5 Air Terjun di Bandung, Persembahan Alam Penuh Kesegaran

20 June 2018, pada 02:00
1
0
5 Air Terjun di Bandung, Persembahan Alam Penuh Kesegaran

Bandung adalah ‘surga’ bagi para pemburu curug atau air terjun. Lokasinya yang memiliki perbukitan dan lembah-lembah berhawa sejuk, memiliki wisata air terjun dengan pemandangan yang akan membuatmu takjub. Beberapa di antaranya bahkan tidak kalah keren dengan destinasi di luar negeri. Langsung saja, berikut ini adalah air terjun di Bandung yang penuh dengan kesegaran.

 

1. Curug Citambur

 

Instagram @didi_ahmadi_

Curug Citambur ini berada di pinggiran Bandung atau berbatasan dengan Cianjur. Ketinggiannya mencapai 100 meter dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan liar. Dinding dan batu-batu diselimuti dengan lumut hijau. Alirannya jernih dan deras bahkan di musim kemarau. Dari jauh, kamu bisa merasakan terpaan air yang segar. Pengunjung yang datang diperingatkan agar tidak mandi dan mendekati tempat jatuhnya air karena debitnya deras dan berbahaya. Lokasi Curug Citambur berada di Karangjaya, Psirkuda, Cianjur

 

2. Curug Cimahi

 

Instagram @ iwanvanwilan

Curug Cimahi berada di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat dan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang keren. Salah satunya adalah gardu pandang untuk menikmati indahnya air terjun dari kejauhan. Hampir menyaingi Citambur, curug ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter.  Saat sore dan malam, ada pertunjukan lampu warna-warni yang menerangi air terjun. Untuk ke sini, kamu harus menempuh perjalanan hingga 1 jam dari pusat Kota Bandung.

 

3. Curug Malela

 

Instagram @ i_ardiansyah

Curug Malela memiliki bentuk yang berbeda dari dua air terjun sebelumnya. Alirannya melebar dengan beberapa tingkatan. Banyak orang yang menyebut Curug Malela sebagai Niagara mini dari Bandung.  Terletak di Sindangjaya, Bandung Barat, cukup jauh jika kamu berangkat dari Kota Bandung karena harus menempuh jarak sejauh 83 kilometer. Medannya juga menantang dan terjal, jadi sebaiknya menggunakan sepeda motor lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

 

4. Curug Maribaya

 

Instagram  @yosua_christhand

Air terjun ini berada dalam satu kawasan dengan wisata Maribaya. Jadi, fasilitasnya sudah lengkap dan mudah diakses.  Spot-spot swafoto hingga gardu pandang juga tersedia. Alirannya jernih ditambah dengan udara sejuk yang berhembus akan membuat kamu betah berlama-lama. Apalagi lokasinya cukup dekat dengan pusat Kota Bandung yaitu berjarak 16 kilometer saja. Tepatnya berada di Kampung Cikondang, Lembang.

 

5. Curug Dago

 

Instagram @fjarskmaphotography

Curug Dago berada di tengah-tengah belantara Taman Hutan Raya Djuanda. Letaknya tersembunyi dengan medan yang penuh tantangan. Itulah mengapa tak banyak yang datang. Padahal, pemandangannya menakjubkan. Perjalanan menuju Curug Dago akan penuh dengan keseruan, kamu bisa bebas melihat pemandangan dan menghirup udara sejuk. Uniknya ada prasasti bertuliskan tahun 1818 dan diduga adalah peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) dari Thailand yang berkunjung ke Curg Dago beberapa tahun silam.

Itulah lima air terjun di Bandung dengan pemandangan indah dan penuh kesegaran. Kamu tahu tempat-tempat keren lainnya di Bandung atau punya cerita seru sewaktu berkunjung ke lima air terjun di atas? Bagikan di kolom komentar ya!

0 Komentar