5 Cara Alami Untuk Memutihkan Lutut dan Siku Kamu yang Menghitam

18 July 2018, pada 12:00
2
0
5 Cara Alami Untuk Memutihkan Lutut dan Siku Kamu yang Menghitam

Banyak orang merasa sangat terganggu dan kurang percaya diri saat mengetahui area di sekitar lututnya berwarna belang yang cenderung menghitam. Biasanya hal ini terjadi karena kulit kurang terjaga kebersihannya sehingga warna kulit di area lutut menjadi lebih gelap dibandingkan dengan area lain di bagian tubuh. Selain itu, beberapa penyebab lainnya seperti paparan sinar matahari, faktor genetik, kulit kering, ketidakseimbangan hormonal, kelebihan berat badan, penumpukan sel kulit mati serta peningkatan tingkat melanin pada kulit terbukti menjadi penyebab kulit lutut menjadi hitam.

 

Tidak perlu panik jika mengalami hal tersebut, sebab beberapa bahan alami berikut ini meski terlihat sederhana tetapi telah terbukti dapat mengatasi lutut dan siku yang menghitam agar menjadi putih kembali.

 

pexels.com

 

Lemon

 

Lemon yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat mempunyai khasiat sebagai pemutih alami yang sekaligus bermanfaat untuk mengelupas kulit mati dan mencerahkan kulit. Belah lemon menjadi dua bagian, selanjutnya gosokkan pada bagian lutut dan siku lalu diamkan selama 10 menit hingga meresap ke dalam kulit. Selanjutnya gosok lembut dengan menggunakan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal dan hindari paparan sinar matahari setelahnya.

 

Pepaya

 

Enzim papain dan berbagai jenis vitamin seperti C dan E dalam pepaya telah terbukti dapat mencerahkan kulit termasuk area siku dan lutut. Gosokkan satu potongan kecil pepaya ke area yang menghitam, diamkan beberapa saat hingga mengering, lalu bilas hingga bersih.

 

Kentang

 

Selama ini banyak yang mempercayai bahwa kentang juga mengandung bahan yang dapat memutihkan dan mencerahkan serta mengurangi noda pada kulit. Gunakan secara teratur dengan cara merebusnya hingga lunak dan kemudian dihancurkan hingga membentuk pasta. Campur dengan yoghurt dan aplikasikan pada kulit siku dan lutut yang menghitam. Diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih dan lakukan secara teratur setidaknya 2 hari sekali.

 

Kunyit

 

Kunyit yang seringkali digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan secara tradisional juga dapat digunakan untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit pada area siku dan lutut yang menghitam. Campur sedikit bubuk kunyit dengan satu sendok teh susu putih tawar, lalu oleskan pada lutut sambil dipijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan mengering lalu bilas dengan air hangat.

 

Mentimun

 

Mentimun memiliki khasiat alami untuk membantu mencerahkan area lutut yang gelap, menjaga kelembapan pada kulit, serta mengatasi pigmentasi. Gosok perlahan potongan mentimun pada lutut atau siku selama sepuluh menit lalu diamkan hingga beberapa saat lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

 

Selain biaya yang lebih murah, jika dibandingkan dengan produk kimia yang ada di luaran, bahan-bahan alami di atas bisa dibilang minim risiko terutama untuk kesehatan kulit jangka panjang. Meskipun dibutuhkan waktu yang lebih lama dalam penerapannya, tetapi jika dilakukan secara rutin akan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Cobain, yuk.

0 Komentar