5 Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja Agar HRD Tertarik dan Gak Berakhir di Tempat Sampah

07 September 2018, at 15:28
0
0
5 Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja Agar HRD Tertarik dan Gak Berakhir di Tempat Sampah

Melamar pekerjaan bukanlah hal yang mudah, ada banyak perjuangan yang harus dilakukan. Prosesnya pun tidak sebentar, mulai dari mengirimkan surat lamaran, menunggu panggilan wawancara, dan lain sebagainya.

Belum lagi kalau ternyata surat lamaran pekerjaan tersebut tidak dibaca dan dibiarkan begitu saja oleh pihak perusahaan.

Selama ini para pelamar hanya fokus pada perusahaan dan potensi diri, tanpa memerhatikan amplop lamaran kerja yang mereka kirimkan. Padahal, hal ini merupakan hal pertama yang dilihat oleh HRD.

Baca Juga: Pantesan Masih Nganggur, Kesalahan di Surat Lamaranmu Ini Penyebabnya

Bisa saja kamu tidak kunjung mendapatkan panggilan wawancara karena ada yang salah dengan penulisan amplop lamaran kerjamu. Begini lho cara yang benar!

1. Pastikan amplop dalam kondisi baik 

amplop lamaran kerja pastikan amplop dalam kondisi baik
magazine.job-like.com

Amlop lamaran kerja umumnya berwarna cokelat dan ukurannya pas sesuai dengan dokumen. Jangan sampai menggunakan amplop putih yang berukuran kecil, apalagi jika dokumennya sampai dilipat. Amplop dengan jenis ini mengurangi rasa profesionalitas kamu. 

amplop surat lamaran kerja pastikan amplop dalam keadaan baik
bellafigura.com

Selain itu, pilihlah amplop cokelat yang memiliki pengunci di bagian sisi belakangnya. Daripada di lem, dikhawatirkan akan merusak dokumen di dalamnya.

Perlu di ingat, jagalah amplop lamaran kerja agar tetap bersih, jika memungkinkan mintalah pihak pengiriman agar membungkusnya dengan plastik pembungkus khusus. 

2. Tulis identitas secara lengkap

contoh amplop lamaran kerja tulis identitas secara lengkap
93octane.com

Penulisan amplop surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah dengan mencantumkan identitas dengan lengkap.

Tulislah nama dan alamatmu dengan totalitas. Cantumkan alamat selengkap mungkin beserta nomer telepon yang bisa dihubungi. Tulislah di bagian sisi belakang amplop dan pastikan berada di sisi tengah. 

penulisan amplop lamaran kerja dengan identitas lengkap
fldefensivedrivingschool.com
Pastikan hal tersebut untuk memudahkan HRD untuk mengingat namamu jika lamaranmu lolos administrasi.

Jangan nekat menulis di amplop jika tulisan tak benar-benar bagus. Pilihlah jalan aman, yakni dengan huruf ketik kemudian ditempel di amplop. 

3. Menulis kode jabatan

tulisan amplop lamaran kerja menulis kode jabatan

Salah satu alasan mengapa surat lamaranmu dilirik HRD ialah karena kelengkapan komposisi di bagian sisi amplop. Jangan lupa cantumkan posisi yang kamu lamar di bagian pojok kanan atas untuk melengkapi tulisan amplop lamaran kerja.

Hal ini untuk memudahkan perekrut mengkalifikasikan para pelamar yang melamar di posisi tersebut. 

tulisan amplop lamaran kerja posisi yang diinginkan
bizfluent.com

Meskipun dokumen sudah mendukung di dalamnya, namun jika lupa mencantumkan posisi bukan tak mungkin amplop lamaran kerjamu akan berakhir di tempat sampah.

Perekrut memiliki waktu yang terbatas untuk menyeleksi ribuan pelamar. Jadi pastikan amplop lamaranmu terlihat berbeda dengan yang lainnya ya!

Baca Juga: Empat Tipe Karyawan di Hari Pertama Bekerja, Kamu yang Mana?

4. Tujuan Surat

amplop lamaran kerja tujuan surat
idoexist.com

Hal yang paling penting dalam penulisan surat lamaran kerja yaitu alamat tujuannya. Penulisan nama dan alamat perusahaan jangan sampai salah. Hal ini akan mengurangi nilai plus kamu di mata perekrut. 

amplop lamaran kerja alamat tujuan yang jelas
mywebvalue.net

Jika sebagai pelamar saja kamu tak tahu nama perusahaan dengan benar, bagaimana nanti setelah menjadi karyawan? Perekrut bisanya akan sangat selektif dalam hal ini karena menentukan ketelitian sang pelamar. 

5. Gunakan huruf kapital

amplop surat lamaran kerja gunakan huruf kapital
blog.gaveteiro.com.br

Hal yang tak boleh diabaikan dalam penulisan amplop lamaran kerja ialah penggunaan huruf kapital yang tepat di dalam penulisannya. Gunakan huruf kapital pada nama perusahaan dan nama HRD jika memungkinkan. 

 amplop surat lamaran kerja penulisan huruf kapital

Contoh amplop lamaran kerja di atas menggunakan huruf kapital yang rapi. Penulisan ini membuktikan bahwa kamu tipe orang yang memahami tata penulisan dengan benar.

Terutama bagi yang akan melamar di posisi sekretaris, penulisan huruf kapital yang benar sudah menjadi poin lebih buat kamu. 

Itu dia lima cara menulis amplop lamaran kerja yang bisa kamu terapkan nanti. Terus perbaiki format amplop lamaranmu ya sobat Qupas, agar HRD segera memanggil kamu buat interview. Semoga sukses!

Untuk mendapatkan informasi lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store secara gratis!

0 Comment