Qupas Family

5 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi, Nggak Perlu Panik Ya Bunda!

14 January 2020, at 10:00
5 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi, Nggak Perlu Panik Ya Bunda!

Cegukan pada bayi merupakan hal yang umum terjadi, bahkan sejak di dalam kandungan. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh reaksi diafragma yang mengencang tiba-tiba dan tanpa disadari, menutup pita suara di kerongkongan sehingga menghasilkan bunyi khas.

Meskipun nggak berbahaya dan dalam sebuah penelitian cegukan dinilai memiliki manfaat untuk perkembangan bayi, akan tetapi hal tersebut bisa mengganggu dan membuat si kecil merasa nggak nyaman.

Apabila buah hati sering cegukan, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghentikannya.

1. Peluk Bayi

cegukan pada bayi
huggieshealthcare.com

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang pertama sangat mudah, yaitu dengan memeluknya. Hal tersebut dapat membuat si kecil merasa lebih tenang sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan cegukan berangsur menghilang.

Selain dapat mengatasi cegukan, pelukan memang sangat penting untuk dilakukan demi menyalurkan rasa kasih sayang.

2. Tepuk Punggung Bayi

cara mengatasi cegukan pada bayi
pinterest.com

Selain memberikan pelukan, kamu juga bisa menepuk dengan halus punggung si kecil untuk meredakan cegukannya. Lakukan hal ini sembari menggendong si kecil dengan posisi berdiri dan kepalanya berada di pundakmu.

Kemudian, mulailah untuk menepuk halus atau mengusap punggung si kecil secara perlahan. Biasanya cegukan sembuh ditandai dengan sendawa.

3. Pastikan Posisi Menyusui Benar

bayi cegukan
parents.com

Cegukan pada bayi juga bisa terjadi saat sedang menyusu. Apabil hal ini terjadi, sebaiknya Bunda memastikan posisi menyusui sudah benar.

Jika posisi menyusui ternyata sudah benar namun si kecil masih tetap cegukan, hentikan kegiatan tersebut sebentar. Pasalnya, cegukan bisa membuat buah hati tersedak lho! Pastikan cegukan pada bayi sembuh terlebih dahulu sebelum kembali menyusuinya.

Baca juga: Bukan Bisa Menambah Tinggi, Ini Lho Manfaat Cegukan untuk Bayi

4. Bawa ke Tempat Hangat

cara mengatasi cegukan pada bayi
mienlacemedico.com

Membawa buah hati ke tempat yang lebih hangat juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghentikan cegukannya.

Seringkali, perubahan suhu menjadi lebih dingin merupakan penyebab bayi cegukan. Maka dari itu, membawanya ke tempat yang lebih hangat dapat menjadi solusi yang cukup efektif.

5. Beri Makan Perlahan-lahan

mengatasi cegukan pada bayi
romper.com

Cara ini sebenarnya bisa disebut sebagai salah satu bentuk pencegahan cegukan dan bisa dilakukan untuk buah hati yang sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI.

Namun jika sudah terlanjur cegukan, cobalah untuk memberikan buah hati minum secara perlahan untuk merangsang sendawa dan menghilangkannya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan keburu panik ya!