5 Alasan Kenapa Berteman dengan Keluarga di Media Sosial Justru Menambah Masalah

18 September 2018, at 02:55
0
0
5 Alasan Kenapa Berteman dengan Keluarga di Media Sosial Justru Menambah Masalah

Saat ini tidak berlebihan rasanya apabila dikatakan hampir semua kalangan dan usia sudah familiar dengan yang namanya media sosial. Misalnya saja instagram, facebook, dan twitter. Di media sosial tersebut tentunya kamu bisa berteman dengan siapa saja. Mulai dari keluarga hingga orang yang sama sekali belum pernah kamu kenal.

Dalam hal pertemanan di media sosial ini, sebagian orang berpendapat bila berteman dengan saudara atau keluarga adalah sebuah keharusan. Sebagian yang lain menolak untuk berteman dengan anggota keluarganya di media sosial karena bisa menambah masalah. Kamu pernah merasa demikian? Berikut ini adalah 5 alasan kenapa berteman dengan keluarga di media sosial justru menambah masalah.

Baca Juga: Kini Kamu bisa Jadikan Postingan Fotomu di Instagram Stories loh, Sudah Tahu Caranya?

1. Selalu Diawasi

medium.com

Apa kamu tipe orang yang hobi mengabadikan momen dengan kamera? Ada kalanya kita ingin pamer kegiatan yang kita lakukan lewat fitur instastory yang ada di instagram. Tapi di saat yang sama kita tidak ingin orang satu rumah tahu kita pergi dengan siapa dan ke mana. Apa jadinya bila orang tua tahu kamu bolos kuliah? Hal-hal semacam ini yang biasanya kita hindari.

bustle.com

Belum lagi kalau kamu punya saudara yang suka kepo, tentu saja jadi serba nggak nyaman. Meski bukan orang tua kamu yang memantau lewat media sosial, pasti ada saudara kamu yang biasanya bakal ngadu. Perkataan dari orang ketiga inilah yang biasanya menimbulkan masalah dan bisa berbuntut panjang.

2. Membuka Aib

bbci.co.uk

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membuat caption atau status? Foto bagus dengan caption yang telah kamu buat sepuitis mungkin bisa jadi dirusak oleh saudara kamu yang jail dan suka membuka aib. Niat awal untuk membuat orang terkesan pun bakalan gagal total. Menyebalkan bukan?

cosmopolitanme.com

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti ini kamu biasanya memilih untuk tidak berteman dengan anggota keluargamu. Sebab mereka yang paling tahu bagaimana karaktermu sebenarnya. Termasuk beberapa aib yang ingin kamu sembunyikan dari teman-teman di media sosial.

3. Nggak Bebas Berekspresi

ytimg.com

Tempat penghilang stres yang paling mudah untuk dikunjungi adalah media sosial. Dengan berbagai fitur dan stiker lucu yang ada di instagram story misalnya, kamu bisa bebas milih dan berkekspresi dengan stiker yang kamu suka.

sunnybrook.ca

Tapi, berteman dengan saudara atau anggota keluarga yang lain di media sosial terkadang bisa membuat kamu malu dan mengkhawatirkan banyak hal. Kamu bisa jadi ragu dan menahan diri untuk coba-coba stiker lucu karena takut akan jadi bahan ejekan di keluarga. Bukannya jadi penghilang stres, kejadian semacam ini justru bisa menambah masalah bukan?

Baca Juga: Tahukah Kamu, Instagram Punya Fitur Untuk Berbisnis!

4. Masalah Pribadi jadi Obrolan Keluarga Besar

businessnewsdaily.com

Terkadang mengungkapkan isi hati di media sosial terasa lebih nyaman daripada harus bercerita dan bertatap muka dengan orang lain. Maka dari itu, media sosial sering kali kita jadikan tempat curhat. Mulai dari masalah pekerjaan, pacar, dan hubungan pertemanan sudah kamu bagi di media sosial.

trbimg.com

Tanpa disadari masalah pribadi kamu ini sudah menjadi bahan obrolan keluarga besar kamu. Padahal kamu sendiri masih butuh waktu dan belum siap untuk bercerita dengan siapapun. Masalah yang awalnya sepele pun malah bisa semakin rumit.

5. Perbedaan Pendapat

commondreams.org

Selain posting tentang hal-hal ringan dan foto yang kece, kadang kita juga ingin mengomentari isu-isu yang sedikit berat. Seperti contohnya isu politik. Semuanya akan baik-baik saja bila kamu punya satu pemikiran dengan keluargamu. Tapi apa jadinya bila kamu memiliki cara pandang atau misalnya berada di kubu politik yang berbeda?

lisaforce.com

Perbedaan pendapat dengan keluarga terkait isu politik bisa menimbulkan perdebatan yang sengit. Hal ini tentu saja bisa memicu timbulnya konflik yang cukup serius. Skenario paling buruk, kamu bahkan bisa dimusuhi oleh keluargamu sendiri.

Nah, itulah kenapa kamu perlu berpikir dua kali untuk berteman dengan keluarga di media sosial. Sebab berteman dengan keluarga di media sosial bisa jadi justru menambah masalah. Nggak berteman di media sosial bukan berarti nggak sayang bukan?

0 Comment