5 Bunga Ini Kaya Manfaat Untuk Rawat Kecantikan Kulitmu

15 September 2018, at 09:00
0
0
5 Bunga Ini Kaya Manfaat Untuk Rawat Kecantikan Kulitmu

Bunga dianggap sebagai ikon kecantikan dan keindahan. Bagian dari tanaman ini pun sering dijadikan campuran berbagai produk kosmetik, mulai dari sabun mandi maupun wajah, shampo hingga parfum. Apalagi, bunga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk merawat kecantikanmu, salah satunya adalah kulit wajah.

Menariknya lagi, kamu bisa membuat masker wajah dari bunga. Nggak perlu lagi repot pergi ke salon kecantikan maupun membeli kosmetik, wajahmu pun bakal bersih terawat dengan bahan alami. Jadi, hal ini juga bisa meminimalisir pengeluaranmu, sahabat Qupas. Penasaran? Yuk, simak beberapa jenis bunga yang bisa membuat penampilanmu semakin segar!

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Wajah Jadi Mulus

1. Bunga Sepatu

wajah segar dengan bunga sepatu
news-journal.com

Bunga sepatu memang tumbuh subur di negara tropis seperti di Indonesia. Meski begitu, tahukah kamu kalau tanaman ini kaya akan kandungan Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino? Bahkan, karena dua kandungan ini, bunga sepatu sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, melembabkan sekaligus mengurangi kelebihan minyak serta mencegah penuaan dini.

bunga sepatu
gardeningknowhow.com

Untuk mencegah penuaan dini, kamu bisa mengeringkan bunga sepatu di bawah matahari. Setelah kering, tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan empat sendok yoghurt. Tambahkan juga satu sendok bubuk cendana agar hasilnya lebih maksimal. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya di rumah.

2. Bunga Melati

wajah bersih dengan bunga melati
pamper.my

Melati memang sudah umum digunakan untuk menjadi campuran produk kecantikan. Ternyata, kandungan dari bunga jenis ini bisa membantu meminimalisir bekas jerawat, mencegah timbulnya garis-garis halus, mengusir sel kulit mati hingga membantu meremajakan wajahmu. Menariknya lagi, kamu juga bisa merawat kulit wajahmu sendiri menggunakan tanaman ini di rumah, lho.

bunga melati
specialtyproduce.com

Cukup campurkan beberapa kelopak melati, dua sendok makan susu serta gandum. Selanjutnya, aplikasikan kombinasi bahan-bahan ini ke permukaan kulit wajahmu. Tunggulah hingga mengering sebelum membilasnya menggunakan air bersih. Mudah, bukan?

3. Bunga Mawar

wajah cantik dengan bunga mawar
pixabay.com

Bunga mawar juga sangat bermanfaat untuk wajahmu. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat mengatasi kulit kering hingga kemerahan karena terpapar matahari. Bahkan, mawar juga bisa membuat wajahmu kembali segar, lho. Saat kamu mengombinasikannya dengan gandum, hasil maksimal pun bisa kamu dapatkan.

bunga mawar
pixabay.com

Keringkan beberapa kelopak mawar dan hancurkan sampai menjadi bubuk. Selanjutnya, campurkan dengan dua sendok gandum serta yoghurt. Gunakan perpaduan bahan-bahan ini layaknya masker wajah seperti biasanya. Tunggu hingga kering dan bilas menggunakan dengan air bersih. Dijamin, wajahmu akan kembali segar.

Baca juga: 5 Manfaat Kopi Untuk Merawat Kecantikan, Bisa Untuk Memutihkan Ketiak Juga!

4. Bunga Teratai

wajah cantik dengan bunga teratai
pixnio.com

Teratai memang indah dipandang. Bahkan, tanaman yang biasanya ditemukan di kolam permukaan air ini sangat bermanfaat untuk kulit wajahmu. Bukan hanya baik untuk kulit kering dan sensitif, bunga jenis ini bisa mengencangkan pori-porimu.

bunga teratai
stmed.net

Untuk memanfaatkan bunga ini sebagai masker wajah, cukup haluskan 5 sampai 6 kelopak teratai. Kemudian campurkan dengan bubuk almond. Aplikasikan perpaduan bahan-bahan ini pada kulitmu dan tunggu beberapa saat sampai mengering. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih. Selamat mencoba!

5. Bunga Marigold

wajah cantik dengan bunga marigold
lorembeautyclinic.wordpress.com

Saat mendengar namanya, mungkin kamu akan sedikit merasa asing. Namun, bunga ini banyak ditemukan di Indonesia kok. Bahkan, tanaman yang umumnya memiliki warna cerah ini juga bermanfaat untuk merawat kecantikanmu dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

bunga marigold
westcoastseeds.com

Caranya, campurkan kelopak marigold dan mawar dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya, tambahkan dua sendok makan yoghurt ke dalam kombinasi kedua jenis bunga ini. Aplikasikan perpaduan masker ini pada wajah sampai mengering. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih. Penggunaan masker yang teratur tentu akan membuat hasilnya lebih maksimal.

Itu dia beberapa jenis bunga yang bisa membuat kulitmu cantik berseri. Bahkan, kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah yang dibuat di rumah. Selain alami, tentu kamu juga akan meminimalisir biaya perawatan kecantikanmu. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya, ya!

0 Comment