5 Bahan Alami Ini Sebaiknya Tidak Kamu Gunakan Untuk Perawatan Wajah

11 July 2018, at 15:00
2
0
5 Bahan Alami Ini Sebaiknya Tidak Kamu Gunakan Untuk Perawatan Wajah

Para wanita seringkali mencoba menggunakan bahan alami mulai dari tumbuhan hingga buah-buahan sebagai perawatan wajah sehari-hari. Selain mudah didapatkan, bahan alami juga ekonomis dan diyakini tanpa bahan kimia yang dapat membahayakan kulit di kemudian hari.

Sayangnya, banyak yang belum menyadari bahwa tidak semua bahan alami dapat digunakan dengan aman untuk wajah. Bahkan beberapa bahan yang terkenal sering digunakan untuk merawat kecantikan justru bisa berbahaya bagi wajah. Apa saja bahan alami yang dimaksud? Simak penjelasan singkatnya berikut ini, ya!

 

1. Lemon

 

pixabay.com

Banyak sumber yang merekomendasikan penggunaan lemon sebagai toner yang dapat mengusir jerawat dan noda hitam pada wajah. Tapi Jika tidak berhati-hati, lemon justru dapat membuat kulit iritasi dan mudah terbakar sinar matahari. Pasalnya, kandungan asam pada lemon ternyata bisa membuat kulit jadi lebih sensitif.

 

2. Mayonaise

 

www.nuffoodsspectrum.in

Selain digunakan sebagai pelengkap makanan, mayonaise juga sering dipakai oleh sebagian wanita sebagai masker wajah untuk melembapkan kulit. Tapi, bukannya membuat wajah berseri, mayonaise yang terbuat dari minyak dan telur mentah justru dapat membuat wajah berjerawat karena pori-pori kulit tertutup oleh kotoran dan bakteri.

 

3. Baking soda

 

Pexels.com

Sebagai bahan pengelupasan kulit atau scrub, banyak wanita menggunakan campuran baking soda dan madu yang juga diyakini dapat mengatasi jerawat. Nyatanya, baking soda ternyata bersifat alkali sehingga dapat mengubah pH kulit serta membuat kulit lebih tipis dan rentan terhadap munculnya bakteri.

 

4. Telur mentah

 

pexels.com

Sebaiknya hentikan pemakaian telur mentah sebagai masker wajah, meskipun katanya memiliki banyak manfaat bagi wajah seperti mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori, menghilangkan noda jerawat, serta mengontrol minyak berlebih di wajah. Telur mentah bisa saja mengandung bakteri jahat seperti salmonella yang tidak hanya berbahaya bagi wajah, tetapi juga menyebabkan terjadinya iritasi, infeksi, kulit kering, dan bahkan merangsang tumbuhnya jerawat.

 

5. Kayu manis

 

pexels.com

Meski memiliki aroma yang menenangkan, kayu manis ternyata dapat menyebabkan iritasi dan sama berisikonya dengan perasan lemon dan baking soda. Kayu manis juga dapat mengubah kadar pH pada kulit, jadi tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai perawatan wajah untuk menghindari masalah pada kulit.

Wah, ternyata banyak juga bahan alami yang ternyata selama ini tidak diketahui efek sampingnya bagi kulit. Sebaiknya cari tahu lebih lanjut bahan yang akan kamu gunakan sebelum pemakaian ya, demi kesehatan kulitmu di masa depan, tentunya.

0 Comment