Qupas Beauty

5 Bahan Kosmetik yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

03 June 2020, at 08:19
5 Bahan Kosmetik yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Memilih skincare dan makeup untuk kulit berminyak memang cukup tricky. Karena kamu harus menghindari beberapa bahan yang bisa bikin wajahmu semakin banyak memproduksi sebum.

Tapi, bukan berarti kamu juga harus menghindari semua bahan yang mengandung oil. Karena nggak semua oil-based product akan membuat wajah semakin berminyak.

Nah, biar nggak salah pilih, ini lho 5 bahan kosmetik yang harus dihindari kulit berminyak.

1. Coconut Oil

Bahan yang harus dihindari kulit berjerawat (Foto: tasteofhome.com)
tasteofhome.com

Bagi kulit kering, oil-based products bisa jadi sahabat baik. Tapi untuk kulit berminyak, harus sedikit hati-hati ya.

Sebab, beberapa produk berbahan dasar minyak seperti coconut oil, argan, dan mineral oil bisa menyumbat pori-pori dan memicu produksi sebum.

Sebaiknya, cobalah untuk memilih skincare dan makeup yang berlabel non-comedogenic atau yang berbahan dasar air.

2. Petroleum Jelly

Bahan yang Harus Dihindari Kulit Berminyak (Foto: pexels.com/@rethaferguson)
pexels.com/@rethaferguson

Bahan yang harus dihindari untuk kulit berminyak selanjutnya adalah petroleum jelly. Kamu mungkin sering menemukannya di lip balm.

Selain itu, petroleum jelly juga sering jadi bahan campuran pada pelembap bertekstur cream. Moisturizer yang satu ini memang mampu membentuk lapisan pelindung, supaya kelembapan di wajah nggak mudah hilang.

Tapi bagi kulit berminyak, petroleum jelly cenderung 'berat' dan nggak bisa menyerap sempurna ke kulit. Itulah mengapa, kilap di wajah justru terlihat lebih parah dan formulanya berpotensi menyumbat pori-pori.

Baca juga: Sudah Pakai Primer Tapi Makeup Nggak Mau Nempel di Wajah? Ternyata Ini Penyebabnya

3. Silikon

Bahan Kimia yang Harus Dihindari Kulit Berminyak (Foto: hearstapps.com)
hearstapps.com

Silikon paling mudah ditemukan dalam produk face primer. Bahan ini yang membuat wajahmu jadi terasa halus dan terhindar dari tampilan pori-pori lebar.

Tapi di saat yang sama, silikon bisa membuat pori-pori tersumbat dan kulit jadi kesulitan bernapas. Itulah mengapa, jerawat sering bermunculan setelah kamu memakai makeup yang cukup tebal.

4. Alkohol

Bahan yang Harus Dihindari Kulit Berminyak dan Berjerawat (Foto: theklog.co)
theklog.co

Alkohol termasuk salah satu bahan yang harus dihindari kulit berminyak, berjerawat, sensitif, maupun kulit kering. Meski begitu, keberadaannya masih sangat mudah ditemui di dalam produk-produk kosmetik.

Padahal, alkohol bisa menghilangkan kelembapan dan minyak alami kulit. Akibatnya, wajahmu justru memproduksi lebih banyak sebum untuk menggantikan minyak yang hilang.

5. Pewarna Buatan

Bahan Kosmetik yang Harus Dihindari Kulit Berminyak (Foto: instagram.com/focallurebeauty)
instagram.com/focallurebeauty

Warna yang cantik, mungkin jadi salah satu pertimbangan sebelum membeli produk face palette, eyeshadow, ataupun blush. Untuk beberapa tipe kulit, hal ini mungkin nggak akan jadi masalah.

Tapi, pewarna buatan jadi bahan yang harus dihindari kulit berminyak dan berjerawat. Sebab, formulanya bisa membuat kulit jadi iritasi dan meradang.

Well, itulah beberapa bahan kimia yang harus dihindari kulit berminyak. Teliti dulu ya sebelum memutuskan untuk membeli skincare ataupun makeup.