5 Cara Menabung Efektif Meski Gaji Kamu Sebatas UMR

07 September 2018, at 09:45
0
0
5 Cara Menabung Efektif Meski Gaji Kamu Sebatas UMR

Menabung merupakan hal yang biasanya mudah untuk dilakukan, tapi realitanya sangat susah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang beralasan jika menabung hanya untuk mereka yang berpenghasilan tinggi. Pernyataan ini jelas salah. Setinggi apapun gaji, jika tidak mengelolanya dengan baik, seseorang tidak akan pernah memiliki tabungan.

Bagaimana dengan penghasilan seseorang yang hanya sebatas UMR? Gaji tersebut bisanya hanya cukup untuk hidup di suatu wilayah. Tapi kamu tetap bisa menabung dengan cara berikut ini!

Baca Juga: 5 Bisnis Rachel Vennya yang Bikin Dirinya Kaya Raya, Bisa Kamu Tiru Nih

1. Sisihkan 10% dari gaji

thepennyhoarder.com

Dalam kondisi apapun, pastikan setiap bulannya sisihkan gajimu sebanyak 10% untuk menabung. Persentasi menabung ini memang terlihat mudah, namun banyak yang sulit menerapkannya. Misalnya gajimu 3,5 juta, paling tidak kamu harus menabung 350 ribu rupiah setiap bulannya. 

gossiphut.lk
Untuk mempermudah menyisihkan gaji, buatlah rekening tabungan terpisah. Uang di rekening ini tak boleh kamu ambil untuk hal apapun. Hal ini juga melatih kamu agar bisa berinvestasi nantinya.

2. Carilah tempat tinggal yang dekat dengan lokasi kerja

luc.edu

Buat kamu yang merantau, pilihlah kos yang dekat dengan lokasi kerja. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran dari segi transportasi. Hanya tinggal jalan kaki, sudah beres. Selain menyehatkan, keuanganmu juga terselamatkan.

rosarotezeilen.com
Biaya kos tentu berbeda-beda, tergantung fasilitas yang ditawarkan. tak perlu mewah, pilih kos yang memiliki fasilitas tempat tidur dan lemari baju sudah cukup. Biaya kos ini bisanya sekitar 500 hingga 1 juta rupiah di kota-kota besar. 

3. Biaya makan

rightasrain.uwmedicine.org

Tak dipungkiri jika biaya makan memakan banyak anggran gajimu. Mulai dari kebutuhan makan tiga kali sehari hingga berbagai camilan. Pilih tempat makan yang murah namun tetap menyehatkan. 

lunapps.com
Hal yang juga patut kamu hindari ialah memesan makanan secara online. Kecanggihan teknologi memang membuat semuanya mudah. Namun jika dihitung, pengeluaranmu memesan makanan secara online jauh lebih besar dibandingkan biaya tempat tinggal. 
 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Ringan, Bisnis Sampingan Mahasiswa Biar Cepat Kaya

4. Kurangi memesan transportasi online

dribbble.com

Memang kamu bisa menghabiskan anggaran banyak di sektor ini. Semakin mudahnya memesan transportasi online disertai berbagai macam promo, secara otomatis juga memakan banyak biaya. Jika di total, transportasi online bisa menguras pengeluaranmu layaknya biaya makan. 

matteroftrust.org
Lebih baik gunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Transportasi umum bisa memiliki selisih setengah harga dari transportasi online. Boleh saja memesa transportasi online jika memang memerlukan waktu yang cepat. 

5. Biaya lain-lain 

hostelworld.com

Biaya lain-lain seperti traveling, ada acara mendadak maupun untuk asuransi kesehatan juga bisa lokasikan di biaya tak terduga ini. Ada saatnya kamu membutuhkan hiburan dengan cara traveling maupun sekedar menonton bioskop. 

catravelnurses.com
Begitu juga dari segi kesehatan. Tak selamanya juga kamu akan sehat. Menyisihkan pengeluaran untuk kesehatan juga termasuk investasi dalam hidupmu. 
 
Itu dia lima cara menabung efektif untuk meski gaji kamu sebatas UMR. Gaji sekecil apapun, asalkan memiliki kemauan yang kuat untuk menabung pasti akan berhasil sobat Qupas!

 

 

0 Comment