5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Mandiri dan Nggak Manja

03 December 2019, at 17:00
0
0
5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Mandiri dan Nggak Manja

Anak tunggal biasanya diidentikkan dengan sifat manja, egois atau selalu ingin menang sendiri, dan sulit untuk bersosialisasi. Padahal, karakter negatif tersebut nggak akan terbentuk apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat lho.

Berikut ini beberapa tips parenting terkait cara mendidik anak tunggal supaya tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri. Bisa Bunda terapkan untuk si kecil nih!

1. Bersikap Bijak dalam Menuruti Keinginan Anak

kemampuan sosial anak
goodfamily.club

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Apalagi kalau si kecil adalah anak tunggal, bisa-bisa semua keinginannya diturutin nih.

Akan tetapi, hal tersebut ternyata membentuk anak menjadi pribadi yang manja lho Bunda. Maka dari itu, sebaiknya orang tua bijak dalam memilah mana permintaan yang perlu dituruti dan mana yang nggak.

Pasalnya, perlakuan spesial tersebut bisa membuat anak menjadi nggak mandiri, selalu bergantung pada orang tua, dan banyak menuntut.

2. Ajarkan untuk Berbagi dan Peduli

anak belajar berbagi
parenting.firstcry.com

Anak tunggal yang terbiasa mendapatkan apapun keinginannya berpotensi besar menjadi seseorang yang egois dan nggak peduli terhadap kepentingan orang lain.

Maka dari itu, mengajarkan untuk berbagi dan peduli terhadap orang lain akan menjauhkan si kecil kapribadian negatif tersebut.

Mulailah dengan hal-hal sederhana yang bisa ditemukan anak pada kehidupan sehari-hari, seperti berbagi mainan dengan teman, memberikan uang kepada pengamen, dan lain sebagainya.

3. Berikan Tanggung Jawab

anak belajar tanggung jawab
baby-chick.com

Mendidik anak tunggal memang nggak mudah kelihatannya. Agar si kecil tumbuh menjadi seseorang yang mandiri dan nggak manja, cobalah untuk memberikan tanggung jawab kepadanya.

Nggak perlu yang terlalu rumit, kamu bisa memberikan tugas sehari-hari yang mudah dilakukan seperti menyiram bunga setiap sore, membereskan mainannya, dan lain sebagainya.

Jangan lupa berikan apresiasi berupa ucapan terima kasih atau pelukan hangat setelah anak menyelesaikan tugasnya ya!

Baca Juga: Anak Kedua Lebih Sulit Diatur Dibandingkan Anak Pertama, Mitos atau Fakta ya Bunda?

4. Berikan Bantuan dalam Hal Keterampilan Sosial

anak tunggal
teachingthinkingminds.com

Karena nggak memiliki saudara, kebanyakan anak tunggal cenderung menutup diri dari lingkungan dan sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Maka dari itu, orang tua bisa memberikan dukungan kepada buah hati dengan mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi yang baik.

Ajaklah si kecil untuk berkunjung ke rumah teman sebayanya atau tempat-tempat terbuka seperti taman bermain sehingga bisa bertemu banyak orang.

5. Biarkan Anak Mengeksplorasi Kemampuan

perkembangan anak
pexels.com/@freestockpro

Orang tua yang memiliki anak tunggal biasanya cenderung lebih protektif. Padahal, hal tersebut bisa menjadi hambatan bagi perkembangan buah hati lho.

Jangan sedikit-sedikir melarangnya karena khawatir. Biarkan si kecil mengeksplorasi kemampuannya sehingga bisa menjadi lebih mandiri.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendidik anak tunggal supaya nggak tumbuh menjadi pribadi yang manja. Gampang-gampang susah ya ternyata.

0 Comment