5 Camilan Legit Warisan Belanda, yang Mana Favoritmu?

07 June 2018, at 10:01
1
0
5 Camilan Legit Warisan Belanda, yang Mana Favoritmu?

Di Indonesia, membuat kue bisa dimasak dengan banyak cara. Seperti, dikukus, digoreng, atau dipanggang di teungku dan dibalut dengan daun pisang. Beberapa camilan enak berikut ini bisa jadi merupakan makanan favoritmu, tapi tahukah kamu bahwa makanan berikut ternyata warisan dari negeri Belanda? Mari simak bersama-sama.

 

1. Klappertaart

 

denhaagklappertaart.com

Banyak yang mengetahui jika, kue ini berasal dari Manado. Kue dengan bahan dasar kelapa dan tepung terigu ini merupakan adonan kue yang dikenal di Indonesia sejak zaman Belanda. Pada masa pendudukan Belanda, kue ini sering dijadikan sebagai kudapan para pejabat setempat. Kini, kamu bisa membeli camilan ini di kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

 

2. Spiku

 

elevenia.co.id

Kue lapis ini dikenal banyak dijual di Surabaya. Kue ini juga merupakan warisan dari negeri Belanda. Di Belanda, kue ini disebut Spekkoek yang artinya adalah kue lapis legit. Sekarang, sudah banyak kue lapis yang bervariasi dengan tambahan rasa bermacam macam, seperti cokelat dan stoberi.

 

3. Kaasstengels

 

dekokendezussen.nl

Kue kering ini menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia, terbukti dari banyaknya rumah yang menyediakan kue kering ini sebagai suguhan tamu di saat acara besar seperti Hari Raya Idul Fitri. Stik keju ini, biasa dimakan langsung atau dimakan dengan sambel pedas.

 

4. Dadar Gulung

 

anekaonline.com

Dadar gulung punya beraneka macam varian isi. Ada yang berisi kelapa manis atau vla putih. Di pasar tradisional, kue dadar gulung akan sering kamu temukan. Itulah mengapa, kue ini banyak dikenal sebagai salah satu jenis jajanan pasar.

 

5. Kue Cubit

 

 

jakarta-tourism.go.id 

Di Belanda, kue cubit biasa disebut dengan, Panekuk. Kue enak dan manis ini menjadi camilan manis orang Indonesia di pagi hari. Dengan taburan meses yang meleleh, kue ini banyak digemari mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Terkadang kue ini juga dijadikan camilan saat pengajian.

Nah, dari kelima kue di atas, mana sih yang menjadi favoritmu? Lalu, apakah kamu tahu kue apa lagi yang merupakan warisan dari budaya luar? 

0 Comment