Qupas Family

5 Alasan Anak Perlu Belajar Ilmu Bela Diri Sejak Dini, Bikin Si Kecil Lebih Berani!

01 February 2020, at 08:00
5 Alasan Anak Perlu Belajar Ilmu Bela Diri Sejak Dini, Bikin Si Kecil Lebih Berani!

Olahraga bela diri memang identik dengan latihan fisik yang keras. Maka dari itu, nggak sedikit orang tua yang enggak untuk mengenalkan ilmu tersebut kepada buah hati.

Bukan hanya takut si kecil akan terluka, orang tua biasanya juga khawatir apabila ilmu bela diri bisa membuat anaknya senang berkelahi. Padahal, belajar bela dini sejak dini memiliki banyak dampak yang positif lho!

Berikut ini beberapa manfaat belajar ilmu bela untuk anak sejak dini (usia 5 tahun). Apa saja ya, Bunda?

1. Melatih Tanggung Jawab

Ilmu Bela Diri (Foto: mtkimblackdragon.com)
mtkimblackdragon.com

Manfaat belajar ilmu bela diri untuk anak yang pertama adalah melatih rasa tanggung jawabnya. Bukannya bikin si kecil suka berkelahi, mempelajari ilmu ini justru akan membuat buah hati mengerti tentang konsekuensi yang harus ditanggung atas sebuah perbuatan.

Pelatih akan menekankan bahwa ilmu bela diri bukan digunakan untuk saling menyerang, namun justru untuk melindungi diri atau orang lain.

2. Meningkatkan Kedisiplinan

Anak Belajar Ilmu Bela Diri (Foto: canadatkd.com)
canadatkd.com

Selain melatih rasa tanggung jawab, belajar ilmu bela diri juga akan membuat anak lebih disiplin. Nilai tersebut merupakan salah satu prinsip yang ditekankan dalam bela diri.

Pasalnya, tanpa ada kedisiplinan maka hasil latihan nggak akan maksimal. Kemampuan bela diri juga nggak akan berkembang.

3. Memupuk Solidaritas

Belajar Ilmu Bela Diri (Foto: kickboxers.com)
kickboxers.com

Saat anak tergabung dalam sebuah perguruan bela diri, maka secara nggak langsung rasa solidaritasnya akan terpupuk dengan baik.

Mereka akan berlatih bersama, bercanda, dan saling membantu satu sama lain untuk belajar. Saat membutuhkan teman untuk bertarung pun, mereka akan melakukannya tanpa ada niatan menyakiti.

Baca juga: Ikut Les atau Kursus Sejak Kecil, Baikkah untuk Perkembangan Anak?

4. Membentuk Anak Menjadi Pemberani

Manfaat Ilmu Bela Diri (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Keyakinan merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang yang sedang belajar ilmu bela diri. Hal tersebut secara nggak langsung akan membentuk anak menjadi pemberani.

Kemapuan untuk membela diri juga secara nggak langsung akan membuatnya lebih percaya diri karena merasa nggak takut atau terancam oleh orang lain.

5. Menangani Masalah Bullying

Manfaat Anak Belajar Bela Diri (Foto: picfair.com)
picfair.com
​​​​​​​

Nggak bisa dipungkiri, bullying menjadi salah satu masalah yang seringkali menimpa anak-anak zaman sekarang. Maka dari itu, belajar ilmu bela diri bisa menjadi solusinya.

Meskipun demikian, orang tua harus menekankan pada anak bahwa ilmu tersebut hanya boleh digunakan dalam keadaan tertentu saja seperti saat disakiti oleh orang lain.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa alasan mengapa anak perlu belajar ilmu bela diri sejak kecil.