5 Bahan Makanan Alami Pengganti Gula, Ada yang Rendah Kalori Juga Lho!

05 November 2019, at 09:00
0
0
5 Bahan Makanan Alami Pengganti Gula, Ada yang Rendah Kalori Juga Lho!

Mengonsumsi makanan yang memiliki rasa manis, terutama mengandung gula tebu memang harus dikurangi sejak dini. Pasalnya, kelebihan dalam mengonsumsinya nggak baik untuk kesehatan.

Sebagai seorang yang peduli akan kebugaran tubuh, kamu bisa lho mengganti gula tebu dengan bahan makanan alami berikut ini. Apalagi salah satunya mengandung sedikit kalori. Wah, apa saja tuh?

1. Madu

bahan makanan pengganti gula
hearstapps.com

Seperti yang kita ketahui kalau madu berasal dari lebah yang kemudian diambil sari dari sarangnya. Kemudian diubah menjadi sirup kental dan dikonsumsi sebagai tambahan minuman atau rasa manis pengganti gula.

Dibandingkan dengan gula, ternyata madu nggak meningkatkan gula dalam darah secara cepat Jadi aman deh untuk dikonsumsi setiap hari dengan takaran yang wajar.

2. Kurma

bahan pengganti gula kurma
heritagefresh.in

Sebagian dari sobat Qupas pasti pernah menikmati kurma kan? Buah ini memang memiliki rasa manis yang alami. Nggak heran, kalau kurma sering kali disajikan saat buka puasa untuk melepas rasa lapar.

Namun, baru-baru ini muncul gula kurma yang diambil dari ekstrak kurma kering yang memiliki serat dan antioksidan. Kedua kandungan itu sangatlah dibutuhkan untuk tubuh sebagai tameng biar nggak gampang sakit. 

3. Gula Merah

gula merah
wikimedia.org

Gula merah juga bisa dijadikan sebuah alternatif pengganti gula tebu. Rasanya yang manis berpadu gurih membuatnya jadi favorit banyak orang. Kamu juga nggak?

Bahkan selain rasanya enak, tahu nggak sih? Ternyata gula merah memiliki kandungan baik untuk usir sakit perut dan anemia lho.

Baca juga: 4 Resep Masakan Istimewa dari Pare yang Gampang dan Anti Pahit

4. Daun Stevia

daun stevia pengganti gula
wanitaindonesia.co.id

Daun hijau yang satu ini juga menghasilkan rasa manis yang disebut dengan glikosida. Untuk mengambil rasa manisnya, rebus saja dengan air panas dan biarkan air didihan itu menjadi berkurang.

Selain sebagai penambah rasa manis, dedaunan ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan juga bebas kalori. Cocok banget nih buat kamu yang ingin turun berat badan.

5. Sirup Jagung

sirup jagung
healthline.com

Sirup jagung juga memiliki rasa manis, seperti gula. Pengganti gula alami ini memiliki kandungan fruktosa dan glukosa. Kedua zat inilah yang memberikan rasa manis.

Hanya saja, sirup jagung memilki kalori yang terbilang cukup tinggi. Namun kalori tersebut nggak berpengaruh pada peningkatan risiko obesitas kok. Jadi aman buat yang takut gendut.

Nah, itulah lima bahan makanan alami untuk mengganti gula di dapur rumahmu. Yuk, ganti mulai sekarang juga biar hidup jadi lebih sehat!

0 Comment