5 Cara Memperbaiki Rambut yang Rusak Parah Karena Bleaching

23 April 2019, at 11:00
0
0
5 Cara Memperbaiki Rambut yang Rusak Parah Karena Bleaching

Gonta-ganti warna rambut memang kelihatannya asik. Tapi dengan mengecat rambut, apalagi ke warna yang lebih terang, kamu nggak bakal bisa menghindari yang namanya bleaching.

Proses ini bertujuan untuk membuka kutikula rambut dan menghilangkan melaninnya agar warna cat bisa masuk. Sayangnya, bleaching bisa membuat rambut jadi mudah patah dan rusak parah.

Nah, kalau kamu sedang galau karena masalah ini, Qupas akan berikan tips untuk merawat rambut bleaching yang terlanjur rusak agar kembali sehat. Yuk simak langsung caranya!

1. Hindari alat styling rambut

wanita memakai alat styling rambut
pcdn.co

Proses kimia dari bleaching biasanya akan merusak struktur serat di dalam rambut. Inilah yang membuat rambut jadi lebih rapuh.

Untuk itu, hindari penggunaan alat styling rambut sepeti catokan, curling wand, juga hair dryer. Karena suhu tingginya tentu akan membuat rambut makin kering dan rapuh.

2. Pilih shampo khusus rambut rusak

shampo untuk rambut rusak
blogspot.com

Untuk merawat rambut rusak akibat bleaching, kamu harus memilih shampo khusus. Salah satunya yang mengandung keratin karena mampu memperbaiki kerusakan juga merawatnya supaya kembali sehat.

Selain itu, usahakan untuk menghindari shampo yang memiliki bahan SLS dan SLES. Hal ini bertujuan supaya kelembaban rambut nggak mudah hilang.

Baca juga: Mau Mewarnai Rambut untuk Pertama Kalinya? Perhatikan 8 Hal Ini Dulu deh!

3. Wajib pakai kondisioner

wanita memakai kondisioner
hearstapps.com

Ciri-ciri rambut yang rusak karena bleaching umumnya akan terasa sangat kering, rapuh, dan terasa kering seperti jerami. Untuk mengembalikan kelembabannya, pemakaian kondisioner jadi hal yang nggak boleh ditawar lagi.

Karena shampo khusus rambut rusak belum mampu merawat rambut setelah keramas. Sedangkan kondisioner bisa menjaga kadar air dan mengembalikan kelembaban yang dibutuhkan.

4. Jangan lewatkan penggunaan masker rambut

cara memperbaiki rambut rusak dengan masker rambut
tasteofhome.com

Cara memperbaiki rambut rusak parah akibat bleaching selanjutnya adalah dengan menggunakan produk hair mask terbaik, minimal seminggu sekali. Kalau mau, kamu pun bisa membuat masker rambut dari bahan alami dengan bahan berikut:

  • Alpukat, minyak kelapa, madu
  • Pisang, madu, yoghurt
  • Madu, telur, cuka apel

Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa memakai hair oil. Seperti argan oil, olive oil, avocado oil, coconut oil, dan sebagainya.

5. Lakukan hair trimming secara rutin

melakukan trimming rambut
waterfordwhispersnews.com

Tips yang terakhir ini juga nggak kalah penting. Ujung rambut adalah bagian yang paling sedikit mendapatkan nutrisi sehingga mudah kering dan bercabang.

Untuk itu, hair trimming secara rutin sama saja akan mengurangi beban rambut dan membuat bagian rambut lainnya lebih sehat.

Nah, itulah beberapa cara merawat rambut rusak karena bleaching agar kembali sehat. Selamat mencoba!

0 Comment