barat ini bisa jadi tujuan. Apalagi sejumlah curug di sini nggak kalah keren dari destinasi di luar negeri. Seperti beberapa air terjun yang tersebar di Bandung berikut ini. Intip yuk!

Baca juga: Bandung Punya Air Terjun dengan Kolam Alami yang Nyegerin!

1. Curug Cimahi

curug cimahi bandung
instagram.com/osheaanggara_

Curug dengan ketinggian sekitar 87 meter ini sudah dilengkapi dengan fasilitas oke, seperti warung, musala, kamar kecil, dan tempat istirahat.

Letak dari salah satu air terjun tertinggi di Bandung dan sekitarnya ini dekat dari jalan raya. Tapi untuk menjangkaunya, kamu masih perlu menuruni banyak tangga.

Uniknya lagi, destinasi di Kota Kembang ini tersembunyi di balik tebing dan pepohonan, sehingga membuatnya seperti di hutan belantara. Padahal justru sebaliknya dan mudah dijangkau.

curug cimahi
instagram.com/hens4m

Untuk bisa ke sini, kamu bisa lewat jalur Lembang-Parongpong. Cukup lalui jalan tersebut sampai ke terminal angkot Cisarua yang letaknya kurang lebih 1 kilometer sebelum pertigaan Dusun Bambu Bandung.

Ikuti terus jalan tersebut dengan patokan Universitas Advent. Sampai di sini, kamu akan melewati turunan, jembatan, dan tanjakan. Setelah tanjakan, maka kamu akan tiba di gerbang Curug Cimahi, tepat di sebelah terminal angkot Cisarua.

Lokasi Curug Cimahi : Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam buka : 07.00-18.00 WIB

Tiket masuk Curug Cimahi : Rp15.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Curug Malela

curug malela
instagram.com/rizki_syafari

Kalau wisata air terjun di Bandung ini bisa dibilang paling populer. Bentuknya pun unik dengan karakteristik memanjang dengna debit air deras.

Menariknya lagi, kecantikan Curug Malela sering disejajarkan dengan Air Terjun Niagara, tapi versi mini.

Untuk bisa menikmati keindahan wisata curug di Jawa Barat ini, memang diperlukan tenaga ekstra. Dari pusat Kota, kamu perlu berkendara selama kurang lebih 3 jam menuju Perkebunan Montaya yang berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

curug malela bandung
instagram.com/sigotik91

Perjuangan masih terus berlanjut. Kamu masih perlu jalan kaki melewati medan yang tejal sebelum akhirnya menemukan suguhan air terjun bak Niagara di Amerika Utara.

Lokasi Curug Malela : Sindangjaya, Gununghalu, Bandung Barat, Jawa Barat

Jam buka : 07.00-16.30 WIB

Tiket masuk Curug Malela : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Curug Siliwangi

curug siliwangi
instagram.com/cepicahya

Air terjun di Bandung ini ada di wilayah selatan, tepatnya di Taman Wisata dan Bumi Perkemahan Gunung Puntang. Selain cantik, curug ini konon mengandung tuah dan langsung dijaga oleh Prabu Siliwangi.

Di wisata ini kamu bisa bermain air atau bahkan berendam karena adanya kolam alami yang terbentuk di bawah aliran Air Terjun Siliwangi.

Tapi untuk bisa menikmati segala keindahan alam di Curug Siliwangi, kamu perlu menyusuri jalan setapak yang terjal dan membelah kawasan hutan di Gunung Puntang.

curug siliwangi bandung
instagram.com/siharrr

Rute yang bisa kamu gunakan untuk mencapai air terjun yang berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl ini adalah dari pusat Kota Bandung melalui Soreang atau Buah Batu.

Selanjutnya ikut Jalan Raya M. Toha melalui Dayeuh Kolot melalui Terminal Banjaran. Dari sini, jaraknya kurang lebih 5 kilometer sampai akhirnya tiba di persimpangan Cimaung. Tepat di sisi kiri jalan, kamu akan menemukan petunjuk jalan ke titik lokasi.

Lokasi Curug Siliwangi : Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa barat

Jam buka : -

Tiket masuk Curug Siliwangi : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Air Terjun Cantik di Bandung, Bikin Malas Pulang Saking Segernya!

4. Curug Dago

curug dago bandung
instagram.com/ryannifsya

Curug Dago memang terlihat biasa saja dan ketinggiannya cuma sekitar 12 meter. Tapi di balik itu semua, tempat wisata di Bandung ini menyimpan peninggalan bersejarah.

Tepat di sekitar wisata curug ini ada peninggalan Kerajaan Thailand berupa batu prasasti. Di sana tertulis tahun 1818 dan diduga kuat merupakan peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

Curug Dago ini terletak di kawasan Taman Hutan Raya (THR) Ir. H. Djuanda. Dari pusat Kota Bandung, jaraknya sekitar 8 kilometer saja.

curug dago
instagram.com/realphoto2

Salah satu rute alternatif yang bisa kamu lewati adalah dari Terminal Dago. Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah jalan setapak yang ada sekitar 500 meter dari jalan utama.

Kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di Taman Budaya. Lalu lanjutkan perjalanan lewat jalan setapak dan menuruni anak tangga yang lumayan curam.

Lokasi Curug Dago : Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam buka : 24 jam

Tiket masuk Curug Dago : Gratis (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Curug Maribaya

curug maribaya bandung
instagram.com/antonaeb

Kawasan Wisata Maribaya mungkin jadi salah satu tujuan berlibur di Bandung yang cukup favorit. Apalagi di wilayah ini juga ada Curug Maribaya yang jaraknya dari pusat Kota Kembang sekitar 15 kilometer.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini punya sumber air dari Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari. Meski nggak terlalu tinggi, tapi kamu masih bisa melihat kecantikan destinasi ini.

Main air di sini juga nggak kalah asyik. Mau berenang di kolam alaminya? Tentu bisa, tapi lebih baik tunggu sampai musim kemarau. Soalnya saat musim penghujan, air di sini lumayan keruh.

curug maribaya
instagram.com/cbagas_

Beragam fasilitas juga akan kamu dapatkan di sini. Mulai dari taman bermain anak, kebun bunga, musala, toilet, dan lain sebagainya.

Salah satu alternatif jalan yang bisa kamu lewati adalah via Dago Ciumbeleuit. Setelah sampai di Ciumbeleuit, arahkan kendaraanmu ke Pluncut. Ikuti petunjuk jalan ke Lembang. Sampai di sini, lurus saja sampai tiba di Maribaya. 

Lokasi Curug Maribaya : Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam buka : Minggu-Kamis (09.00-17.00 WIB) dan Jumat-Sabtu (09.00-18.00 WIB)

Tiket masuk Curug Maribaya : Rp8.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Itulah lima air terjun di Bandung dengan pemandangan indah dan penuh kesegaran. Kamu tahu tempat-tempat keren lainnya di Bandung atau punya cerita seru sewaktu berkunjung ke lima air terjun di atas? Bagikan di kolom komentar ya, Sobat Qupas!

0 Comment