5 Cabang Olahraga di Asian Games 2018 yang Kamu Nggak Pernah tau Sebelumnya

21 August 2018, at 16:29
1
0
5 Cabang Olahraga di Asian Games 2018 yang Kamu Nggak Pernah tau Sebelumnya

Olahraga menjadi kegiatan yang bisa menunjang kebugaran tubuh. Selama ini kamu mungkin sangat dekat dengan berbagai olahraga terkenal seperti sepakbola, basket, bulu tangkis dan berbagai macam olahraga lainnya. Bahkan kamu juga melakukan kegiatan olahraga yang hanya selama ini kamu kenal. 

Seiring adanya Asian Games 2018, ternyata banyak cabang olahraga yang dipertandingkan. Istilah-istilah baru di sektor olahraga kamu temukan. Seperti lima olahraga berikut yang sebenarnya ada tapi mungkin tak kamu ketahui selama ini!

Baca Juga: Lapangan Sepak Bola Paling Nyeleneh di Dunia, Kamu Sanggup Bermain di Sini?

1. Kabaddi

olarharaga
indianfantasy.com

Jika di Indonesia Kabaddi tak terlalu dikenal, maka olahraga yang berasal dari India ini sangat populer di Asia Selatan. Kabaddi merupakan permaianan yang dimainkan oleh 12 orang dan dibagi menjadi dua tim. Permainan ini dilakukan di lapangan yang memilki standar dengan ukuran 13m x 10m. 

olahraga
espn.in

Teknik permainannya ialah satu tim menempati masing-masing setengah lapangan, kemudian saling menyerang. Tim mencetak satu poin untuk setiap lawan yang mereka keluarkan dari permainan. Sedangkan tim yang berhasil mencegah penyerang kembali ke areanya sendiri, tim itulah yang menang.  

2. Sambo

olahraga
indopos.co.id

Selama ini untuk kategori olahraga bela diri kamu hanya mengenal karate, maka kamu juga perlu mengenal Sambo. Sambo merupakan olahraga atau seni bela diri yang berasal dari Rusia dan menggabungkan gulat dan judo dengan menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo juga masuk dalam cabang olahraga yang ditandingkan di Asian Games 2018.

olahraga
usasambo.com

Olahraga Sambo di Indonesia sudah diakui, maka dibentuklah organisasi resmi yaitu Pengurus Besar Persatuan Sambo Indonesia (PB PERSAMBI). Sambo ternyata memiliki beragam jenis, diantaranya combat sambo, freestyle sambo, bela diri sambo, sambo khusus serta olahraga samboo. Kelimanya  sebenanya sama, namun teknik pertandinggannya saja yang berbeda.

3. Rhytmic

olahraga rhytmic
rhythmixinc.com

Ritmik merupakan olahraga yang menentukan kelenturan tubuh. Tak hanya dilakukan sendiri, olahraga ini dilakukan oleh satu tim yang terdiri dari anggota yang ganjil. Alat-alat yang dibutuhkan pun beragam, seperti  tali, lingkaran, bola, tongkat, pita dan tangan bebas.

olahraga
cardivecentralyouthclub.com

Ritmik berbeda dengan balet. Olahraga ini menunjukkan keindahan gerakan sebagai gabungan dari unsur balet, senam dan tarian. Jangan anggap olahraga inbi mudah, setiap gerakan tangan dan kaki kamu yang lincah akan menjadi poin penilaian. 

Baca Juga: Yuk Nge-Gym Bareng Bule di Bali, 5 Tempat Fitness yang Akan Membuat Tubuhmu Bugar Sepanjang Liburan

4. Kurash

olahraga
srivijaya.id

Olahraga yang berasal dari Uzbekistan ini merupakan seni bela diri berupan gulat. Kurash juga dipertandingkan di ajang Asian Games 2018. Sistem penilaiannya oun terdiri dari tiga unsur, yakni Halal, Yambosh dan Chala.

olahraga
uza.ud

Dilansir dari kurash-ika.org, ilmuwan dan pencipta ilmu kedokteran Avicenna (Ibnu Sina) yang hidup pada abad ke-10 di Bukhara menulis bahwa berlatih kurash adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa. Wah, perlu kamu coba nih sobat Qupas biar tubuhmu selalu bugar!

5. Soft Tennis

olahraga
northemspinal.com.au

Mungkin kamu sudah sangat mengenal permainan tenis. Namun permainan ini ternyata juga memiliki cabang olahraga lain, yakni soft tennis. Perbedaan r adalah pada raket dan bola yang digunakan. Soft tennis menggunakan bola yang lebih lebih ringan, empuk, tak berbulu, dan jauh lebih lentur. 

tennis-conditioning.com

Teknik memainkan soft tennis juga lebih halus. Sedangkan raket yang digunakan harus memiliki diameter lingkaran raket soft tennis lebih kecil, Bobotnya juga lebih ringan. Selain itu, tali senarnya lebih lentur daripada tali pada tenis biasa. Untuk harga alat dari permainan soft tennis ini tergolong lebih mahal dibandingkan tenis biasa.

Dari lima olahraga diatas mana yang baru kamu ketahui sobat Qupas? Tak hanya olahraga yang terkenal, olahraga tersebut juga bisa kamu tekuni jika kamu tertarik. Karena setiap olahraga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

0 Comment