Sakit gigi dapat dialami oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Pernah tidak kamu mengalaminya sampai tidak bisa makan apa pun dan berbicara juga menjadi sulit? Sakit gigi meskipun terlihat remeh tapi nyatanya sangat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Banyak orang yang karena terlalu kesakitan akhirnya langsung minum obat pereda nyeri dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya itu tidak baik, lho! Sebab dengan kebanyakan mengonsumsi obat dengan kandungan yang sama terkadang membuat seseorang kebal.

Jangan sampai kamu terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan. Gunakan 5 cara ini untuk mengatasi sakit gigi dengan alami dan tidak berbahaya!

1. Kumur Air Garam

kumur air garam
lampost.co

Sudah banyak orang yang mencoba cara ini dan mereka menyatakan berhasil. Meskipun pada awalnya sensasi cenat-cenut makin meningkat, tetapi kemudian sakit gigi dirasa mereda. 

Cara ini selain ampuh dan cepat juga murah dan simpel sekali, lho!

gigi sakit kumur air garam
hellosehat.com

Kamu bisa bisa melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama beberapa saat.

Biasanya metode ini tidak dilakukan hanya sekali karena aman dilakukan. Kamu bisa melakukannya kapan saja saat sakit gigi menyerang. 

2. Mengompres Dengan Es Batu

es batu
ramesia.com

Kamu bisa membungkus es batu pada sebuah plastik yang dilapisi lagi dengan kain tipis untuk mengompres pipi dengan gigi yang sakit.

Biasanya cara ini digunakan untuk mengobati sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang.

mengompres dengan es batu
siraplimau.com

Ada satu cara lagi yang dapat digunakan selain mengompreskannya langsung pada pipi. Kamu bisa memijat-mijat punggung tangan dengan es batu tersebut.

Saraf di punggung tangan ini akan mengirim sinyal ke gigi anda yang sakit.

3. Cuka

cuka
cukaapelbragg.com

Cara mengobati gigi sakit lainnya adalah menggunakan cuka. Kandungan properti antibakteri dan antimikrobial yang terdapat di dalamnya ampuh untuk meredakan sakit gigi. Wah, keren ya!

Kamu bisa sembuh cuma dengan cuka. Bahkan yang terbuat dari apel juga bisa, lho!

cuka apel
hellosehat.com

Jika rasa sakit disebabkan oleh gigi berlubang, berkumur lah dengan larutan cuka di daerah gigi yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

Kalau tidak kuat dengan asam cuka, kamu bisa teteskan cuka pada kapas lalu tempelkan kapas pada gigi yang sakit.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Sakit Akibat Gigi Berlubang

4. Minyak cengkeh

cengkeh
hellosehat.com

Cara yang satu mungkin agak tidak menyenangkan. Karena jika kamu salah atau sembarangan menyiram minyak cengkeh ke mulut, bukannya sembuh kamu akan semakin parah sakitnya!

Kalau minyak cengkeh terkena lidah atau gusi yang sensitif, bisa gawat!

minyak cengkeh
hellosehat.com

Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh lainnya. Rempah ini bisa membantu “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung di dalamnya adalah eugenol yang berperan sebagai anestesi alami.

Kamu bisa menuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan pada gigi yang bermasalah hingga rasa sakit mereda.

5. Daun jambu

daun jambu
inilahtasik.com

Daun jambu merah merupakan anti radang, analgesik, dan antimikrobial alami. Jadi bagian tanaman ini dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi kamu. Daunnya saja ya, tidak perlu buahnya. Kalau makan buahnya berarti kamu lapar, bukan sakit gigi.

jus daun jambu
youtube.com

Cara mengobati sakit gigi satu ini adalah dengan mengunyah satu-dua lembar daun jambu sampai ekstraknya keluar. Setelah itu, arahkan ke gigi yang sakit. Kemudian berkumur-kumur lah.

Itu dia 5 cara alami atasi sakit gigi dengan bahan alami yang mudah di dapat. Kalau sedang mengalaminya, kamu bisa mempraktekkan tahapan yang telah Qupas berikan, ya!

Jika memang terpaksa minum obat juga tidak apa-apa sih, tapi kamu harus jeli dengan dosis yang kamu konsumsi. Oke?

0 Comment