5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif Meski Kamu Banyak Makan

23 August 2018, at 11:26
0
0
5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif Meski Kamu Banyak Makan

Kebanyakan orang mungkin berpikir jika mengurangi porsi makan menjadi satu-satunya cara menurunkan berat badan. Sayangnya, hal ini sulit untuk dilakukan. Pasalnya, badan akan terasa lemas dan perut semakin mudah lapar jika porsi makan langsung berkurang secara drastis.

Jangan khawatir, karena menurunkan berat badan nggak selalu dengan mengurangi porsi makan kok. Ada beberapa cara agar tubuhmu jadi ideal. Bahkan, tanpa menggunakan obat-obatan sehingga badan tetap sehat. Penasaran? Yuk, simak beberapa cara berikut ini.

Baca juga: Mengenal Diet Keto, Diet Bebas Makan Makanan Berlemak

1. Pilih Makanan dengan Kalori Rendah

 

pilih makanan rendah kalori
altoastral.com.br

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih makanan berkalori rendah. Buah-buahan yang nggak terlalu manis, oat, daging tanpa lemak, dada ayam hingga ikan ternyata bisa membantumu mengurangi berat badan. Keuntungannya, kamu juga bisa memakannya dalam porsi besar.

makan makanan rendah kalori
powerpointphotos.net

Buat kamu yang masih sulit untuk menghindari makanan manis, daun stevia bisa jadi pilihan. Pasalnya, daun ini juga menghasilkan pemanis alami dan ternyata mengandung nol kalori. Jadi, cocok banget buat kamu yang lagi diet. Selamat mencoba!

2. Kunyah Makanan Sampai Halus
 

kunyah makanan sampai halus
serenasandiegodentist.com

Jumlah kunyahan makanan sering disepelekan sebagian besar orang. Padahal, hal ini bisa mempengaruhi dietmu. Bahkan, kunyahan yang kurang sempurna bisa membuat tubuhmu kelebihan berat badan. Jadi, sebaiknya kunyah makananmu sebanyak 32 kali.

kunyah makanan secara perlahan
serenasandiegodentist.com

Seperti diketahui, kurang sempurnanya dalam mengunyah makanan menyebabkan banyak kalori yang nggak terserap oleh tubuh. Sisa kalori ini pun akan menumpuk menjadi lemak. Sebaliknya, kalau kamu mengunyahnya secara perlahan, otak akan terbantu untuk menerima informasi jika perut sudah merasa kenyang. Jadi, jangan makan terlalu terburu-buru lagi saat mengunyah makananmu. 

3. Minum Dua Gelas Air Sebelum Makan
 

minum air putih
gamasalt.com

Ada lagi cara mengurangi berat badan, yakni dengan minum dua gelas air sebelum makan. Cara ini ternyata cukup efektif buat kamu yang doyan makan. Seperti diketahui, air bisa melarutkan lemak dalam tubuh. Selain itu, rasa kenyang setelah minum larutan tanpa rasa ini akan membuatmu secara refleks mengurangi porsi makan.

minum air sebelum makan
facesofony.com

Buat kamu yang hobi makan, tentu cara ini cukup efektif. Selain itu, cara ini juga minim risiko. Jangan lupa juga untuk tetap menerapkan minum air minimal delapan gelas per hari agar tubuhmu tetap sehat dan dietmu berhasil. Selamat mencoba!

Baca juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini Dia 5 Metode Diet Baru yang Bisa Kamu Coba

4. Gerakkan Tubuh Secara Aktif
 

aktif berjalan untuk menurunkan berat badan
besthealthmag.ca

Dietmu akan mustahil untuk berhasil kalau tubuhmu nggak beraktivitas sama sekali. Nggak hanya mengatur pola makan, gerakan kecil juga bisa membantumu untuk mengurangi berat badan. Semakin kamu berdiam diri, lemak dalam tubuhmu akan semakin menumpuk.

gerak aktif untuk menurunkan berat badan
psychologenie.com

Kamu bisa mencobanya dengan berjalan mengelilingi komplek atau rajin menaiki tangga di rumah maupun kantor. Kalau kamu banyak bergerak, maka kalori dalam tubuh juga akab terbakar secara sempurna. So, jangan ada lagi kata mager alias malas gerak, ya!

5. Biasakan Minum Teh Hijau
 

minum teh hijau untuk menurunkan berat badan
allabout-japan.com

Teh hijau memang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Kandungan Epilgallocatechin Gallate (ECGC) di dalamnya bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuhmu. Bahkan, nafsu makanmu juga bisa berkurang saat mengkonsumsinya.

teh hijau untuk menurunkan berat badan
romper.com

Coba deh mulai sekarang biasakan untuk minum teh hijau di pagi hari dan menjelang makan. Tapi ingat, buatlah tanpa gula agar kandungan kalorinya nggak membuatmu gemuk. Sebaiknya kamu juga meminum teh hijau dalam keadaan hangat agar tingkat kepekatannya nggak berkurang.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan meskipun kamu doyan makan. Tanpa menggunakan obat-obatan yang bakal meninggalkan residu dalam tubuh, beberapa cara tersebut tentu aman. Jadi, jangan lupa diterapkan beberapa cara yang Qupas sarankan buat kamu, ya!

0 Comment