5 Bahan Alami Ini Dapat Mengatasi Ketombe Membandel

20 June 2018, at 11:00
1
0
5 Bahan Alami Ini Dapat Mengatasi Ketombe Membandel

Banyak hal yang dapat membuat seseorang terutama kaum wanita mengalami krisis kepercayaan diri. Salah satunya adalah ketika mendapati adanya serpihan kulit mati berwarna putih atau abu-abu yang menempel pada rambut dan terlihat berjatuhan di sekitar baju yang dikenal dengan sebutan ketombe.

Ketombe yang merupakan gangguan kulit kepala ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur malassezia. Kemunculannya biasanya dipengaruhi oleh faktor kebersihan kulit kepala yang buruk dan juga daya tahan tubuh yang lemah. Selain itu, timbulnya ketombe juga bisa disebabkan karena pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan, mengalami stres, dan banyak faktor lainnya.

Meski saat ini ada banyak produk shampoo anti ketombe bermunculan, tetapi tidak semua orang cocok untuk menggunakannya. Alih-alih membuat ketombe hilang, produk perawatan tersebut justru dapat memperparah kondisi ketombe. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Nah, buat kamu yang resah dengan kehadiran ketombe yang membandel di kepalamu, berikut ini ada 5 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengusir dan mengobati ketombe. Di samping mudah untuk memperolehnya, juga aman bagi kulit kepala dan rambut karena tidak mengandung zat kimia apapun.

 

flickr.com

 

Daun pandan

 

Daun pandan yang sering dikenal sebagai penyedap dalam membuat kue atau masakan ternyata memiliki kandungan mineral alami yang mampu mengendalikan ketombe di kulit kepala sekaligus menutrisi rambut hingga ke akar-akarnya.

 

Lemon

 

Lemon berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur yang dapat secara langsung membunuh jamur penyebab ketombe. Selain itu, lemon memiliki manfaat untuk menjaga pH kulit kepala agar tetap seimbang untuk mencegah jamur tinggal di kulit kepala dan menghasilkan ketombe.

 

Bawang merah

 

Bawang merah memiliki kemampuan untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe pada rambut. Campurkan jahe dan madu saat perawatan jika dirasa aromanya terlalu menyengat.

 

Jahe

 

Selain sering digunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe jahe  juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi sehingga memicu proses regenerasi rambut.

 

Minyak kelapa

 

Minyak kelapa dengan segala manfaatnya dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala sehingga membantu menghilangkan ketombe sekaligus menutrisi dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Demikianlah kelima bahan yang dapat mengatasi ketombe membandel secara alami. Jika permasalahan ketombe makin parah dan meresahkan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

0 Comment