5 Cara Detoks Sederhana Agar Berat Badan Nggak Bertambah Setelah Lebaran

12 June 2019, at 07:00
0
0
5 Cara Detoks Sederhana Agar Berat Badan Nggak Bertambah Setelah Lebaran

Lebaran nggak hanya identik dengan silaturahmi dan acara maaf-maafan saja, melainkan juga sangat erat hubungannya dengan berbagai makanan enak yang berlemak seperti opor ayam dan jajanan yang melimpah.

Setelah satu bulan berpuasa, banyak orang yang lupa diri saat lebaran tiba dan menyantap apa saja yang ada di depannya. Hasilnya, tubuh melewati batasan asupan kalori sehingga berat badan bertambah dan lebih mudah terserang penyakit.

Untuk itu ada baiknya jika kamu melakukan 5 kegiatan sederhana di bawah ini sebagai detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh agar nggak semakin gemuk setelah lebaran.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Jadi Detoks Alami Tubuh Lho!

1. Perbanyak Minum Air Putih

perbanyak minum air
pexels.com/id-id/@buenosia-carol-116286

Lebaran membuat sebagian besar orang kurang minum air putih karena lebih memilih untuk mengonsumsi minuman manis seperti es sirup dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kamu perlu memperbanyak minum air putih untuk menghidrasi tubuh dan melancarkan pencernaan.

minum air
pexels.com/id-id/@daria

Minumlah air putih setelah bangun tidur untuk membantu membersihkan racun dalam tubuh secara alami. Lanjutkan dengan jumlah yang tepat atau dibutuhkan oleh tubuh selama satu hari penuh.

Kegiatan tersebut akan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak sehingga berat badan nggak naik secara berlebihan setelah lebaran.

2. Mengurangi Asupan Karbo

mengurangi asupan karbo
pexels.com/id-id/@mentatdgt-330508

Opor ayam yang merupakan makanan khas lebaran memang paling enak apabila dikonsumsi bersamaan dengan ketupat atau nasi.

Keduanya merupakan sumber karbohidrat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh sebab itu, mengurangi asupan makanan yang mengandung karbo tinggi bisa menjadi salah satu cara detoksifikasi setelah lebaran agar badan nggak semakin melebar.

3. Tidur yang Cukup

tidur yang cukup
pexels.com/id-id/@jmark

Siapa sih yang nggak tahu kalau kegiatan sederhana yang satu ini merupakan salah satu cara detoks alami terbaik? Sedangkan saat lebaran, kamu mungkin memiliki jadwal yang padat sehingga waktu tidur manjadi berantakan.

Padahal, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salah satu penyebab utama obesitas adalah kurangnya waktu tidur lho.

Oleh sebab itu, jika nggak ingin mendapatkan banyak penyakit dan menjadi gemuk sebaiknya kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas selama delapan jam sehari.

Baca Juga: Nggak Hanya Nikmat, Tidur Siang Ternyata Juga Punya Sejuta Manfaat

4. Aktif Bergerak

aktif bergerak
pexels.com/id-id/@pille-kirsi-222198

Aktif bergerak dengan berjalan kaki dan melakukan peregangan merupakan kegiatan sepele yang nyatanya dapat membuat tubuh menjadi sehat dan membuang racun.

Selain itu, kamu perlu aktif bergerak untuk membantu membakar kalori yang menumpuk akibat pola hidup nggak sehat yang kamu terapkan saat lebaran.

5. Mengatur Menu dan Porsi Makan

mengatur pola makan
pexels.com/id-id/@valeriya

Cara detoks sederhana lainnya adalah dengan mengatur menu dan porsi makan. Selama lebaran, kamu mungkin mengonsumsi makanan yang berlemak dalam jumlah banyak.

Selain itu, makanan lebaran yang minim sayur juga membuat proses pencernaan terganggu sehingga sisa-sisa makanan dilambung menjadi racun bagi tubuh.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? 5 Metode Diet Ini Bisa Kamu Coba

Maka dari itu, sebaiknya kamu mulai menata kembali menu dan porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh agar racun-racun dapat dikeluarkan dan berat badan nggak mengalami kenaikan.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 cara mudah untuk detoks tubuh agar racun-racun hilang dan nggak makin gemuk setelah lebaran. Jadi kamu naik berapa kilogram tahun ini?

0 Comment